Tips Memegang Kamera Yang Dapat Mengurangi Guncangan

Merekam melalui DSLR mungkin menjadi tren baru saat ini. Pasalnya banyak kemudahan dan hal hal yang lebih praktis yang terdapat pada DSLR bila dibandingkan dengan Video kamera reguler yang umum digunakan untuk Syuting sebuah sinetron atau film. Namun salah satu alat wajib yang harus ada saat proses perekaman adalah tripod.
Dengan menggunakan tripod, kualitas atau hasil rekaman yang di hasilkan oleh DSLR Video akan bisa lebih halus tanpa ada efek goyang goyang yang bisa merusak kualitas video yang telah diambil. Lalu bagaimana jika anda lupa membawa tripod pada sesi pengambilan adegan? atau anda harus dihadapkan dengan medan yang tidak memungkinkan untuk memakai sebuah tripod?
Berikut ini ada beberapa tips cara merekam Stabil.

 

 

 

1). Sikut Menekan Tubuh



Tangan kiri memegang kamera ,sambil jari-jari memegang grip zoom lensa. Tangan kanan memegang bagian shutter kamera, disini tangan kanan berfungsi untuk mengatur setting kamera. Kedua siku menekan tubuh, posisi ini berfungsi agar kamera tidak banyak goyang,karena ada tumpuan di badan Sobat. Pastikan memegang kamera agar mudah memandu mata pada obyek yang akan di ambil.





2). Membuat Tumpuan Lengan Kiri

 
Tangan kanan memegang kamera, jari telunjuk tangan kanan disiapkan untuk shutter, sedankan jari lainnya memegang dengan kuat body kamera, posisi tangan kiri horizontal dipakai untuk tumpuan lensa kamera, ini berfungsi agar kamera tidak mudah goyang. Biasanya teknik ini dipakai jika Sobat akan menggunakan speed lambat seperti memotret landscape.
 
3. Tumpuan Kedua Sikut
 
Tangan kiri memegang lensa dan jari-jari pada ulir lensa, tangan kanan memegang shutter dan untuk setting kamera. Jika Sobat lihat gambar disebelah kanan,ini slah satu teknik memegang kamera yang kurang benar,dimana tumpuan kamera hanya pada tangan kiri saja,kesalahan ini sering sekali dilakukan bahkan oleh fotografer profesional,
 

4. Memasang Kuda-kuda

Bukan hanya dalam bela diri saja kita diwajibkan memasang kuda-kuda, namun dalam memotret pun hal ini wajib dilakukan agar bada Sobat lebih stabil dan tidak mudah goyang.
 

5. Gunakan Tumpuan Kaki Saat Memotret Pada Posisi Rendah Atau Jongkok

 
Sobat harus ingat, dalam posisi ini kaki Sobat harus menjadi tumpuan tangan agar kamera tidak mudah goyang, dan menghasilkan gambar yang tajam.
 

 6. Gunakan Benda Di Sekitar Untuk Menambah Kestabilan

Jika Sobat sedang memotret Outdoor misalnya, Sobat bisa menggunakan berbagai benda yang ada disekitar Sobat untuk menjadi tumpuan, misalnya ; dinding, mobil, pohon, tiang listrik, dsb.
 

7. Memegang Kamera Pada Posisi Tiarap

Untuk menambah esensial dan nilai seni ketika memotret, terkadang Sobat memerlukan angel lain seperti melakukan tiarap (angel katak), Sebagai tumpuan ketikan tiarap adalah dengan menggunakan sikut agar kamera lebih stabil, jangan mengandalkan tumpuan badan karena terkadang bada bisa gemetar jika terlalu lama.
 
Demikian informasi tentang tips memegang Kamera yang dapat mengurangi guncangan, dapat kamu praktekan untuk menangkap momen-momen istimewa dan bahagia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
sumber : weddingkumagazine.wordpress.com

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *