Alasan Penting Mengapa Anda Perlu Menggunakan Video Marketing

Video marketing adalah semua jenis video yang Anda rekam dan posting dengan tujuan bisnis. Sekarang ini video memang menjadi salah satu alat promosi atau pemasaran baru dalam dunia bisnis. Namun, Anda mungkin saat ini masih ragu untuk menggunakannya. Apakah promosi menggunakan video benar-benar menguntungkan? Apakah Anda memiliki sumber daya yang cukup untuk membuat konten video pemasaran untuk bisnis Anda?

Dalam artikel kali ini kami akan mengulas alasan mengapa digital marketing video penting dan harus Anda gunakan. Kami juga akan membagikan tips membuat konten video marketing yang dapat meningkatkan traffic dan konversi bisnis Anda.

 

Alasan Penting Mengapa Anda Perlu Menggunakan Video Marketing

Berikut beberapa alasan mengapa video pemasaran layak dipertimbangkan sebagai strategi marketing modern yang harus Anda gunakan:

 

1. Video Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Alasan pertama yang perlu Anda ketahui adalah karena video dapat menghasilkan keuntungan bagi bisnis Anda. Menambahkan video produk Anda di landing page atau halaman utama website dapat meningkatkan konversi.

Video juga mengarah pada peningkatan penjualan. Studi menunjukkan bahwa 74% pengguna yang menonton video review tentang suatu produk cenderung tergerak untuk membeli produk tersebut.

Bagaimanapun, mata adalah indera manusia yang paling dominan. Sebagian besar informasi yang dikirimkan ke otak manusia bersifat visual. Jadi, jika gambar saja mampu meningkatkan keterlibatan secara besar-besaran, bayangkan apa yang dapat dilakukan oleh gambar bergerak (video) untuk bisnis Anda.

media sosial video marketing

Photo doc: pixabay.com

2. Video Dapat Digunakan Dalam Berbagai Metode Promosi

Ketika berbicara tentang video marketing atau pemasaran digital secara umum, istilah video cenderung mengarah langsung ke YouTube. Namun, Anda dapat menggunakan video pemasaran dalam bentuk apapun dan dimanapun. Beberapa diantaranya seperti:

  • Halaman utama website
  • Video deskripsi produk
  • Landing page
  • Artikel blog
  • Webinar

Tetapi, saat ini yang paling umum digunakan dan dinilai paling efektif adalah menggunakan digital marketing video sebagai konten media sosial, seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan Snapchat.

 

3. Video Marketing Dapat Menjelaskan Semuanya

Apakah Anda akan meluncurkan produk atau layanan baru dalam waktu dekat? Buatlah video yang menunjukkan bagaimana cara kerja produk atau layanan tersebut. Sebagian besar pengguna internet cenderung mengenal dan mempelajari suatu produk ataupun layanan dengan menonton video.

Apakah layanan bisnis Anda memiliki konsep yang cukup sulit untuk dijelaskan secara langsung? Buatlah video animasi. Animasi dapat menyampaikan apa yang tidak dapat dilakukan oleh teks dan video langsung (non animasi). Video animasi adalah kombinasi sempurna antara hiburan, kesederhanaan, dan nostalgia.

video marketing animasi

Photo doc: wideo.co

4. Video Dapat Membangun Kepercayaan

Kepercayaan adalah dasar dari konversi dan penjualan. Tetapi membangun kepercayaan klien harus menjadi tujuan tersendiri. Seluruh konsep pemasaran konten didasarkan pada kepercayaan dan menciptakan hubungan jangka panjang. Sekarang saatnya Anda untuk memberikan informasi yang menarik dan berguna bagi pelanggan.

Konten video memungkinkan penontonnya ikut terlibat dan memicu emosi. Ketika berbicara tentang audiens, YouTubers telah menjadi tokoh media sosial yang paling dekat dengan audiens untuk mempromosikan brand Anda. Kenapa sebagian besar video marketing yang dibuat YouTubers cenderung berhasil dalam meningkatkan konversi? Karena video promosi yang mereka suguhkan dapat menumbuhkan kepercayaan.

Beberapa konsumen masih skeptis tentang membeli produk dan layanan melalui internet karena takut akan penipuan. Namun, video promosi yang efektif menyajikan produk dan layanan Anda dalam bentuk percakapan. Hal tersebut dapat menciptakan pendekatan individual yang kemudian membangun kepercayaan untuk membuat penonton berani membeli secara online.

 

5. Video Menjangkau Pembeli yang Sibuk dan Malas Sekalipun

Video adalah alat yang sangat hebat untuk belajar, tetapi juga mudah untuk dipahami. Dewasa ini orang-orang cenderung malas membaca deskripsi produk dan/atau layanan yang terlalu panjang. Mereka ingin melihat bagaimana penggunaan atau spesifikasi sesungguhnya dari sebuah produk. Video adalah salah satu preferensi yang sangat tepat sebagai konten marketing yang mampu menjawab kebutuhan tersebut.

Digital marketing video dapat menangkap khalayak luas dan berfungsi pada banyak level. Banyak pembeli yang malas atau sibuk sekalipun dapat dijangkau oleh video pemasaran. Mereka dapat mengenal lebih jauh produk atau layanan tertentu tanpa perlu kehabisan waktu untuk sekadar membaca teks promosi yang membosankan.

 

Tips Membuat Video Marketing yang Super Sukses

Membuat konten digital marketing video akan sangat memusingkan dan menakutkan jika Anda bahkan belum pernah melakukannya. Di bawah ini kami paparkan beberapa tips penting untuk membantu Anda membuat video marketing yang menarik, menginspirasi, dan dapat meningkatkan konversi.

 

1. Buat Rencana

Langkah awal untuk membuat sesuatu yang berhasil adalah dengan menyiapkan rencana. Salah satu cara termudah dalam membuat rencana untuk semua jenis pemasaran konten adalah dengan memecahnya menjadi corong pemasaran. Jawab pertanyan berikut ini untuk menemukan hal-hal spesifik yang perlu dilibatkan dalam konten Anda:

  • Bagaimana konten video Anda bisa menarik audiens target?
  • Kesenjangan konrten apa yang dapat diisi konten video Anda?
  • Bagaimana dan di mana konten video akan dikirimkan, digunakan, dan dialihkan?

rencana video marketing

Photo doc: pixabay.com

2. Fokus Pada Penjelasan, Bukan Penjualan

Ada berbagai kesalahan promosi penjualan di internet yang secara aktif mengganggu dan tidak disukai pelanggan Anda. Jangan biarkan brand Anda menjadi ‘pengganggu’, sebagai gantinya buatlah video yang berfokus pada penjelasan dan bukan penjualan. Aturan yang sama juga berlaku untuk konten video marketing.

Berkonsentrasilah pada nilai yang dapat Anda berikan untuk pelanggan Anda. Maksimalkan daya emotif video dengan menarik kebutuhan dan keinginan tersembunyi Anda. Tidak perlu khawatir Anda akan kehilangan konversi. Anda dapat menempatkan ajakan untuk bertindak yang strategis dan relevan di akhir video Anda.

 

3. Buat UVP Video Anda

Ketahui terlebih dahulu tujuan konten video Anda, kemudian cari tahu di mana Anda bisa menemukan audiens Anda, dan jenis konten apa yang perlu digunakan. Setelah itu, saatnya untuk membuat UVP atau Preposisi Nilai Unik video Anda.

Ini hanyalah promosi singkat untuk membuat garis besar tentang apa yang membuat Anda dan konten Anda istimewa. Bagaimana brand Anda berbeda dari brand sejenis lainnya di luar sana, sambil tetap berpegang pada nilai dan identitas brand Anda sebagai bisnis?

Ini juga berfungsi sebagai titik lompatan untuk rencana penuh Anda dan harus mencakup hal-hal yang telah dipaparkan dalam tips nomor 1.

 

4. Pastikan Video Padat, Jelas, dan Singkat

Berdasarkan statistik yang ditunjukkan oleh VideoBrewery, seperlima dari audiens cenderung meninggalkan video dalam waktu 10 detik atau kurang. Maka dari itu, para pakar video sangat merekomendasikan konten video marketing yang singkat dan to the point. Video marketing dengan durasi maksimal 2 menit terbukti mampu menghasilkan lebih banyak keterlibatan dan konversi.

Bagaimana mungkin video yang demikian singkat mendapatkan lebih banyak konversi? Silahkan simak tips selanjutnya untuk menemukan jawabannya.

 

5. Bangun Keingintahuan Audiens

Coba pancing rasa ingin tahu audiens Anda dengan mengajukan pertanyaan dan menggunakan sesuatu yang menggoda untuk menarik perhatian mereka. Video Anda harus segera menyampaikan nilai brand Anda dan menjawab pertanyaan “mengapa saya harus menontonnya?” yang ada di benak audiens Anda. Haruskah mereka menontonnya karena itu akan membuat mereka tertawa? Apakah karena akan menginspirasi mereka? Atau justru mengajari mereka sesuatu yang baru?

Jika Anda ingin membuat video marketing bersambung, mengakhiri video dengan situasi yang menegangkan akan mendorong orang untuk menonton video selanjutnya. Sementara mengajukan pertanyaan seputar konten video Anda dalam teks singkat akan mendorong lebih banyak perhatian.

 

6. Optimalkan untuk Pencarian, Gunakan Tag

Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk memastikan bahwa konten video Anda dapat lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan rangking SEO yang tinggi dari video Anda adalah menghostingnya di domain Anda sendiri.

Ketika berhadapan dengan SEO untuk video, deskripsi adalah segalanya. Deskripsi sangat memungkinkan mesin pencari Google untuk memahami video Anda dan memahami apa yang diperlukan oleh konten tersebut. Jadi, pastikan bahwa video Anda diberi tag dengan kata kunci yang relevan dan dilengkapi dengan deskripsi serta judul yang unik.

CTA video marketing

Photo doc: econsultancy.com

7. Sertakan Ajakan Bertindak

Tips terakhir yang juga sangat penting untuk kesuksesan video marketing adalah ajakan bertindak. Semua konten pemasaran Anda sudah seharusnya disertai dengan ajakan bertindak atau call-to-action.

Banyak marketer yang melakukan ajakan bertindak di akhir video mereka ketika biasanya video mulai memudar menjadi hitam. Ini adalah tempat yang sangat baik untuk menampilkan ajakan bertindak dalam konten video, tetapi jangan membatasi hanya dengan menempatkannya di akhir video yang belum tentu diperhatikan semua audiens.

Tidak sedikit pula marketer yang menemukan keberhasilan besar dengan menyertakan ajakan bertindak lain di bagian isi video mereka, tepat ketika audiens terlibat dengan konten mereka.

Namun, Anda harus sangat berhati-hati jika ingin menempatkan CTA di pertengahan video. CTA tersebut tentunya tidak boleh sampai mengganggu kelancaran video dan kenyamanan audiens saat menontonnya. Pastikan bahwa CTA secara natural cocok digunakan di pertengahan video dan tidak merusak isi video Anda.

Faktanya, ada berbagai alasan bagus yang membuat Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan video sebagai alat pemasaran. Meskipun memang untuk menghasilkan video marketing yang bagus dan menguntungkan butuh waktu dan proses. Setidaknya Anda dapat merekrut jasa profesional untuk membantu anda.

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Tes isi deskripsi newsletter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *