Jenis-jenis Video Iklan yang Efektif Digunakan

Menurut KBBI, iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Video adalah salah satu bentuk iklan yang umum dijumpai di era modern seperti ini. Keefektifitasannya yang menjanjikan jangakauan yang lebih luas dan modal biaya yang lebih ringkas membuat iklan disenangi oleh pebisnis. Jasa pembuatan video iklan juga banyak ditawarkan oleh agensi maupun freelancer. Namun, sebelum memilih dan memutuskan untuk menggunakan jasa untuk membuat video iklan, berikut tipe-tipe konten video iklan yang bisa menjadi inspirasi bagi sobat Yesternight.id.

  • Branded films

Merupakan film yang berkolaburasi dengan suatu brand. Biasanya jenis video iklan yang seperti ini jauh dari kata hard-selling dan promosi produk hanya menjadi selingan saja. Contohnya adalah video-video ala Tokopedia, LINE, dan Bukalapak.

  • Web series

Jenis video iklan yang seperti ini juga fokus pada alur cerita. Yang membedakan dengan branded film adalah biasanya produk lebih sering ditampilkan. Contohnya adalah SORE produksi Tropicana Slim.

  • Educational video

Dengan sifatnya yang edukatif, video iklan yang satu ini mengenalkan hal baru yang perlu diketahui oleh konsumen. Biasanya, informasi yang disampaikan masih berhubungan dengan fitur dan benefit yang dimiliki oleh produk yang ditawarkan.

  • Company profile video

Jenis video yang satu ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan memperkuat citra dari sebuah brand. Isi dari video seperti ini biasanya sejarah berdirinya perusahan, visi dan misi, juga keunggulan dari perusahaan tersebut.

  • Documentary

Video iklan yang satu ini juga mulai sering digunakan oleh pebisnis. Biasanya, video documentary iklan menceritakan tentang sesuatu yang masih berhubungan dengan brand ataupun perusahaan. Tak jarang kisah inspiratif pemilik perusahaan juga diangkat menjadi cerita dalam video iklan dengan bentuk documentary.

  • Tutorial

Video tutorial juga banyak sekali ditemukan di media-media sosial sebagai bentuk iklan dari suatu brand ataupun produk. Jenis video iklan yang satu ini umumnya mempromosikan makanan atau produk skincare.

 

Enam jenis video iklan di atas tentu dapat kamu gunakan untuk mempromosikan brand ataupun produk yang kamu miliki. Untuk membuat video-video seperti itu, kamu tentu bisa menggunakan jasa pembuatan video iklan seperti Yesternight.id yang sudah berpengalaman. Berlokasi di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id dapat menghasilkan video iklan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu dengan harga yang terjangkau. Kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan Yesternight.id secara gratis.

Tujuan dari pembuatan video iklan itu sendiri untuk memperkenalkan brand dan produk ke khalayak umum. Terkadang, apabila brand hanya melakukan promosi hanya melalui teks dan gambar, tidak jarang konsumen masih memiliki keraguan dan belum yakin sepenuhnya. Video iklan juga SEO-friendly sehingga promosi akan tersebar lebih luas. Akan tetapi, sebelum membuat dan menggunakan jasa video iklan, sobat Yesternight.id harus memerhatikan hal-hal ini terlebih dahulu.

  • Durasi video selain jenis-jenis video yang sudah disebutkan di atas, usahakan agar tidak melebihi 1 menit. Buatlah video yang singkat, padat, dan jelas.
  • Masukkan call to action seperti kontak mana yang harus dihubungi jika konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
  • Fokus pada benefit yang akan didiapatkan oleh konsumen dibandingkan memerjelas fitur-fitur yang dimiliki oleh produk
  • Tentukan target penonton dengan jelas agar konsep video tepat dan sesuai.
  • Jangan sampai melanggar hak cipta.

Nah, bagaimana? Setelah mengetahui jenis-jenis dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat video iklan, apakah kamu sudah tertarik untuk menggunakan jasa pembuatan video iklan? Kamu bisa langsung menghubungi Yesternight.id jika tertarik ya!

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. Berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar