Tugas DOP (Director Of Photography) Dalam Dunia Perfilman

Copyright; @Jon Flobrant
     Walau berembel-embel fotografi, profesi yang kerap diistilahkan sebagai sinematografer ini nggak ada kaitannya sama potret-memotret. Cuma aja, Director of Photography (DoP) tuh emang mengurusi hal-hal yang emang deket sama urusan foto: pengambilan gambar (framing) dan pencahayaan (lighting). Dalam film, DOP bukan cuma mandor yang nyuruh-nyuruh, DOP juga lah yang mengoperasikan kamera.
Ya, DOP itu bisa dibilang kameramen.
 
 
Amalia Trisnasari seorang DOP
     “DOP  itu pemimpin kameraman. Bertanggung jawab urusan visual dari film. Mengubah naskah menjadi visual, itulah tugasnya. Dalam urusan visual, DOP dibantu oleh asisten DOP, camera reporter  (yang mencatat data teknis kamera, RED), operator kamera, dan lighting man. Tentu DOP ikut mengoperasikan kamera,” Jelas Amalia TS. DOP perempuan yang turut bikin sukses film Tabula Rasa dan beberapa film alternatif kayak Rocket Rain, Belkibolang dan The Fox Exploits the Tiger’s Might.
 
     Bagi cewek yang akrab disapa Lia ini, profesi DOP itu bikin dia jadi punya dunianya sendiri, yaitu saat viewfinder kamera mulai nempel ke matanya. Ya, saat itu seorang DOP bisa asik mengatur pencahayaan, mengikuti gerak para aktor, membingkai cerita.
 
     Tentu, nggak cuma harus gape menentukan framing, seorang DOP juga dituntut untuk paham luar dalam soal teknis kamera. “DOP yang nentuin kamera apa yang cocok untuk dipakai di sebuah film. Dan untuk ngerti sebuah kamera itu nggak cukup googling, harus praktek langsung. Aku pun, kalau dua bulan nggak syuting, bisa gagap lagi pas megang kamera,” cerita cewek lulusan jurusan Film Institut Kesenian Jakarta angkatan 2001 ini.
 
DOP Indonesia, Mas Goen atau biasa disebut Goenrock
     Dalam sebuah produksi film, DOP itu peranannya penting. Setelah produser, sutradara dan penulis, posisi DOP-lah yang ada di jabatan tinggi sebuah film. Memang sih, dibanding sutradara, waktu kerja DoP nggak lama. Kalau sutradara bisa sampai satu tahun, waktu kerja DOP cukup enam bulan. Namun, menurut Lia, sejak masa pre-produksi, DOP sudah ikut kerja, “Dari mulai persiapan, pengembangan skenario, hunting lokasi, blocking shot, DOP udah terlibat.Bahkan, di proses editing pun aku suka nengok-nengok,” ceritanya.
     Ngomong-ngomong soal prospek karier, profesi DOP itu nggak boleh diremehin. Lia, yang sudah meniti karier sejak 12 tahun lalu bahkan mengaku kalau hidupnya berubah banget dengan menjadi DOP ini. “Walau gue jadi DOP awalnya karena kecelakaan, tapi profesi ini udah merubah gue banget. Soal uang, nggak pernah nggak lancar deh,” ucap Lia. Dan kabar baiknya, sekarang  ini sudah ada asosiasi DOP Indonesia, lho. Lembaga inilah yang bakal ngejagain para DOP.
 
DOP & Assistent DOP.
     Untuk kamu yang cewek, ada kabar baik tambahan, di Indonesia DOP cewek itu masih sedikit jumlahnya. Hanya empat sampai lima orang. Padahal, menurut Lia, beberapa film, tuh butuh taste cewek di filmnya.

 

     Asiknya, nggak cuma mentok diranah film, kalau udah nyemplung ke dunia kamera dan pengarahan gambar, kita juga bisa ‘main’ ke kolam lain, yaitu ke dunia periklanan televisi dan produksi video klip. Nah, untuk bisa main ke berbagai kolam itu, Lia mengusulkan untuk kita jadi DOP freelance saja. Nggak terikat ke satu Production House tertentu.“Lagipula jarang juga yang jadi DOP tetap di satu PH,” kata Lia.

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *