Tahu Kah Kalian Perkembangan Kamera Dari Awal Sampai Sekarang? Mari Kita Baca!

Kamera merupakan benda penting yang dibutuhkan manusia zaman modern. Berbagai kenangan dan momen penting dapat diabadikan dengan kamera. Seiring perkembangan zaman, kamera mengalami kemajuan dalam desain dan teknologinya. Kecanggihan kamera tidak terlepas dari sejarah penemuannya di masa yang lalu.

Dilansir dari World Atlas, sejarah perkembangan kamera modern melibatkan banyak orang. Para penemu berusaha menciptakan kamera yang lebih canggih dari penemuan sebelumnya. Perjalanan sejarah ini pun menarik sekali untuk kamu ketahui. Berikut fakta sejarah perkembangan fotografi  dari kamera seukuran kamar hingga kamera modern.

1. Kamera Obscura

Sejak kapan kamera ada?
Menurut sejarah, kamera pertama kalinya ditemukan pada sekitar tahun 1000 Masehi oleh ilmuwan muslim legendaris yang bernama Al-Haitam atau Alhazen. Pada jaman itu, kamera disebut dengan nama kamera obscura yang berarti kamar gelap.
Apa yang dimaksud Camera Obscura?
Dilansir Britannica, obscura berasal dari bahasa latin the dark chamber yang artinya ruang gelap. Kamera obscura disebut juga kamera lubang jarum. Benda itu dapat menunjukkan bagaimana cahaya bisa digunakan untuk memproyeksikan gambar pada permukaan datar.
Bagaimana cara kerja kamera obscura?
Kamera tersebut berbentuk seperti kotak dengan ruang gelap atau kedap cahaya di dalamnya. Kamera obscura bisa memantulkan cahaya melalui dua buah lensa konveks, yang kemudian menempatkan gambar pada film atau kertas di titik fokus pada lensa kamera.
Mengapa kamera obscura terbalik?
Mozi menegaskan bahwa gambar kamera obscura terbalik karena cahaya bergerak dalam garis lurus dari sumbernya. Pada abad ke-11 fisikawan Arab, Ibnu Al-Haytham (Alhazen) menulis buku-buku yang sangat berpengaruh tentang optik, termasuk eksperimen dengan cahaya melalui lubang kecil di ruangan yang gelap.

2. Kamera lubang jarum

Apa yg dimaksud dengan kamera lubang jarum?
Kamera lubang jarum (bahasa Inggris: pinhole camera) adalah kamera sederhana tanpa lensa, namun menggunakan sebuah tingkap yang berukuran sangat kecil (yang disebut sebagai lubang jarum), yang dapat dikatakan sebagai kotak kedap cahaya yang memiliki lubang kecil pada sisi lainnya.
Apa saja alat dan bahan untuk membuat kamera lubang jarum?
bahan yang diperlukan membuat kamera lubang jarum adalah amplas, jarum, lakban, gunting untuk memotong, cat piloks berwarna hitam, almunium foil, serta kaleng bekas.
Jelaskan apa fungsi kamera pinhole?
Fungsi dari lensa kamera lubang jarum adalah untuk menghasilkan bayangan yang diperoleh dari lubang yang dibuat dengan ukuran sangat kecil.
Kamera ini di temukan pleh Ibnu Al-Haitham.
Pada tahun 1475 juga ada seorang astronom di Zaman Renaissance, Pablo Tascanelli samapi akhirnya Sir David Brester (1852). Seorang ilmuwan Skotlandia yang dikenal sebagai fotografer pertama yang membuat kamera lubang jarum yang tidak mempunyai lensa.

3. Fotografi pertama

Pada tahun 1827, penemu yang berasal dari Prancis, Joseph Niepce,  memproduksi foto pertama dengan menggunakan pelat berlapis perak dari desainnya sendiri dalam kamera kotak kayu. Kamera kotak kayu ini diproduksi oleh Charles Chevalier. Foto pertama hasil karya dari Niepce diambil dari permandangan jalan pada jendela.

Lamanya proses eksposur fotografi untuk menangkap subjek yang bergerak, Seorang ilmuwan Prancis lainnya, Jacques Daguerre,  mengembangkan proses menggunakan pelat tembaga untuk merekam gambar. Elemen kimia yang berbeda menghasilkan gambar dan merekam spektrum warna parsial. Ini menjadi dasar lahirnya fotografi.

4. Kamera di abad ke-20

Pada abad ke-19, seorang dari perusahaan Eastman Kodak, George Eastman,  memperkenalkan perkembangan kamera kecil dan murah yang terjangkau oleh konsumen dan mudah dioperasikan.

Perkembangan rol film mampu merevolusi kamera kuno. Pada zaman itu, fotografi menjadi hobi masyarakat kelas menengah dan dipraktikkan oleh para profesional. Rol film menciptakan jenis kamera baru seperti kamera film, kamera refleks lensa tunggal, kamera lensa kembar, dan kamera range finder.

Dilansir dari Britannica, pada 1927 Eastman Kodak memiliki monopoli virtual industri fotografi di Amerika Serikat, dan terus menjadi salah satu perusahaan Amerika terbesar di bidangnya. Kamera didesain dengan komponen elektronik untuk mengukur cahaya, kontrol eksposur otomatis, dan pemfokusan  pada gambar. Pada tahun 1980, kamera point and shoot dengan mode otomatis pertama kali muncul.

5. Kamera digital

Pada tahun 1970-an, kamera digital prototipe dirancang pertama kali. Kamera ini menggunakan sensor elektronik dalam bentuk file digital. Secara optik, kamera ini mengadaptasi kamera sebelumnya yang berbasis film. Perbedaanya terdapat pada mekanisme cermin, lensa dan daun jendela untuk mengekspos film ke dalam gambar yang lebih baik.

Sistem elektronik menghasilkan warna dan cahaya dalam bentuk satu set data . Data file ini dapat digunakan untuk memproduksi gambar dalam bentuk cetak. Kamera digital diluncurkan untuk konsumen sejak tahun 1900-an dan melonjaki penjualan ditahun 2000-an.

Saat ini, kamera terus dikembangkan dan berintegrasi dengan komputer, laptop, hingga gadget. Sejarah perkembangan kamera ini menjadi awal penemuan kamera hingga secanggih zaman sekarang. Nah, menurutmu siapa penemu pertama kali?

Yesternight.id telah bekerja sama dengan ribuan industri, seperti event organizer, brand, dan perusahaan. Kami juga bekerja dengan sistem terbaik untuk layanan dan produksi kami untuk menjaga efisiensi dan meningkatkan kualitas secara konsisten. Selain itu, dan yang terpenting, harga kami terjangkau dan tentunya tidak akan membebani Anda.

Untuk portofolio dan informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi website kami di sini dan mengintip. Kami menantikan kabar baik dari Anda!

Yesternight.id juga menyediakan lebih banyak layanan lain yang tentunya akan membantu meringankan beban Anda di bidang dokumenter, manajemen media sosial, dan desain. Berlokasi di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id telah bekerja secara profesional di bidang produksi video, dokumenter acara & pernikahan, desain grafis, optimalisasi & pengelolaan media sosial, serta videografi & fotografi produk.

Berlangganan buletin kami di sini untuk mendapatkan tip dan trik dan kemajuan lainnya di bidang multimedia dan pemasaran secara gratis. Anda juga dapat membaca artikel lainnya di Artikel Kemarin di sini. Terakhir, jangan lupa untuk mengikuti media sosial Yesternight.id untuk informasi lebih lanjut dan berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id