Strategi Menggunakan Hashtag Instagram untuk Marketing

Hashtag di instagram dapat memungkinkan pengguna instagram menemukan konten yang sesuai dengan keinginannya. Hal ini dapat kita manfaatkan sebagai pedagang olshop untuk meningkatkan engangement dan brand awareness publik terhadap produk atau brand toko. Nah tetapi kita tidak boleh juga menggunakan sembarangan hashtag di postingan kita. Karena itu penulis memberikan beberapa tips mengenai bagaimana menggunakan hashtag postingan di instagram, yuk cekidot:

Hashtag postingannya harus relevan dong

Untuk membuat hashtag yang efektif, kamu harus mastiin bahwa hashtag yang kamu gunakan itu relevan dengan postingan kamu. Hashtag yang relevvan memungkinkan pengguna instagram untuk menemukan konten yang mereka cari. Dengan hashtag yang relevan, postingan mu bisa terlihat di daftar postingan yang berhubungan dengan apa yang dicarinya.

Sumber: Pexels

Baca: Mengapa Manajemen Sosial Media itu Penting dalam Berbisnis

Tapi kak penulis, kan hashtag yang kugunakan itu hashtag yang populer kok tidak boleh? Sah-sah saja menggunakan hashtag populer tetapi harus selalu diingat bahwa harus relevan dengan postingannya. Karena jika hashtag yang kamu gunakan tidak relevan, pengguna instagram yang melihat postingan kamu yang jualan Outfit Korea di bawah hashtag #KulinerMakassar kan akan risih dan berpikir kalau akun kamu adalah akun spam. Dan kasus terburuknya, pengguna dapat melaporkan hashtag itu dengan pilihan “Don’t show for this Hashtag”

Nah, kamu tidak mau kan postingan kamu terhalang untuk muncul diberanda calon kustomer karena satu hashtag yang tidak relevan.

Sesuaikan jumlah hashtag

Instagram punya guidelines mengenai berapa jumlah maksimal hashtag yang dapat digunakan dalam satu postingan. Jumlah maksimal itu adalah 30 hashtag, eittss… tapi tunggu dulu. Ini bukan berarti kamu bebas aja mencantumkan semua 30 hashtag dalam caption instagram. Kamu bisa mengakalinya dengan mencantumkan beberapa hashtag di komentar postingan kamu. Menggunakan 30 hashtag juga dalam satu postingan bisa membuat akun kamu dicap oleh instagram dan calon kustomer kamu sebagai akun spam juga dan akhirnya terkena blokir juga. Nah, untuk menghindari blok dari instagram dan calon kustomer, harus ada strategi dalam membubuhkan hashtag di postingan instagram.

Menurut akun Smart Insight, jumlah hashtag sebaiknya digunakan secukupnya dalam sebuah postingan sesuai dengan jumlah followers akun instagram, yaitu:

  • < 5000 followers; bagusnya membubuhkan 5 hashtag di caption postingan dan 9 hashtag di komentar pertama postingan.
  • 5000 – 10000 followers; membubuhkan 13 hashtag di captionn dan 5 hashtag di komentar pertama postingan.
  • 10000 – 100000 followers; membubuhkan 2 hashtag di caption dan 11 hashtag di komentar pertama postingan.
  • > 100000 followers; membubuhkan 6 hashtag di caption dan 6 hashtag juga di komentar pertama postingan.

Sumber: Pexels

Lihatkan? Semua total hashtag yang digunakan tidak mencapai 30 hashtag. Hal ini menghindari dan mematuhi guideline dari instagram mengenai jumlah hashtag yang dapat digunakan dalam satu postingan. Selain itu kamu juga dapat meningkatkan kualitas konten kamu untuk menarik lebih banyak engangement, salah satunya dengan mengatur pencahayaan didalam gambar. Coba baca disini

Sesuaikan dengan Trending Topic

Salah satu kunci untuk marketing di media sosial adalah untuk memastikan konten kamu mudah untuk ditemukan. Hashtag yang trending dapat menjadi solusi agar konten kamu dapat dilihat oleh orang banyak.

Sumber: Pexels

Nah, tetapi kak penulis, tadi tertulis tidak boleh menggunakan sembarangan hashtag dalam postingan kok sekarang dibilang untuk menggunakan yang trending? Eittss jangan salah sangka dulu, penggunaan hashtag trending disini dimaksudkan untuk marketing brand kamu. Misalnya nih, Hari natal, hashtag yang trending adalah #ChristmasCelebration. Kamu sebagai pemilik akun dapat membuat ucapan natal dari brand kamu dan juga dapat menyelipkan promosi mini produk kamu (asal relevan ya).

Sumber: Pexels

Diatas tadi adalah tips dalam menggunakan hashtag instagram, sekarang penulis ingin mengajak para pemula dalam olshop instagram trik rahasia dalam menggunakan hashtag instagram. Penasaran? Yuk cekidot:

Gunakan Nama Brand mu sebagai Hashtag

Menggunakan nama brand kamu sendiri dapat meningkatkan awareness publik mengenai brand kamu. Selain nama brand kamu, kamu juga dapat mencantumkan slogan brand kamu dan variasi lain yang signature dalam brand kamu. Hashtag ini mungkin belum akan membantu dalam muncul di beranda calon customer tetapi akan membantu calon customer mengingat brand kamu bila menemukan postingan kamu di bahwa hashtag populer.

Baca: Pentingnya Social Media dalam Marketing

Post di Waktu yang Tepat

Di artikel sebelumnya, penulis udah bahas ada dua kategori hashtag, yaitu top dan recent. Untuk memperoleh waktu engagement yang tinggi di postingan kamu, kamu juga harus memperhatikan waktu postingannya. Setiap akun memiliki waktu terbaik engangementnya, kamu bisa melihatnya di bagian view insight. Dengan mengetahui pada waktu kapan pengguna melihat hashtag tersebut kamu bisa mendapatkan tingkat engagement yang tinggi sekaligus cepat hingga postingan kamu bisa masuk di kategori top di hashtag instagram.

Sumber: Pexels

Setelah membaca artikel diatas, kamu udah pada tahu kan tips dan trik dalam menggunakan hashtag di instagram untuk memaksimalkan marketing. Jika kamu tertarik untuk belajar hal-hal lainnya yang dapat membantu konten kamu trending,. Mari baca artikel-artikel lainnya di Yesternight.id. Selain tips marketing, Yesternight.Id juga menyajikan banyak artikel menarik mengenai videografi, fotografi dan juga lainnya yang gak kalah penting dari marketingnya.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar