Sound Effect Dalam Dunia Perfilman

Studio Foley; Film Audio Production
     Sound Effect atau Efek suara merupakan suara – selain dialog – yang dihasilkan oleh orang ataupun benda, bersamaan dengan suara-suara yang muncul secara alami pada latar belakang. Efek suara dalam film digunakan untuk menekankan informasi yang hendakdisampaikan, memberikan kesan realita didalam ruang cerita, menciptakan ilusi dan juga mood dalam cerita. Efek suara bisa berkaitan dengan kejadian di dalam atau di luar screen.
Ada beberapa fungsi sound effect yaitu untuk:
     1. Menetapkan lokasi atau setting. Suara-suara ayam, itik, kambing, akan menggambarkan lokasi pembicaraan di tempat perkampungan petani.
     2. menunjukkan waktu dalam setting. Misalnya suara burung hantu, jengkerik menunjukkan waktu malam hari.
     3.  Memberikan tekanan pada bagian program dalam suatu adegan, seperti tegang, dan tenang,
     4. Memberikan cita rasa atau kesenangan pada seseorang. Misalnya suara angin sepoi-sepoi dengan ombak di pantai akan menggambarkan dua remaja yang saling merayu karena asmara.
     5. Memberi arti pada pemunculan atau berakhirnya suatu adegan atau kejadian.
Berdasarkan fungsinya, sound effect dibagi menjadi 2:
     1. Efek fungsional, yaitu efek suara yang digunakan untuk menambahkan efek dramatisasi didalam film.

2. Efek realitas, yaitu efek suara yang sumbernya berasal dari dalam ruang adegan cerita, digunakan untuk menciptakan realita didalam ruang cerita film.
Berdasarkan jenisnya, sound effect dalam film dibagi menjadi 2:
     1. Spot Effect, yaitu efek suara yang berasal dari suatu sumber suara tertentu, misalnya suara pintu, suara ketukan, suara ban pecah dll.
     2. General Effect,yaitu efek suara yang berasal dari berbagai sumber disuatu tempat, baik jauh maupun dekat, misalnya suara didalam sebuah ruangan (room tone) ataupun suara lingkungan (ambience/atmosphere).
         General effect masih dibagi lagi menjadi 3:
          a. Yang bersifat background, yaitu suara yang timbul dari lingkungan, jauh maupun dekat,  biasanya level suaranya rendah, misalnya suara burung, suasana kantor, ombak dipantai dll.
          b. Dengan kekerasan yang tetap dan durasi panjang (steady state),misalnya mesin pabrik, generator dll.
          c. Yang bersifat intermittent,kekerasannya bervariasi tetapi secara periodik atau berulang, misalnya suara traffic ai jalan raya
Sound effect dalam film bisa berasal dari 3 sumber:
1. Production sound, yaitu efek suara yang direkam dilapangan. Yang direkam bersaman dengan gambar, ataupun juga yang direkam tersendiri disaat tidak sedang dilakukan shooting atau pengambilan gambar.
 
2. Foley, yaitu efek suara yang direkam pada tahap paska produksi mengikuti gambar. foley sound biasa direkam di sebuah studio yang disebut foley stage. Seorang foley artist melihat film untuk melakukan sinkronisasi sambil merekam suara suara yang dibutuhkan. Contohnya dalam membuat suara langkah kaki. Foley sound effect adalah efek suara yang paling responsible dan realistis untuk memberikan tekanan di dalam film.
 
3. Sound library, yaitu kumpulan efek suara yang sudah direkam sebelumnya yang dijual dan bisa dipergunakan dengan bebas dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh penjual sound library.

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *