Multimedia: Kursus Apa yang Termasuk dalam Program Studi Multimedia ?

Mengejar kursus adalah kesempatan untuk secara komprehensif mengalami satu subjek atau topik. Beberapa opsi yang terstruktur secara akademis untuk pembelajaran dapat diselesaikan dalam beberapa bulan, sementara program lain dapat berlangsung beberapa tahun.

Apa itu program multimedia? Kursus dalam multimedia memperkenalkan siswa ke dunia kreatif teknologi dan komponen produk berbasis teknologi komunikasi. Subjek potensial termasuk editing dan desain dalam program perangkat lunak seperti Photoshop, Adobe Premier atau Sound Forge. Kelas animasi karakter dapat menawarkan studi perangkat lunak dalam Flash, 3D Studio, dan Maya. Topik yang lebih komprehensif dapat mencakup desain grafis, produksi suara atau video, dan media interaktif seperti produksi video atau musik.

Mereka yang di multimedia dapat mengembangkan keterampilan komputer yang luar biasa, memberi mereka keunggulan dalam bisnis atau pencarian pribadi. Peningkatan kreativitas dapat bermanfaat bagi pengembangan produk sementara keterampilan kolaboratif yang sangat baik dapat mendukung proyek-proyek tim. Keterampilan presentasi dapat meningkatkan kesadaran perusahaan atau merek dan mengarah pada peningkatan pendapatan. Keterampilan ini sangat diinginkan oleh banyak pengusaha, berpotensi membuka jalan untuk promosi atau kenaikan gaji.

Apa Itu Studi Multimedia?

Studi multimedia meliputi studi film, studi televisi, jurnalisme, produksi video, animasi komputer, dan studi dan praktik dalam multimedia, media interaktif, dan teknologi baru. Menurut Florida Atlantic University (FAU), fakultas yang berpartisipasi terlibat dengan kekuatan dan tanggung jawab media yang ada dan yang muncul dari perspektif formal, sejarah, ekonomi, dan ideologis.

Program ini tidak hanya menekankan makna teks media, jelas FAU, tetapi juga proses di mana makna ini dibangun dan disebarluaskan. Tujuannya adalah untuk membantu sarjana memahami studi dan penciptaan media visual, cetak dan baru dalam konteks yang lebih besar dari ekspresi visual dan verbal manusia, dan untuk membentuk siswa menjadi pembaca yang canggih dan produsen budaya visual.

Apa Jenis Program Studi Multimedia?

Menurut FAU, mata kuliah untuk program studi multimedia mempertimbangkan media arus utama dan alternatif dan mencakup pendekatan industri dan artistik, menghubungkan teknik produksi dan estetika dengan industri, sejarah, dan politik. Kurikulum bergerak melintasi medan sejarah, kritis, teoretis dan praktis media cetak, radio, film, televisi dan digital, mengatasi konvergensi dan remediasi (pemetaan teknologi ke antarmuka yang berurutan).

Kursus khusus akan bervariasi menurut sekolah, fokus, dan faktor lainnya. Misalnya, beberapa program menawarkan area fokus seperti Jurnalisme Multimedia atau Film, Video, & Media Baru. Dalam kasus ini, siswa akan mengambil sejumlah besar mata kuliah di area fokus pilihan mereka. Contoh kursus dan pilihan dapat mencakup:

  • Animasi Komputer 3D
  • Cakupan Urusan Publik
  • Film dan Video Dokumenter
  • Jurnalisme Lingkungan
  • Apresiasi Film
  • Kritik Film
  • Dasar-dasar Multimedia
  • Game Programming
  • Game Pemrograman
  • Multimedia Interaktif
  • Jurnalisme Multimedia
  • Etika Media BaruBerita dan Pelaporan Berita
  • Studi di Media Baru
  • Kritik Media Visual

Selama tahun senior mereka, siswa studi multimedia akan menyelesaikan proyek kreatif atau portofolio. Selain itu, siswa dapat memilih untuk menyelesaikan magang, yang menawarkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman langsung dan membuat kontak yang berharga di industri.

Apa yang Dapat Saya Lakukan Dengan Gelar dalam Studi Multimedia?

Lulusan program studi multimedia bekerja di industri film, desain grafis, animasi, desain game, periklanan, hubungan masyarakat, penyiaran televisi, penerbitan cetak, pelaporan berita, desain web, desain aplikasi, pemasaran digital, dan banyak lagi. Pekerjaan yang memungkinkan termasuk animator, animator komputer, pembuat film, direktur seni, perancang game, eksekutif akun periklanan, copywriter, spesialis hubungan masyarakat, jurnalis, perancang web, perancang aplikasi, jurnalis foto, reporter, spesialis komunikasi, manajer promosi, editor film, dan analis pemasaran.

Yesternight.id merupakan penyedia berbagai jasa yang akan membantu meringankan beban kamu dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id