Fotografi Pake Hp? Mudah Banget!

Kini, mengambil gambar yang luar biasa tak perlu lagi menggunakan kamera DSLR. Dengan kemampuan melihat momen yang tepat, pencahayaan yang cukup, serta sedikit trik dari fotografi, smartphone juga bisa menghasilkan gambar bagus.

Bahkan Anda mungkin tak percaya kalau banyak sekali foto yang bertebaran di instagram, diambil hanya menggunakan smartphone.

Jika Anda ingin mendalami ilmu fotografi di smartphone, namun Anda masih merasa hasil yang diperoleh masih biasa-biasa saja, berikut ada beberapa cara agar foto yang Anda hasilkan lebih oke, layaknya seleb instagram.

Terlebih lagi, Anda tak perlu banyak keluar untuk mencobanya, karena Anda bisa belajar dengan objek-objek yang ada di rumah.

Berikut tinjauannya.

Rajin Utak Atik

Ketika pertama kali kamera ada di ponsel, fungsi kamera memang tidak untuk fotografi. Hanya mengambil gambar dengan kualitas biasa saja. Sehingga kita juga tak perlu berlama-lama untuk menggunakannya. Namun saat ini, kualitas kamera smartphone hadir dengan kualitas tinggi dan disokong berbagai fitur.

Jadi, mengapa tidak ‘bermain’ lebih lama dengan kamera Anda? Ketika akan memotret, pastikan dulu komposisinya baik serta objeknya menarik. Pastikan juga Anda bisa memperbaiki pencahayaan atau sudutnya. Jika Anda ulet melakukan ini, intuisi fotografi Anda lama-kelamaan akan terasah.

Pelajari Teori Komposisi

Sebuah hasil yang bagus ketika memotret, biasanya terjadi dari komposisi yang bagus. Meski seringkali untuk mencari komposisi yang bagus butuh intuisi yang baik pula, hal ini bisa dipelajari.

Coba pelajari teori komposisi pada fotografi, dan aplikasikan di smartphone. Selain mempelajari teori-teorinya, melakukan ‘crop’ juga sangat menolong dalam hal komposisi. Sebuah foto yang biasa, dengan kemampuan ‘cropping’ yang baik, akan menjadi foto yang lebih hidup.

Memotret Dengan Lebih Dekat

Salah satu permasalahan dalam fotografi smartphone adalah tidak tersedianya optical zoom. Jika Anda melakukan zoom di smartphone, hal ini berarti Anda mengurangi kualitas gambar yang Anda ambil.

Hal yang paling benar adalah mendekat ke objek. Jangan ragu untuk mendekat dan melihat lebih dekat objek dan menemukan hal unik yang objek tersebut miliki. Dengan mendekat pula, Anda dapat lebih leluasa mencari sudut terbaik, dan mendapatkan hasil foto yang lain daripada yang lain.

Gunakan Bantuan Cahaya dari Belakang atau Samping 

Salah satu teknik fotografi android yang paling sederhana adalah mempertimbangkan arah cahaya sebelum memotret. Cahaya lampu atau matahari sangat membantu agar objek terlihat lebih tajam, terang, dan mencolok. Akan lebih bagus lagi jika cahaya tersebut berasal dari belakang objek yang akan difoto.

Selain membuat foto tampak lebih terang, pantulan cahaya menambah keindahan foto. Jadi, kamu harus peka terhadap cahaya yang ada disekitar objek.

Belajar Edit

Setelah berlama-lama bermain dengan kamera Anda, belajar komposisi dan sudah mendapat sedikit ‘intuisi’ dalam fotografi smartphone, lengkapi kemampuan Anda dengan mempelajari pemrosesan pasca foto tersebut di ambil.

Edit adalah hal yang cukup penting. Karena hal tersebut mengoreksi hal-hal kecil yang tak mampu dilakukan kamera smartphone. Misalnya menambah kontras, menghidupkan warna, dan mengontrol temperatur cahaya. Edit juga menghindarkan dari penggunaan filter Instagram yang terlalu banyak dipakai oleh masyarakat. Efek HDR yang tersedia di kamera pun juga terlalu sering dipakai. Jika Anda melakukan sedikit koreksi saja, foto Anda akan terlihat jauh lebih bagus tanpa sentuhan filter.

Aplikasi terpopuler serta terbaik untuk edit foto adalah VSCO dan Snapseed. Coba gunakan aplikasi tersebut dan utak-atik semua worktoolnya. Lihat perbedaan yang terjadi pada foto Anda, dan pergunakan sampai Anda puas dengan hasilnya.

Yesternight.id telah bekerja sama dengan ribuan industri, seperti event organizer, brand, dan perusahaan. Kami juga bekerja dengan sistem terbaik untuk layanan dan produksi kami untuk menjaga efisiensi dan meningkatkan kualitas secara konsisten. Selain itu, dan yang terpenting, harga kami terjangkau dan tentunya tidak akan membebani Anda.

Untuk portofolio dan informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi website kami di sini dan mengintip. Kami menantikan kabar baik dari Anda!

Yesternight.id juga menyediakan lebih banyak layanan lain yang tentunya akan membantu meringankan beban Anda di bidang dokumenter, manajemen media sosial, dan desain. Berlokasi di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id telah bekerja secara profesional di bidang produksi video, dokumenter acara & pernikahan, desain grafis, optimalisasi & pengelolaan media sosial, serta videografi & fotografi produk.

Berlangganan buletin kami di sini untuk mendapatkan tip dan trik dan kemajuan lainnya di bidang multimedia dan pemasaran secara gratis. Anda juga dapat membaca artikel lainnya di Artikel Kemarin di sini. Terakhir, jangan lupa untuk mengikuti media sosial Yesternight.id untuk informasi lebih lanjut dan berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id