Copyright Youtube? Ini yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Menghindari Copyright Youtube itu bagaimana ? Pertanyaan tersebut sangat sering ditanyakan oleh kebanyakan YouTube Creator baik yang pemula maupun Para YouTuber terkenal pun terkadang masih kena yang namanya YouTube Copyright Strike.

Dalam membuat Video YouTube , selain membutuhkan software edit video kita juga harus memiliki bahan seperti video dan audio yang cukup baik agar hasil videonya juga bagus.

Namun banyak yang mengambil jalan pintas dengan menggunakan video atau audio ber hak cipta tanpa izin sehingga menimbulkan masalah dalam channel youtube nya sendiri .

Namun sebelum lanjut lebih dalam , mari kita pahami dulu apa itu YouTube Copyright Strike atau bisa juga disebut Pelanggaran Hak Cipta di YouTube.

Apa Itu Copyright Strike atau Pelanggaran Hak Cipta Di YouTube ?

YouTube Copyright Strike adalah kondisi dimana sebuah video terindikasi menggunakan konten yang tidak original milik orang lain . Biasanya Video YouTube yang melanggar hak cipta tidak bisa dimonetisasi atau dimonetisasi oleh pemilik hak cipta .

Ketika sebuah channel YouTube mendapatkan peringatan Copyright Strike atau Pelanggaran Hak Cipta pada salah satu video yang diunggahnya , ini artinya sebagian atau seluruh isi dari video tersebut merupakan karya atau properti milik orang lain .

YouTube sendiri memang sangat ketat dalam menjaga agar setiap video yang diunggah kedalam YouTube harus konten original atau konten ber hak cipta namun memiliki izin atau lisensi resmi dari pemilik aslinya.

Hal tersebut bisa kita lihat dengan adanya sebuah formulir permohonan khusus atau formulir claim bagi para pemilik karya cipta yang merasa karyanya dicuri tanpa izin oleh salah satu channel YouTube.

Cara Menghindari Copyright di YouTube dengan Mudah

Ada berbagai cara untuk menghindari terkena copyright YouTube. Kamu bisa mengambil salah satu atau mengkombinasikannya.

Berkreasilah, Jangan Re-Upload Video Milik Orang Lain

Cara paling sportif dan seharusnya menjadi mental seluruh para YouTubers adalah untuk dapat berkreasi dan menggali sebaik-baiknya potensi dalam diri mereka.

Kegiatan pencomotan karya/plagiasi selain tidak terpuji juga akan mematikan potensi diri kamu sendiri.

Kamu dapat membuat video aransemen animasi kreatif atau tutorial.

Selain itu bisa juga dengan merekam adegan konyol, lucu ataupun aneh di lingkungan sekitarmu dengan handphone lalu di upload.

Namun jika dalam video kamu harus ada bagian dari video mereka, setidaknya kamu harus menyelipkannya dengan presentase yang lebih kecil, bukannya secara keseluruhan.

Percayalah, video buatan sendiri akan memberikan efek kepuasan batin. Di lain sisi nilai sebuah karya tidak hanya terletak dalam nominal uang yang didapatkan.

Gunakan Video dengan Label Licence Creative Commons

Mungkin ada yang belum tahu, seperti ini cara mencari video creative commons:

  1. Masuk platform youtube
  2. Masukan kata kunci dalam pencarian, misal video mukbang, lagu terbaru Isyana
  3. Enter (maka video yang kamu cari akan muncul)
  4. Klik Filters dan pilih Creative Commons

Nah ini tambahan tentang apa sih Licence Creatif Commons?

Creative Commons atau sering kita sebut CC dan merupakan sebuah lisensi yang diberikan oleh youtube kepada publisher serta bersifat universal. Intinya izin dari pemilik video asli kepada semua pemilik channel YouTube untuk menggunakan video mereka menjadi konten.

Nah, kamu bisa menggunakan video ini untuk video kamu. Namun akan lebih aman dan pengormatan kepada pemilik video, kamu bisa mengedit ulang video tersebut dan memberikan link video asli dalam deskripsi.

Pilihlah Audio/ Musik Non Copyright

Hampir sama dengan cara menghindari Copyright YouTube menggunakan video licence creative common, namun satu ini dalam segi audio/musik latar belakangnya.

Jika hendak membuat video YouTube dan ingin menambahkan audio atau musik, maka banyak sekali musik yang dapat kita gunakan secara gratis.

Beberapa audio library yang banyak digunakan oleh YouTuber adalah YouTube Audio Library dan NCS / Non Copyrighted Song.

Youtube Audio Library adalah audio free yang support iklan dan bebas hak cipta yang disediakan oleh pihak YouTube sendiri.

Kreatif dengan Melakukan Metode Komplikasi Video

Komplikasi bisa dimaknai sebagai usaha mengkombinasikan banyak video menjadi satu video dengan topik yang sama.

Seperti kamu lihat saat ini banyak sekali YouTubers yang melakukan komplikasi seperti ini, seperti On the Spot, Calon Sarjana, Daftar 5 dan mereka adalah youbers garda depan di negeri ini.

Perlakuan kombinasi dapat mengurangi resiko terkena peringatan copyright YouTube karena kamu hanya akan mengambil sebagian kecil dari video asli.

Namun sekali lagi, jika pemilik video mau tentunya. Itulah mengapa sopan santun itu perlu. Kamu bisa meminta izin terlebih dahulu, atau juga memberikan link di deskripsi seperti di ulas diatas.

Hindari Copyright Strike dengan Menggunakan Lagu Cover/Aransemen

Jika hanya lagu populer tertentu yang dapat mewakili isi video agar perasaannya terasa, kamu bisa menggunakan versi covernya. Meskipun tidak maksimal namun setidaknya lebih aman daripada kamu tidak mendapat banned.

Di lain pihak ada kecenderungan pemilik lagu cover lebih mudah memberi izin, karena bagi mereka ini juga akan mengangkat popularitas mereka.

Ubah Resolusi Video

Video yang di edit ulang kemungkinan besar untuk terhindar dari copyright strike.

Pengeditan ini dalam dilakukan dalam beberapa bagian salah satunya Mengganti Resolusi Video.

Video asli mempunyai resolusi yang besar. Jika kalian menonton vidio yang sama dengan video official namun ketika memilih kualitas video di pengaturan ternyata mentok sampai 720 pixel dan bukan HD (1080 pixel) kemungkinan besar pemilik video memainkan copyright lewat cara ini.

Kamu bisa mengompres resolusi video dengan mudah menggunakan aplikasi Hanbrake. Selain resolusi kamu juga bisa mengecilkan ukuran video.

Menambahkan Frame pada Video

Upaya pengeditan sebagai cara menghindari copyright strike youtube selanjutnya adalah dengan memberi frame/bingkai pada video.

Agar lebih sedap dipandang pastikan frame dan videonya sinkron sehingga tidak sakit dimata. Atau coba hindari pengeditan berlebihan yang terkesan tidak profesional.

Frame pada video dapat dibuat di banyak aplikasi semisal adobe Premier dan Photoshop. Nah kamu harus belajar menggunakan setidaknya kedua aplikasi ini, karena gunanya sangat banyak.

Ubah Sedikit Pitch Suara

Perubahan dilakukan sekecil mungkin dengan mempertimbangkan kenyamanan pendengar. Hal ini karena pasti tidak akan nyaman mendengarkan suara idola kita misal dari bass menjadi cempreng kan? Salah salah channel kamu malah dibully sejagad netizen hehehe.

Pengeditan suara dapat dilakukan menggunakan Adobe Premier atau jika terlalu berat coba gunakan Audacity.

Penambahan Intro dan Outro

Intro adalah musik pembukaan pada video YouTube, sebaliknya outro berati musik tambahan pada akhir video. Biasanya kalau dalam artikel sebut saja pembukaan dan penutupan.

Nah, kamu pasti mulai paham.

Pembukaan dan penutupan yang kamu sisipkan harus pas, jangan terlalu pendek atau terlalu panjang. Standarnya 10-15 detik saja.

Mengapa? karena jika terlalu cepat pemirsa akan bingung dan jika terlalu panjang pembaca bosan.

Biasanya isi dari pada intro adalah salam, sapaan kepada pemirsa setia dan gambaran umum isi video. Sedangkan isi outro adalah kesimpulan dari video, ajakan like subsribe dan reminder untuk penantian video selanjutnya.

Ingat, jangan sampai salah menetukan intro karena intro adalah 10 detik pertama yang akan menentukan segalanya, dalam hal ini keputusan untuk menonton videomu secara keseluruhan.

Kalau intro bagus kemungkinan pemirsa akan terus menonton, tapi kalau jelek yah tahu sendiri lah.

Hindari Copyright Strike dengan Menghapus Metadata pada File MP3

Jika lagu yang menjadi backsong adalah lagu dari MP3 kamu bisa hapus dulu metadata pada file MP3nya sebelum diupload.

Metadata maksudnya ID3 Tag-nya file mp3. ID3 ini berisi informasi nama artis, album, tahun, lyrics, dan info lain dari file mp3-nya.

Youtube biasanya mendeteksi pertama kali dari metadata ID3-nya jadi sebelum di upload, hapus ID3-nya terlebih dahulu.

Caranya? Kamu bisa gunakan program buat edit ID3 mp3 atau gunakan cara klik kanan-properties-detail ala Windows .

Setelah itu biasanya kamu juga bisa potong awalan dan akhiran lagu mp3 nya, supaya mempersulit “music identification” nya youtube. Yah meskipun cara ini kurang direkomendasikan, karena pasti agak aneh.

Memberi Sentuhan Noise

Ini cara yang tidak direkomendasikan, namun harus ditulis untuk berjaga-jaga jika tips sebanyak itu masih terkena copyright hehehe.

Sebenarnya ini agak ironi, karena biasanya yang dilakukan Youtuber adalah menghilangkan noise untuk mengeraskan dan menjelaskan suara bukan malah menambah noise hehehe.

Namun jika kamu tepat pada penempatan noise-nya, pasti ada peluang video kamu tetap bagus dan bebas dari copyright strike.

Menambah Kecepatan Video

Cara ini berkaitan dengan penambahan tempo yang wajar pada suara video yang kita buat. Meningkatkan suara adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari klaim hak cipta.

Kamu bisa membuat video menjadi nightcore dengan cara meningkatkan kecepatan suaranya sebesar 20% – 30% lebih cepat dari suara aslinya.

Sebagai catatan, cara ini hanya dapat dilakulan bila kamu hanya mengupload video lagu saja.

_________________________________________________________________________________________________________

yesternight.id telah bekerja dengan banyak jenis industri, EO dan brand dan perusahan.

Kami menyediakan jasa terbaik untuk produk dan jasa kami, dengan konsistensi dan efisiensi menjadi kualitas utama kami. Dan untuk kabar lebih baiknya lagi, harga jasa kami itu dapat dinegosiasi dan sangat murah

Kamu dapat menghubungi kami melalui:

Facebook: Yesternight Indonesia

Yesternight Indonesia – Beranda | Facebook

Instagram: Yesternight.id

#yesternightindonesia (@yesternight.id) • Instagram photos and videos

WhatsApp: https://wa.me/6281349611223?text=Halo%20Yesternight,%20saya%20mau%20tanya%20soal%20

Yesternight.id juga menawarkan banyak jenis jasa multimedia yang akan menguntungkan bisnis dan personal branding kamu. Studio kami menerima jasa manajemen sosial media, penyorotan dokumentasi, dan design logo atau grafis.

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id