Cara Membuat Konten Media Menarik

content writing1

Bagaimana cara membuat konten yang berkualitas supaya dapat menarik perhatian banyak pengunjung? Pertanyaan ini mungkin kerap kali muncul dipikiran para content writer atau bahkan content creator.

Konten yang berkualitas menjadi kunci bagi content writer untuk mendapatkan traffic yang bagus dari website-nya.

Ketika pengunjung tertarik dengan konten yang kamu buat, besar kemungkinan mereka akan kembali lagi ke situsmu.

Sebab, mereka telah menemukan informasi yang lengkap dan berkualitas dari sebuah konten yang kamu buat. Dengan begitu, kamu sudah menciptakan hubungan emosional dengan para pengunjung.

Lantas, bagaimana caranya agar dapat membuat konten yang berkualitas? Jangan khawatir, berikut Glints sudah merangkumnya untukmu.

1. Lakukan Riset Konten

recruit agent analyzing candidates 74855 4565

Dilansir dari Search Engine Journal, gagasan konten yang kamu buat menentukan apakah kontenmu akan diingat oleh audiens atau dilupakan begitu saja.

Dengan demikian, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu supaya kamu dapat menemukan konten yang tepat untuk dibuat.

Pahami apa saja yang sedang tren belakangan ini. Selain itu, lakukan juga riset kepada audiens supaya kontenmu dapat tersalurkan dengan tepat.

Jangan lupa untuk memantau konten dari kompetitor sebagai bahan perbandingan. Selain berkualitas, kemungkinan besar kamu juga dapat melebihi kompetitormu dalam pembuatan konten.

Jadi, utamakan riset konten dengan teliti supaya menghasilkan sesuatu yang berkualitas.

2. Riset keyword

Importance of HR

Jika kamu ingin bersaing dengan kompetitor dengan baik, jangan lupa untuk melakukan riset keyword setelah menemukan ide konten yang menarik.

Saat ini, semua orang berlomba-lomba untuk membuat konten yang berkualitas supaya dapat muncul di halaman pertama Google.

Dilansir dari Inc, salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan strategi content marketing adalah dengan cara melakukan riset keyword.

Kamu bisa menggunakan berbagai macam tools untuk riset keyword, seperti SEMrush, Ahrefs, Ubbersuggest, dan lain-lain.

Kumpulkan beragam kata kunci yang dihasilkan dari ide konten yang sudah kamu dapatkan. Kemudian, riset satu per satu sehingga menemukan kata kunci yang tepat.

3. Fokus Untuk Membuat headline Yang Kuat

character illustration people with internet message icons 53876 59877

Setelah menemukan ide konten serta kata kunci yang tepat, sebaiknya kamu fokus untuk membuat headline yang kuat.

Pasalnya dilansir dari Neil Patel, headline atau judul yang bagus akan menarik perhatian yang besar terhadap para pembaca.

Tidak hanya itu, statistik dari Copyblogger juga menunjukkan bahwa 80% orang akan membaca headline-mu, tetapi hanya 20% dari orang-orang itu yang akan membaca sisa kontenmu.

Kendati demikian, bukan berarti kamu hanya membuat headline yang kuat namun isi kontennya lemah. Ingat, orang-orang akan kembali membaca website-mu jika kontenmu berkualitas.

Apabila isi kontenmu lemah, besar kemungkinan mereka tidak akan kembali lagi.

4. Cari Perspektif Yang Unik

character illustration people with technology icons 53876 64641 1

Saat hendak membuat konten berkualitas, sebisa mungkin cari cara untuk menemukan perspektif menarik. Hal ini diperlukan agar hasil karya terlihat berbeda dari konten-konten yang lain.

Tonjolkan beberapa bagian yang sekiranya berbeda dan bahkan tidak ada dari konten yang lain. Dengan begitu, bisa dipastikan orang akan tertarik untuk membaca kontenmu.

Kembali lagi ke persoalan awal, salah satu caranya adalah dengan melakukan riset kompetitor. Biasanya semakin kamu rajin melakukan riset, akan semakin mudah menemukan perspektif unik yang ingin dibuat.

5. Pilih Sumber Informasi Yang Akurat

people with technology devices 52683 34717

Pikirkan kamu seorang content writer di sebuah perusahaan besar. Setelah itu, kamu mencantumkan sumber yang tidak akurat informasinya sehingga berpotensi menurunkan reputasi dari perusahaanmu.

Dengan begitu, berhati-hatilah dalam memilih sumber informasi. Usahakan untuk memilih sumber yang memiliki kredibilitas yang tinggi dan akurat.

Semakin tinggi kredibilitas sumber informasi yang kamu pilih, pembaca akan semakin percaya lewat informasi-informasi yang disajikan lewat kontenmu.

6. Kemas Konten Dengan Menarik

istockphoto 1175570833 612x612 1

Bagaimana caranya supaya dapat mengemas konten dengan menarik? Salah satu cara adalah dengan membuat konten yang interaktif.

Libatkan audiens di dalam kontenmu lewat beberapa pertanyaan yang kamu ajukan. Selain itu, sisipkan storytelling di dalamnya karena kebanyakan orang suka membaca cerita.

Hal yang paling penting adalah membuat paragraf pertama dari kontenmu semenarik mungkin supaya kamu dapat menarik perhatian pembaca sejak awal.

 

Ciri Konten Berkualitas

hiring agency candidates job interview 1262 18940

Agar lebih jelas, berikut ciri konten berkualitas yang perlu kamu perhatikan. Kalau konten kamu memenuhi semua standar ini berarti kamu melakukan permulaan yang baik.

Konten Yang Berkualitas Mudah Ditemukan (Findable)

Konten yang kamu tulis akan sia-sia bila tak ada yang membacanya. Konten kamu harus mudah ditemukan setidaknya dalam dua cara:

  • Dari dalam situs kamu. Bila seseorang sudah berada di dalam situs kamu, mereka harus bisa menemukan konten terbaru dan terbaik kamu.
  • Dari luar situs kamu. Ini berarti melalui mesin pencari. Orang yang tidak tahu kamu atau website kamu harus bisa menemukan konten melalui pencarian Google.

 

Cara terbaik untuk bisa ditemukan oleh mesin pencari adalah menyesuaikan konten dengan kata kunci yang relevan. Lalu optimasi konten untuk kata kunci tersebut.

 

Konten Yang Berkualitas Bisa Dibagikan (Shareable)

Ada dua hal yang membuat konten bisa dibagikan:

  • Orang ingin membagikannya. Ketika orang menemukan konten yang sangat bagus, mereka ingin menyebarkannya, setidaknya mencantumkannya di timeline Facebook.
  • Konten mudah dibagikan. Buat orang mudah membagikan konten kamu.

 

Berikut beberapa hal dasar tentang konten yang bisa dibagikan:

  • Mulai dengan sesutu yang benar-benar bagus. Apakah kamu ingin membagikannya? kalau kamu malu memberitahu teman apa yang baru saja kamu posting, ini berarti konten kamu gak cukup bagus.
  • Alokasikan waktu untuk “framing.” Ini berarti headline, gambar, dan bagian yang muncul di Facebook. Semakin banyak orang yang melihat headline kamu dan merasa tertarik, semakin mungkin mereka akan mengklik dan membaca. Ini memaksimalkan potensi mereka membagikannya di jaringan mereka.
  • Gunakan sharing tool yang mudah. Gunakan yang kamu perlukan untuk mendorong pembaca membagikan konten kamu.

 

Konten Yang Berkualitas Mudah Dibaca (Readable)

Keterbacaan sangat penting untuk teks. Design yang bagus dan tulisan yang baik terkait di dalamnya. Dari perspektif design, konten yang terbaca berarti tidak berat bagi mata, jadi perhatikan faktor berikut:

  • Ukuran tulisan
  • Warna teks dan latar belakang. Misalnya, merah pada latar hitam bukan ide yang baik.
  • Luas kolom. Terlalu luas akan membuat pembaca tersesat ketika bergerak kembali ke margin kiri
  • Leading (jarak vertikal antar garis tidak terlalu dekat).

 

Konten Yang Bagus Selalu Diingat (Memorable)

Konten yang bagus tidak hanya menghibur kamu selama 2 menit dan lalu hilang dari pikiran. Konten selalu kamu ingat, membuat kamu kembali mengunjunginya, dan merekomendasikannya ke teman atau kolega. kamu bisa membuat konten lebih memorable dengan memastikan menjawab pertanyaan, “So what?” atau dengan membuat konten yang tidak hanya meniru apa yang orang lain sudah katakan.

Menulis konten berkualitas dan menarik bukan hal mudah, tapi akan terasa lebih mudah ketika kamu menulis sesuatu yang kamu memiliki passion di dalamnya. Hal menarik tentang konten adalah tidak lekang oleh waktu. Kamu bisa menulis sesuatu hari ini dan 3 tahun dari sekarang apa yang kamu tulis masih tetap dilihat dan dibagikan orang, yang membawa traffic kembali ke situs kamu.

_________________________________________________________________________________________________________

yesternight.id telah bekerja dengan banyak jenis industri, EO dan brand dan perusahan.

Kami menyediakan jasa terbaik untuk produk dan jasa kami, dengan konsistensi dan efisiensi menjadi kualitas utama kami. Dan untuk kabar lebih baiknya lagi, harga jasa kami itu dapat dinegosiasi dan sangat murah

Kamu dapat menghubungi kami melalui:

Facebook: Yesternight Indonesia

Yesternight Indonesia – Beranda | Facebook

Instagram: Yesternight.id

#yesternightindonesia (@yesternight.id) • Instagram photos and videos

WhatsApp: https://wa.me/6281349611223?text=Halo%20Yesternight,%20saya%20mau%20tanya%20soal%20

Yesternight.id juga menawarkan banyak jenis jasa multimedia yang akan menguntungkan bisnis dan personal branding kamu. Studio kami menerima jasa manajemen sosial media, penyorotan dokumentasi, dan design logo atau grafis.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id