Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Selfie

Sumber : dxomark.com

Siapa disini yang belum pernah selfie sebelumnya? Ayo, angkat tangan! Harusnya bagi kalian yang sudah mengklik artikel ini artinya kalian suka selfie ataupun ingin mencoba selfie tapi masih belum tau bagaimana cara mendapatkan hasil selfie yang bagus.

Jangan khawatir. Yesternight.ID punya solusi nya untuk kalian yang masih bingung untuk menghasilkan selfie yang menawan dan siapapun yang ngeliat selfie kamu nanti, dijamin pasti betah deh!

Tapi, buat kalian yang sudah sering dan demen selfie, Yesternight.ID punya saran atau insgiht baru juga loh! Pantengin terus pokok nya.

Saat kalian selfie, pasti kalian jepret-jepret nya lebih dari sekali. Namun, yang kalian upload atau post di social media kalian adalah hasil yang terbaik dari semua foto.

Berikut tips dan trick agar mendapatkan hasil selfie yang memuaskan:

Menentukan tempat yang pas

Hindari memaksakan diri untuk selfie bila lokasi tersebut memang berbahaya, seperti ujung tebing, puncak gedung, tengah laut, dan lokasi lain yang bisa merenggut jiwa. Foto selfie harus memperhatikan lingkungan di sekitar kita. Jangan sampai mengganggu orang-orang disekelilingmu ya!

Bukan hanya memerhatikan tempat yang aman ketika kamu ingin selfie, tapi juga perhatikan tempat yang enak dipandang. Rata-rata orang akan memencet tombol like pada foto mu di Instagram karena mereka juga ikut menikmati background yang indah.

“Saat selfie jangan hanya sekadar fokus pada muka, (latar) belakang juga perlu diperhatikan. Kadang kita kalau sedang selfie, di belakang ada orang lewat, latarnya jadi kurang bagus,” kata Rio Motret.

Ia pun menyarankan komposisi bagian belakang foto diperhatikan. “Misalnya ketika sedang selfie di Jepang dengan latar Gunung Fuji, kadang kita tidak memperhatikan gunungnya terpotong karena kita hanya fokus ke diri sendiri,” tambahnya.

Arah pencahayaan

Lighting itu penting banget loh, gengs. Karena faktor ini yang akan membuat hasil selfie lebih menarik dan menawan. Pastikan arah cahaya tidak datang dari belakang kepala atau badan kamu ya. Hal ini akan membuat wajahmu menjadi gelap dan terkadang blur. Meski setelah selfie kamu ingin meningkatkan efek brightness ataupun contrast, hal ini tidak bisa dihindari karena foto asli nya sudah gelap. Jadi lebih baik lebih hati – hati soal cahaya ini. 

Saat kamu sedang berada di dalam ruangan, sangat tidak memungkinkan untuk mendapatkan cahaya yang bagus. Tapi, ada solusinya loh! Yaitu ring light. Alat ini sudah banyak digunakan oleh beberapa selebgram untuk pengambilan video endorsement mereka. Ring light bertujuan untuk menunjang kualitas hasil foto dan video yang kamu ambil.

 Sumber : indiamart.com

Temukan angle wajah mu

Cara foto yang keren tentu melibatkan sudut dan angle yang bagus. Untuk selfie, hal ini harus lebih diperhatikan. Umumnya, angle foto yang bagus untuk selfie adalah dari posisi yang lebih tinggi dari wajah kita. Karena posisi kepala menghadap atas, wajah tentu akan terkena cahaya dan terlihat lebih jelas.

Selain dari posisi yang lebih tinggi, pastikan juga kamu tidak menghadap kamera langsung. Miringkan kepala sedikit agar hasil tampilan selfie terasa dinamis dan parasmu terlihat lebih baik. Tentunya, sekali dua kali selfie tidak bisa menjamin kamu langsung bisa menemukan angle wajah yang pas ya. Harus melalui trial dan error dulu agar kamu benar-benar menemukan angle yang cocok untuk menampilkan parasmu yang baik.

“Karena kita yang memegang sendiri perangkat, kita sendiri yang mengetahui angle wajah yang terbaik seperti apa,” kata Rio Motret, fotografer yang kerap memotret selebritas ini.

Kenali kamera HP dan aplikasi pendukung lainnya

Untuk mengambil foto, terkadang kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Instagram ataupun Snapchat. Program diluar basic camera yang ada pada di smartphone, tentu menawarkan sesuatu yang berbeda. Sebagai contoh saja penggunaan filter yang lebih banyak ketika kamu pakai Instagram ataupun Snapchat.

Belajar fotografi HP juga tidak cukup mengenal programnya, tapi juga praktek dan membiasakan diri menggunakannya.

Selain belajar dari aplikasi foto tambahan seperti Instagram atau Snapchat, kamu juga harus kenali spesifikasi kamera smartphone mu. Pengambilan gambar baik pada kamera spek rendah tentu akan berbeda dengan kamera dengan spek tinggi di HP. Contoh saja pada kamera modern sekarang, sudah tersedia kombinasi beberapa kamera yang bekerja sama mengambil gambar yang sama.

Pengenalan kamera ini juga masih dibagi lagi menjadi dua yaitu kamera belakang dan kamera depan. Jika ingin mengambil selfie, banyak orang menggunakan kamera depan. Tapi disisi lain, spek kamera belakang biasanya bisa jauh lebih tinggi. Jadi dengan memanfaatkan stick selfie alias tongsis, banyak orang mulai belajar menggunakan kamera belakang ini.

Bagaimana? Sekarang kamu sudah tau ya, apa saja yang harus diperhatikan ketika kamu selfie. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-teman atau saudaramu untuk saling membantu.

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar