Tipe Music Video buat Insipirasi Video Klip Kamu

 

Setelah urusan di dapur rekaman beres, sekarang saatnya lanjut ke pembuatan video klip untuk melengkapi elemen artistik dari keseluruhan produk musik.

Ada beberapa tipe music video (MV) yang bisa kamu coba mix and match dengan style musik yang akan kamu garap. Jadi, kamu bebas menentukan tipe MV dengan konsep yang kamu inginkan, apapun genre musiknya.

 

So, berikut tipe-tipe MV yang bisa jadi inspirasi buat project kamu.

 

  1. Performance MV

Sumber: CHUNG HA_Official [YouTube]

 

Seperti namanya, MV ini fokusnya ke full penampilan dari sang artis membawakan lagunya. Ini memang jenis yang ter-mainstream, namun masih beken kok. Biasanya, karakter dan style dari artis dan lagunya ditonjolkan sepenuhnya melalui performance-nya.

Contoh yang paling gampang adalah MV K-Pop, mereka sering banget memakai tipe ini karena ingin menampilkan gerakan dance yang cukup kompleks. Contohnya adalah performance MV dari ChungHa – Dream of You.

Tipe performance harus direncanakan dengan matang supaya hasilnya tidak b aja dan memang menonjolkan kualitas penyanyi dan seluruh produksinya. Biar orang betah nonton MV-nya sampai akhir, gitu lho. Di situlah nilai seni, pula nilai jualnya.

Contoh lainnya bisa kamu lihat di MV Raisa – Terjebak Nostalgia dan cover Mirrors oleh Boyce Avenue feat. Fifth Harmony.

 

  1. Narrative MV

Sumber: KygoMusic [YouTube]

 

Tipe yang satu ini punya jalan cerita. Bisa dikatakan mirip dengan film pendek. Intinya, kamu akan storytelling dengan tipe ini.

Jalan ceritanya bisa jadi persis menceritakan lagu dan liriknya, seperti MV Jangan Cintai Aku Apa Adanya dari Tulus dan I’m Not The Only One oleh Sam Smith.

Bisa juga berupa alternatif lainnya yang masih menceritakan lagu tersebut namun tidak persis sama, misalnya hanya sesuai tema atau mood keseluruhan lagu tersebut. GAC dalam MV mereka, Cinta, dan juga Kygo & Selena Gomez dalam It Ain’t Me menerapkan teknik ini.

Untuk talent MV-nya bisa dimainkan langsung oleh penyanyinya sendiri maupun oleh aktor lain.

 

  1. Conceptual MV

Sumber: BLACKPINK [YouTube]

 

Ini adalah tipe yang MV-nya menggunakan konsep dari keseluruhan interpretasi musiknya. MV dengan jenis ini bisa jadi mahal produksinya karena menggunakan banyak special FX dan editing yang cukup kompleks.

MV ini biasanya mengkombinasi semua karakteristik musiknya, dan tidak selalu punya jalan cerita. Produser K-Pop juga sering menerapkan konsep pada MV mereka, contohnya untuk konsep girl crush mereka akan berpenampilan chic dan kuat dilengkapi wardrobe, make-up, property, hingga akting yang sesuai. Misalnya, How You Like That oleh BLACKPINK.

Untuk referensi lainnya, simak video milik Sia dalam Elastic Hearts atau Empire oleh Shakira.

 

  1. Lyrics MV

Sumber: Yovie Widianto [YouTube]

 

Yup, tipe ini menampilkan lirik lagunya. Tapi tentunya kalau hanya menaruh lirik dalam frame lalu di-combine menjadi video, ya pasti mudah. Berikan sentuhan artistik dan kreatifitas untuk hasil yang ekstra!

Kamu bisa bermain dengan warna, font, maupun desain lainnya yang menggambarkan karakter serta mood dari lagunya. Coba deh, cek video lirik yang keren dari Yovie Tulus Glenn – Adu Rayu, Lizzo – Good As Hell, dan HIVI! – Siapkah Kau Tuk Jatuh Cinta

 

  1. Animated MV

Sumber: Coldplay [YouTube]

 

Tipe yang terakhir ini adalah MV yang menggunakan teknologi yang mumpuni. Bukan semata-mata berbentuk animasi, ya.

Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan kartun jadul (mis. Mickey Mouse 1928), CG, stop motion, 3D shapes, dan juga yang memakai green screen.

Agar lebih jelas, kamu bisa cek MV Russian Roulette milik Red Velvet, Up&Up dari Coldplay, atau Switchblade oleh NIKI.

 

Secara garis besar, itulah tipe-tipe MV yang bisa jadi ide buat next project kamu. Namun, tidak menutup kemungkinan kamu bahkan bisa menerapkan lebih dari satu tipe untuk MV, lho.

Cek Suit & Tie dari Justin Timberlake dan Jay-Z, History oleh rapper Rich Brian, dan Come Back Home oleh 2NE1, untuk inspirasi MV tipe campuran.

Sumber: 88Rising [YouTube]

 

Semoga menginspirasi dan selamat berkarya! When it comes to arts, sky is the only limit 🙂

 

Klik di sini untuk cek artikel videography lainnya.

 

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

 

Referensi:

http://lndgcsemediaassignment3.blogspot.com/2016/09/types-of-music-video.html

https://www.epikmusicvideos.com/blog/100-types-of-music-video-production.html

https://kabitanepalimusicvideo.wordpress.com/2015/07/08/performance-concept-narrative-music-videos/

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id