Teknik Pengambilan Gambar

Hi! Teman-teman pada update kali ini kami akan sharing tentang berbagai jenis shot pada pengambilan gambar. Berikut ini jenis-jenis shot pada pengambilan gambar.

1. Establishing Shot (ES)
Pengambilan gambar/shooting yang di ambil dari jarak yang sangat jauh atau dari “pandangan mata burung”, biasanya untuk membangun pengetahuan dimana lokasi kejadian.
2. Extreme Long Shot (ELS)
Jenis Shot/sudut pengambilan gambar yang digunakan untuk mengambil gambar yang sangat jauh, panjang luas, dan berdimensi lebar, diambil dari area yang sangat luas untuk menggambarkan atmosfir dan lingkungan tempat kejadian, subjek terlihat sangat kecil pada frame, sehingga benar benar tidak dapat dikenali, ukuran figure lebih kecil dari 1/6 dari ketinggian frame, meskipun demikian masih bias menginformasikan bahwa subjek adalah manusia,walaupun tidak dapat dibedakan atara pria dan wanita. 

3. Very Long Shot (VLS)
Teknik pengambilan gambar dimana objek seperti manusia terlihat 1/3 dari ketinggian frame. Subjek mulai terlihat jenis kelaminnya. Aktivitas mulai terlihat meski tidak jelas.


4. Long Shot (LS)
Shooting dilakukan dari jarak jauh, tetapi tidak sejauh establish shot.digunakan untuk penekanan terhadap lingkungan sekitar atau setting dalam scene.

5. Medium Long Shot (MLS)
Adalah jenis shot pertama yang melakukan pemotongan tubuh objek sebatas dari lutut sampai kepala, untuk pengambilan diatas/bawah lutut tergantung jenis kelamin/ pakaian yang dipakai subjek, sedangkan untuk objek bergerak dipakai gambar dibawah lutut.
6. Medium Shot (MS)
Shooting untuk membuat frame actor. Biasanya dilakukan dari pinggang ke atas. Medium shot (MS) bias digunakan untuk membuat focus terhadap 2 orang actor yang saling berhadapan dan beinteraksi,missalnya: debat, berpelukan dan sebagainya.
7. Medium Close Up (MCU)
Jenis pengambilan gambar dimana objek seseorang terlihat dari Dada sampai dengan kepala.

8. Over The Shoulder Shot (OSS)
Shooting Untuk mengambil gambar actor melalui pundak actor yang lain,digunakan ketika para actor saling bertatapan muka satu sama lain.contoh salah satu actor berbicara kepada actor yang lain sedangkan yang lain mendengarkan.

9. Close-Up (CU)
Shoting diambil dari jarak dekat. Biasanya focus kepada wajah,digunakan untuk memperlihatkan ekspresi wajah/mimic dari actor. Memperhatikan detail objek,atau untuk mengarahkan audience pada suatu elemen yang dipentingkan.


10. Big Close Up (BCU)
Jenis sudut pengambilan gambar ini bisa dikatakan lebih dekat daripada medium, yaitu sebatas bahu sampai kepala pada objek manusia,dll.

11. Extreme Close Up (ECU)
Jenis shot ini bisa dikatakan detail pada bagian objek seperti mulut, mata, hidung, telinga dll.



Nantikan update selanjutnya. Stay tune…
Uploaded By Haris HR.
Material By Faizal N.

Referensi : http://seputarti.com/artikel/teknik-pengambilan-video-shooting.html
                    http://seputarti.com/multimedia/jenis-jenis-shot-pengambilan-gambar.html

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *