Sejarah, Fungsi dan Cara Membuat Blog


Hi! Teman-teman semua, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Blog. Nah, langsung saja kita baca dibawah ini.

Apa Itu Blog? Blog adalah bentuk Aplikasi Web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web. Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian lainnya oleh beberapa penulis) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Fungsi Blog
Fungsi blog pada dasarnya adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam posting. Dalam perkembangan sekarang, blog bisa digunakan untuk menghasilkan uang melalui iklan yang terpasang di blog. Untuk dapat menghasilkan uang, tentu blog harus mempunyai pengunjung/visitor.

Cara Membuat Blog
Langkah awal sebelum membuat blog, Anda harus memiliki surat elektronik (Email). Email di butuhkan saat Anda hendak mendaftar blog nantinya. Jika Anda belum mempunyai Email, Anda bisa membuatnya di situs penyedia Email gratis, seperti : Gmail, Yahoo, Hotmail, dll.

Banyak penyedia blog gratis, seperti : Blogdetik.com, tumblr.com, weebly.com, dan banyak lainnya. Platform blog yang paling populer saat ini adalah Blogger.com dan WordPress.com.

Untuk mendaftar di blogger.com, mengharuskan Anda untuk menggunakan Gmail sebagai alamat email. Hal tersebut karena Blogger dan Gmail adalah satu jaringan milik Google. Dengan Anda memiliki akun email di Gmail, itu berarti Anda sudah mempunyai akun Google yang terintregrasi dengan berbagai produk Google. Anda tinggal Log In menggunakan alamat email dan sandi Gmail yang telah Anda buat.
 
1. Langkah pertama silahkan kunjungi http://blogger.com

2. Log In menggunakan Email Gmail dan Password yang telah Anda buat. Kemudian klik Masuk. Setelah masuk, Anda akan diarahkan pada halaman Dasbor Blogger.
3. Pada halaman Dasbor Blogger, Anda  dapat segera untuk membuat blog baru di Blogger dengan klik tombol Blog Baru.
4. Nanti akan muncul jendela halaman untuk mendaftar Blog Baru. Seperti pada tampilan berikut.

5. Isi kolom yang tersedia

Judul isi dengan Judul Blog yang Anda inginkan. Misal “Blog Indo “
Alamat isi dengan alamat blog yang Anda inginkan. Misal “indoblog ” 
Template, Pilih template blog yang Anda inginkan.

Setelah itu klik Buat Blog,  maka blog Anda telah dibuat dan siap digunakan. 
kalian juga dapat membuat blog di berbagai platform dengan menggunakan alamat email Anda, seperti WordPress.com dengan mendaftar dan mengisi data lengkap yang diperlukan.


Sejarah munculnya Blog
Media blog ini pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum pada akhirnya diakuisisi oleh pihak Google pada sekitar akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka (open source) yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog (blogger) tersebut.
Manfaat dan Kegunaannya
Blog ini mempunyai fungsi atau manfaat yang sangat beragam, mulai dari hanya berupa sebuah catatan harian, media publikasi dalam bentuk sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media lainnya dan perusahaan-perusahaan kelas atas. Sebagian besar blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal (blogger), sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis dalam sebuah konsorsium. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti halnya menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atau tanggapannya atas isi dari sebuah tulisan (artikel blog) yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif), artinya hanya dipergunakan untuk kalangan terbatas semacam yang dimiliki oleh sebuah institusi sekolah atau perguruan tinggi.
Situs-situs web yang saling berkaitan antara beberapa blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
Komunitas Blogger
Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.
Untuk bisa bergabung dalam sebuah komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk, misalkan harus berasal dari sebuah daerah tertentu atau memiliki kesamaan minat tertentu.
Budaya populer
Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk kegiatan blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu dengan tujuan mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel (update blog). Dewasa ini telah ada lebih dari 10 juta blog yang bisa ditemukan di dunia internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan bagi pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih harus sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.
Manfaat Ekonomis
Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan (ekonomi, keuangan) utama melalui sebuah program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau semacam program-program afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog (mengelola sebuah blog), karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah dari aktivitas ngeblog ini.
Risiko kejahatan
Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi – blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam sebuah blog. Hal ini dapat berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.

Nah, sekian dulu dan nantikan update-an selanjutnya…

Uploaded By Haris HR.
Material By Faizal N.

SUMBER:
1). http://www.solozine.com/2013/10/apa-itu-blog-sejarah-fungsi-dan-cara.html
2). http://responsive67.blogspot.com/2015/04/pengertian-blog-manfaat-dan kegunaannya.html

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *