Pengertian, Sejarah Dan Perkembangan Komputer

  

Hi! teman semua, pada pertemuan kali ini kami akan membagikan tentang Pengertian dan Sejarah Komputer. Nah, langsung saja kita lihat di bawah ini.


PENGERTIAN KOMPUTER  
Kata komputer diambil dari bahasa Yunani yaitu Computare yang berarti hitung atau menghitung.Pada awalnya, kata “komputer” dipakai untuk menggambarkan orang yang melakukan pekerjaan perhitungan aritmetika, baik dengan ataupun tanpa alat bantu, tetapi kemudian kata “komputer” ini dipindahkan kepada mesin / alat hitung itu sendiri. Secara singkat,komputer dapat didefinisikan sebagai suatu alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan.Dalam arti yang lebih luas, Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang terdiri dari komponen-komponen yang saling bekerja sama satu sama lain untuk menghasilkan informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen-komponen yang dimaksud adalah CPU, monitor sebagai komponen-komponen utama. Serta mouse, keyboard, printer sebagai komponen-komponen pendukungnya. Itu adalah definisi komputer secara umum, beberapa ahli memberikan definisi yang berbeda dari definisi diatas, diantaranya :

1. Pengertian Komputer Menurut Elias M.Awad 
“Komputer adalah sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan analog.”

2. Pengertian Komputer Menurut Robert H.Blissmer
Komputer adalah “suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima dan memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan ouput dalam bentuk informasi.”

3. Pengertian Komputer Menurut Donald H.Sanders
Menurut Donald H.Sanders komputer adalah “sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat yang dengan otomatis menerima,menyimpan dan memproses data input, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu sistem operasi yang tersimpan di dalam penyimpanannya.”

Tokoh Perkembangan Komputer
Dalam sejarah perkembangan komputer, deretan tokoh berikut ini adalah mereka yang berjasa dalam pengembangan tersebut. Di antaranya adalah Charles Babbage, Ada Augusta Byron, Herman Hollerith, Thomas Watson, Bob Noyse dan Gordon Moore, Steven Jobs dan Steve Wozniak, Bill Gates dan Paul Allen, Richard Stallman, Linus Torvalds. Berikut ini kita akan melihat seperti apa jasa para tokoh tersebut:

Charles Babbage
Seorang penemu dan ahli matematik yang lahir di Inggris tahun 1791. Berhasil membuat model mesin yang dinamakan Difference Engine dan merancang Analytical Engine. Di kenal dengan sebuatan Bapak Komputer Modern (Father of the Modern Computer) karena dalam rancangannya Analytical Engine mempunyai lima unsur yang terdapat pada komputer modern, yaitu:
• Alat masukan (input device).
• Tempat penyimpanan data yang akan diproses.
• Alat pemrosesan.
• Unit pengontrol pengolahan.
• Alat keluaran (output device).

Ada Augusta Byron
Dikenal sebagai programmer pertama (First Computer Programmer) karena membantu mengembangkan instruksi untuk menjalankan Analytical Engine.

Herman Hollerith
Tahun 1886 membuat Tabulating Machine yang digunakan untuk menghitung hasil sensus penduduk Amerika Serikat di tahun 1890 dengan cepat. Tahun 1896 mendirikan Tabulating Machine Company dan tahun 1924 melakukan merger dengan dua perusahaan lain dan membentuk International Business Machines Corporation – IBM Co.

Thomas Watson
Pada tahun 1924 – 1956, memimpin International Business Machines (IBM) dan berhasil membawa IBM mendominasi pasar sebagai pemasok mesin pengolah data dan mulai menjadi pengembang komputer ternama. Sejak tahun 1981, IBM memasuki bisnis komputer mikro dengan memperkenalkan IBM PC.

Bob Noyce dan Gordon Moore
Tahun 1968 mendirikan Intel dan tahun 1971 memperkenalkan microprocessor pertama (4004).

Steven Jobs dan Steve Wozniak
Tahun 1976 memperkenalkan Apple I, yaitu komputer pertama dengan keyboard dan layar. Membentuk perusahaan Apple Computer Inc. dan mengembangkan Apple II. Perusahaan Apple pertama kali mengembangkan penggunaan mouse pada personal computer-nya di tahun 1983.

Bill Gates dan Paul Allen
Sebagai pendiri perusahaan Microsoft. Tahun 1980 IBM memilih Microsoft untuk mengembangkan sistem operasi bagi IBM PC dan hasilnya adalah sistem operasi yang dikenal dengan nama MS-DOS. Tahun 1990 perusahaan Microsoft mendominasi pasar perangkat lunak (software) dengan semakin luasnya penggunaan sistem operasi Microsoft Windows dengan berbagai program aplikasi untuk keperluan bisnis, teknik, pendidikan, dan pribadi.

Richard Stallman
Tahun 1984 mengawali proyek GNU (GNU’s Not Unix), yaitu sistem operasi mirip Unix yang bersifat free software. Tahun 1985 mendirikan lembaga Free Software Foundation yang mensponsori pengembangan free software.

Linus Torvalds
Tahun 1991 mengembangkan sistem operasi Linux yang kemudian disebarluaskan secara Open Source. Sistem operasi Linux banyak diaplikasikan untuk server pada sistem jaringan.

SEJARAH KOMPUTER
Perlu kita ketahui, bahwa cikal bakal dari komputer yang kita kenal saat ini merupakan suatu mesin hitung yang disebut komputer. Cikal bakal komputer ini ditemukan oleh seorang pakar matematik yang bernama Charles Babbage pada tahun 1822. Dari alat inilah yang selanjutnya dikembangkan oleh berbagai pihak sampai menjadi komputer canggih seperti yang kita kenal saat ini. Dalam perkembangannya sampai saat ini, komputer dibagi kedalam 5 generasi . Berikut ulasan tentang sejarah komputer dari generasi pertama hingga generasi kelima :

1. Generasi Pertama
  
Satu sistem komputer pada generasi pertama membutuhkan space satu ruangan yang cukup besar. Selain membutuhkan space yang besar, komputer generasi pertama juga membutuhkan daya yang sangat besar untuk penggunaannya. Komputer elektronik generasi pertama yang pertama kali diciptakan adalah Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC) pada 15 Februari 1946. ENIAC dirancang oleh dua orang profesor Universitas Pennsylvania yakni John Presper Eckert dan John W.Mauchly dan tercipta atas kerja sama yang dilakukan pihak pemerintah Amerika Serikat  dengan Universitas Pennsylvania. ENIAC ini sendiri merupakan komputer yang sangat besar yang terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, 5 juta titik solder,memiliki berat 27 ton dan menghabiskan daya sebesar 160 kW.

Kemudian pada pertengahan tahun 1940-an, seorang pakar matematik bernama John Von Neumann bergabung dengan tim Universitas Pennsylvania untuk membangun konsep desain komputer yang masih bisa dipakai untuk 40 tahun kedepan. John Von Neumann berhasil mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan terobosan utamanya yakni sebuah memori yang digunakan untuk menampung baik program maupun data. Dengan adanya memori ini memungkinkan komputer untuk berhenti sesaat dan melanjutkan pekerjaannya kembali tanpa kehilangan data ataupun program tertentu.

Selanjutnya pada tahun 1951, terciptalah komputer komersial pertama yang dibuat oleh Remington Rand dengan memanfaatkan model arsitektur hasil karya John Von Neumann. Komputer ini dikenal dengan nama Universal Automatic Computer I (UNIVAC I).

Sejarah komputer generasi pertama mulai hadir pada tahun 1946-1956, beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
• Menggunakan tabung hampa udara (vacuum tubes) sebagai sirkuitnya.
• Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan ruangan yang luas serta memakai daya listrik yang besar.
• Memiliki media penyimpanan luar berupa magnetik tape atau magnetik drum.
• Hanya dapat dikendalikan oleh bahasa mesin (machine language).
2. Generasi Kedua
  
Ditemukannya transistor pada tahun 1948 membawa perubahan di berbagai alat elektronik seperti televisi, radio dan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum yang sebelumnya digunakan pada alat-alat elektronik tersebut. Dengan digantinya tabung vakum menjadi transistor membuat ukuran alat elektronik terutama komputer menjadi lebih kecil . Transistor mulai digunakan di komputer pada tahun 1956. Selain munculnya transistor, komputer generasi kedua ditandai dengan penemuan lain yang mengembangkan memori inti-magnetik , penemuan ini juga yang membuat komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat dan lebih bisa diandalkan dibanding komputer generasi pertama serta lebih hemat energi karena tidak membutuhkan daya sebesar komputer pada generasi pertama.

Komputer awal pada generasi kedua ini adalah superkomputer dari IBM yang bernama Stretch dan superkomputer dari Sprey-Rand yang bernama LARC. Kedua merk komputer ini dikembangkan untuk laboratorium energi atom.Namun komputer-komputer tidak terlalu populer karena harganya yang terlalu mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis.

Pada awal tahun 1960-an, IBM kembali mengeluarkan komputer dari generasi kedua yang diberikan nama IBM 1401. 1405 inilah yang mulai diterima secara luas dikalangan industri dan pada tahun 1965 hampir seluruh bisnis-bisnis besar sudah menggunakan komputer dari generasi kedua ini untuk memproses informasi keuangan. Pada generasi kedua ini sudah mulai muncul dua bahasa pemograman yaitu Common Business Oriented Language (COBOL) dan juga Formula Translator (FORTRAN).

Sejarah komputer generasi kedua mulai populer pada awal tahun 1960-an. Beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya: 
• Sudah menggunakan transistor untuk sirkuitnya. Transistor dikembangkan di Bell Laboratories tahun 1947.
• Lebih kecil, cepat, dapat diandalkan, dan hemat energi dibanding generasi komputer pertama.
• Menggunakan bahasa assembly yang terdiri dari singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.

Contoh komputer generasi kedua yang dikembangkan saat itu adalah IBM 1401. Sejak tahun 1965, sebagian besar bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi ini untuk mengolah informasi keuangan.

3. Generasi Ketiga
  
Komputer generasi ketiga ditandai dengan munculnya IC (Integrated Circuit) yang menggantikan peran transistor. Dasar diciptakannya IC adalah karena transistor menghasilkan panas yang sangat besar dan hal itu dapat merusak bagian-bagian internal komputer. IC dikembangkan oleh seorang insinyur di Texas Instrument yang bernama Jack Kilby. Pada awal ditemukan atau diciptakan, IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik kedalam satu piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.

Kemudian para ilmuwan berhasil mengembangkan sehingga IC dapat mengkombinasikan lebih banyak komponen-komponen elektronik di dalamnya. Hal ini lah yang membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil lagi karena komponen-komponen komputer dipadatkan kedalam IC. Di generasi ketiga ini pula mulai ditemukan Operating System (OS) yang membuat komputer bisa melalukan beberapa tugas berbeda dalam waktu bersamaan atau dikenal dengan sebutan multi-tasking. Contoh komputer yang muncul di generasi ketiga ini diantaranya adalah IBM/30, UNIVAC 9000, UNIVAC 1108, GE 600.

4. Generasi Keempat
  
Setelah ditemukannya IC pada generasi komputer ketiga,  inovasi selanjutnya yang ditemukan di generasi keempat adalah Large Scale Integration (LSI) . LSI itu sendiri merupakan gabungan atau penyatuan beribu-ribu IC pada suatu kepingan yang biasa disebut juga dengan sebutan CHIP. Adapun conth-contoh komputer yang lahir pada generasi keempat yaitu IBM 370, Apple I, Aplle II, dan juga Vizicalc Altair. Komputer-komputer tersebut sudah menggunakan processor 8080 yang dikenalkan oleh perusahaan Intel pada tahun 1974.

Dengan pemadatan IC kedalam suatu CHIP, yang IC itu sendiri merupakan gabungan dari komponen-komponen elektronik, semakin memperkecil ukuran dari satu komputer yang ada di generasi keempat. Perkembangan komputer yang sedemikian rupa ini, membuat semakin banyak orang yang mulai menggunakan komputer. Tidak hanya untuk urusan bisnis, di generasi keempat ini komputer sudah mulai digunakan masyarakat umum untuk berbagai urusan seperti pendidikan dan lain sebagainya.Dan di generasi keempat ini pula mulai muncul lah produsen-produsen komputer yang menawarkan komputer ke masyarakat luas. Komputer-komputer yang kita pakai saat ini merupakan komputer generasi keempat dengan segala perkembangan-perkembangannya baik dalam segi fisik, fungsi serta efisiensi dibanding komputer-komputer pada awal generasi keempat.

Saat ini, generasi komputer kelima masih dalam tahap perancangan atau dengan kata lain generasi komputer kelima ini adalah proyeksi komputer di masa depan. Jepang adalah negara yang terkenal paling ‘ngotot’ untuk menciptakan komputer generasi kelima ini. Ada satu lembaga khusu bernama ICOT (Institute For New Computer Technology) yang dibentuk untuk mewujudkan komputer generasi kelima ini. Untuk generasi kelima ini, komputer kedepannya diharapkan mampu untuk melakukan interaksi dengan manusia, interaksi yang dimaksud di sini adalah berkomunikasi dengan manusia dan mampu menerima masukan visual dari manusia. Mungkin gambaran dari komputer generasi kelima dapat kita lihat di film Ironman atau film-film fiksi lainnya yang menggambarkan komputer-komputer yang super canggih.

Sejarah komputer genarasi keempat (1971), beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
• Mulai dikembangkan komputer micro yang menggunakan prosesor dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan oleh Intel (Intel 8080).
• Mulai digunakannya LSI (Large Scale Intergartion) yang merupakan pemadatan beribu-ribu IC (Integrated Circuit) dalam sebuah chip. Kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration). 
• Pada generasi ini hampir sebagian besar komputer telah menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Grapihical User Interface). Seperti sistem operasi Microsoft Windows buatan Microsoft Corp.

5. Komputer Generasi V
  
Sejarah komputer  generasi V dikembangkan sejak tahun 1985, beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:

• Di Jepang didirikan ICOT (Institute for new Computer Technology) untuk mengembangkan komputer generasi kelima, yaitu menciptakan komputer yang powerfull dan intelligent.
• Dikembangkannya sistem komputer yang memiliki unsur artificial intelligence yang dapat mengerjakan tugas dengan karakteristik seperti manusia (intelligent, imagination, dan intuition) dengan natural language (bahasa sehari-hari).
Nah, sekian dulu artikelnya dan nantikan update-an selanjutnya…

Uploaded By Haris HR.
Material By Hermon K.

Sumber:
– http://www.ilmusiana.com/2015/09/sejarah-komputer-dan-perkembangannya.html 
– http://bilkonet.blogspot.co.id/2017/01/pengertian-dan-sejarah-komputer.html

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *