Flat Design

Hi! teman semua, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tentang flat design. Nah, langsung saja kita baca pengertian flat design dibawah ini.

1. Pengertian Flat Design
Flat desain ini adalah desain yang menggunakan teknik dasar menghilangkan karakter gaya seakan-akan mengambang di tampilan gambar, yaitu menghilangkan teknik gambar seperti gradasi, tekstur dan karakter desain 3 dimensi lain. Walaupun menghilangkan beberapa karakter 3 dimensi, flat design tidak kalah menariknya dengan teknik desain yang lain, kelebihannya terdapat pada pemilihan warna yang simple namun menarik, bentuk yang sederhana, tata letak dan pemilihan font yang khusus sehingga tidak terkesan tua atau retro. Sehingga di era sekarang ini banyak digunaka untuk pembuatan tampilan aplikasi, mobile interface, logo, serta icon.
Teknik flat desain sangat menggunakan permainan warna yang atraktif dan menarik, sehingga pewarnaan flat desain ini tidak mudah untuk di pilih karena dibutuhkan warna yang pas dengan tema juga efektif dengan temanya pula. Penggunaan bentuk dalam pembuatannya pun tidak bisa dianggap remeh, walaupun simple tetapin harus tetap menarik untuk dilihat. Dalam konteks font pun harus diperhatikan agar tidak terjadi kontra dengan warna dan bentuknya.

Desain ini sangat menghindari penggunaan warna hitam dan putih, berbeda dengan saudaranya yaitu metrodesign. Terkadang memang terlihat warna putih, tetapi bila di fokuskan lagi warna tersebut adalah warna abu.

2. Sejarah Flat Design
Awalnya flat design merupakan seni terapan yang berasal dari Swiss atau Swiss Design yang diperkenalkan dan terkenal sekitar tahun 1940-1950an. Seni Desain Swiss ini memfokuskan diri dari beberapa aspek desain yaitu Grid, Typography sans-serif, dan juga Hirarki konten tata letak yang bersih. Desain ini bercirikan penggunaan worksheet yang besar namun konten dan fontnya di tampilkan secara minim, sederhana dan tertata. Seiring perkembangan zaman pada tahun 1980 desain ini mengalami perubahan dan perkembangan sehingga pada tahun ini mulailah muncul Flat Desain. Flat desain mulai tampil pertama kali pada tahun 1980 ini. Sampai pada tahun 2014 mulai berkembang lebih pesat dan lebih terkenal serta banyak digunakan dalam desain desain website, poster, karakter, UI mobile, aplikasi, dan lainnya. Penggunaan flat desain pun seringkali dipakai dalam mendesain animasi-animasi zaman sekarang, seperti penggunaan dalam motiongraph.

Nah, sekian dulu dan nantikan update-an selanjutnya…

Uploaded By Haris HR.

Material By Ngotinggo J.

Sumber: http://www.seameant.com/2016/10/pengertian-sejarah-dan-contoh-flat.html

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *