Definisi & Fungsi Adobe Illustrator


Hi! Teman semua, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan Definisi & Fungsi dari Adobe Illustrator. Nah, langsung saja kita liat dibawah ini.

Mengenai arti dari Adobe Illustrator (AI). Adobe Illustrator merupakan aplikasi untuk mengolah serta mengedit desain atau gambar vektor, dimana aplikasi ini dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems. Adobe Illustrator tersedia di komputer, yang berarti aplikasi ini tidak bisa digunakan di perangkat lain seperti handphone, tablet, dan perangkat lainnya.

Kini Adobe Illustrator sudah merilis versi terbaru, yaitu Illustrator CC, Illustrator CC merupakan generasi ke-17.

Adobe Illustrator pertama kali dikembangkan untuk komputer Apple Macintosh pada Desember 1986 dan dirilis pada Januari 1987. Pada waktu itu Adobe Illustrator adalah produk pendamping dari Adobe Photoshop. Mengenai sejarah tentang Adobe Illustrator bisa dilihat di Sejarah Adobe Illustrator.

Berbeda dengan Adobe Photoshop, Adobe Photoshop merupakan aplikasi pengolah gambar raster atau bitmap. Cara mengetahui apakah suatu gambar merupakan gambar vektor atau gambar raster adalah dengan cara diperbesar (zoom ataupun scale).

Jika gambar telah diperbesar dan terlihat pecah-pecah, maka gambar tersebut termasuk jenis gambar raster. Jika gambar tidak terlihat pecah-pecah maka gambar itu adalah gambar vektor.

Memang Adobe Illustrator tidak seterkenal saudaranya Adobe Photoshop, tetapi mereka berdua memiliki kesamaan fungsi yaitu sebagai alat pembuat, pendesain, pengedit gambar. Adobe Illustrator mengolah gambar berjenis vektor, dimana gambar tersebut akan tetap bagus walaupun dilakukan proses zooming atau scaling (diperbesar)

Kegunaan / Fungsi Dari Aplikasi / Software Adobe Illustrator
Memang Adobe Illustrator (AI) tidak seterkenal saudaranya Adobe Photoshop, tetapi mereka berdua dibuat oleh Adobe Systems dengan memiliki kesamaan fungsi yaitu sebagai alat pembuat, pendesain, pengedit gambar. Adobe Illustrator mengolah gambar berjenis vektor, dimana gambar tersebut akan tetap bagus walaupun dilakukan proses zooming atau scaling (diperbesar).

Karena Adobe Illustrator mengolah gambar berjenis vektor, maka Adobe Illustrator secara tidak langsung mempunyai kegunaan untuk memproduksi hasil karya yang khusus, yaitu gambar dengan tipe vektor. Hasil karya yang dimaksud misalnya seperti pembuatan logo perusahaan, media promosi, media promosi bisa berbentuk hasil print maupun dalam bentuk digital.

Jadi fungsi dan kegunaan dari aplikasi Adobe Illustrator sangat banyak, jika kita lihat dari beberapa hasil karya yang disebutkan tadi. Mungkin anda masih belum paham karena di situ hanya disebutkan dalam segi sempit beberapa hasil karya yang bisa dibuat dengan Adobe Illustrator, kalau diperluas atau secara umum maka hasil karya yang bisa dibuat oleh Adobe Illustrator, sebagai berikut :
  1. Grafik.
  2. Watermark.
  3. Desain aplikasi.
  4. Logo perusahaan.
  5. Logo website / blog.
  6. Banner / spanduk.
  7. Desain gambar.
  8. Ikon aplikasi.
  9. Desain kaos.
  10. Wallpaper.
  11. Diagram
  12. Ilustrasi.
  13. Kartun.
  14. Tabel.


Itulah beberapa hasil karya yang bisa dibuat dengan menggunakan Adobe Illustrator dan pastinya masih banyak hasil karya lainnya.

Kita lihat seperti ikon aplikasi atau logo website / blog, hasil karya tersebut harus bisa diperbesar ataupun diperkecil, untuk ikon aplikasi diperlukan ukuran tertentu pada tampilan desktop, begitu juga untuk tampilan di Start Menu, atau di Explorer, itu semua memerlukan ukuran gambar yang berbeda-beda.

Untuk logo website / blog, ukuran yang berbeda-beda diperlukan, seperti di ikon browser atau yang biasa disebut sebagai favicon, di logo itu sendiri, ataupun di tombol menu maupun tombol biasa.

Oleh karena itulah desain gambar bertipe vektor diperlukan, untuk mendesainnya kita bisa pergunakan aplikasi Adobe Illustrator. Selain Adobe Illustrator, ada aplikasi terkenal lainnya sebagai pengolah gambar vektor, yaitu Corel Draw.

Terima Kasih telah berkunjung dan nantikan update-an selanjutnya…

Uploaded By Haris HR.
Material By Faizal N.

Sumber: http://www.ardilas.com/2015/05/apakah-itu-definisi-pengertian-dari-software-aplikasi-adobe-illustrator-adalah-merupakan.html

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

3 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *