Cara Mengedit Video Menggunakan Movie Maker dengan Mudah (Untuk Pemula)


Cara Mengedit Video Menggunakan Movie Maker dengan Mudah (Untuk Pemula)

      Selain mampu membuat video fungsi lain dari Windows Movie Maker adalah melakukan pengeditan video dengan tujuan sedikit memberikan perubahan pada video tersebut. Selain diimplementasikan pada video yang dibuat, pengeditan juga bisa dilakukan pada video yang sudah ada sebelumnya.
       Salah satu keunggulan dari Windows Movie Maker adalah ringan serta penggunaannya yang sangat mudah, termasuk juga jika anda ingin mengedit video. Bisa saja dengan menambahkan efek – efek, teks atau title, transisi dan masih banyak lagi. Semua itu sudah tersedia dalam masing – masing tools sehingga anda hanya perlu mengklik dan mengatur sesuai keinginan.

Cara Mengedit Video untuk Pemula

     Dalam artikel kali ini penulis hanya akan mengulas tutorial mengedit video dengan maksud untuk menambahkan teks dan efek – efek khusus pada masing – masing bagian video. Langsung saja untuk mempersingkat kami akan mengedit pada video yang sudah ada, tentunya dengan memanfaatkan fasilitas Import yang sudah disediakan. Untuk langkah – langkah cara mengedit video dengan movie maker bisa anda simak dibawah ini :
1. Pertama tentu saja anda buka dan jalankan Windows Movie Maker. Dibawah ini adalah tampilan awal Windows Movie Maker pada versi portable yang kami gunakan. Terdapat sedikit perbedaan namun dalam segi kualitas cara kerjanya pastinya tidak kalah dengan versi yang sudah terinstall.
2. Karena menggunakan video yang sudah ada, anda hanya perlu memasukkan atau biasa disebut dengan Import video yang akan diedit ke layar kerja Windows Movie Maker. Tunggu beberapa saat.
3. Setelah proses Import video selesai anda dapat melihat pada layar kerja. Biasanya tampilan video sama seperti pada umumnya namun pada versi yang kami gunakan terbagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan durasi dan ukuran.
4. Anda dapat melihat menu Edit Movie yang terletak tepat dibagian kanan tampilan dan dibawah menu Capture Video. Di menu Edit Movie ini anda dapat melihat berbagai macam opsi pengeditan video.
5. Namun wajib anda ketahui pengeditan dilakukan pada Timeline, bukan pada layar kerja Windows Movie Maker. Oleh karena itu sebelumnya drag sebagian atau sepenuhnya Video yang ada di Colections ke arah Timeline lalu tunggu beberapa saat.

6. Yang pertama adalah menambah teks pada video. Setelah ditempatkan di Timeline anda dapat melihat video terpecah menjadi beberapa bagian sesuai ketentuan Windows Movie Maker. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengeditan yang dilakukan hanya pada bagian – bagian tertentu saja.
7. Pilih salah satu atau beberapa bagian video yang ingin anda masukkan teks atau bisa juga dengan mengklik pada kisaran waktu yang ada di Timeline kemudian pilih Make Titles or Credits.
8. Setelah di klik maka akan muncul beberapa pilihan untuk menentukan penempatan teks atau titles. Anda dapat memilih sesuai keinginan.
  • title at the beginning: text di awal video
  • title before the selected clip: text sebelum clip
  • title on the selected clip: text pada clip yang dipilih
  • title after the selected clip:  text sesudah clip
  • credits at the end:  text di akhir video

  • 9. Setelah itu tuliskan teks sesuai keinginan serta atur juga besar kecilnya, warna dan lain – lain dengan mengklik menu di More Options. Setelah dirasa sesuai klik Done, add title to movie.
  • 10. Yang kedua adalah menambahkan efek – efek ke dalam video. Sama halnya di menambah teks anda dapat memilih bagian – bagian tertentu yang ada di Timeline kemudian klik View Video Effects.

11. Setelah itu anda akan disajikan pilihan – pilihan efek yang anda di Windows Movie Maker. Anda dapat memilih salah satu atau beberapa sesuai keinginan. Namun disini peletakan efek tidaklah sama seperti pada teks sebelumnya. Drag salah satu efek ke bagian video yang ada di Timeline.
12. Jangan lupa setelah selesai klik Publish atau Save to My Computer untuk menyimpan file video hasil pengeditan anda.

Cara Mengedit Video Menggunakan Movie Maker

1. Buka Program

Untuk memulai proses editing, silakan kamu buka program Movie Maker. Setelah terbuka, kamu bisa memulai proses pembuatan video atau mengedit video dengan mengeklik menu File > New Project. Sementara jika kamu belum memiliki software Movie maker, kamu bisa mendownloadnya melalui link di bawah ini.

2. Tampilan depan Movie Maker

2.
Pada bagian interface (muka), kamu bakal disuguhi halaman seperti pada gambar di atas. nah, dari gambar di atas, setidaknya ada 3 bbagian besar yang ada di Movie Maker. Yaitu:
  • Bagian ini adalah bagian paling atas pada tampilan. kamu bisa menemukan berbagai menu edit di bagian itu. Seperti transitions, effects, captions, audio levels, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menambahkan Video, foto, dan audio melalui tool yang ada di Ribbon. Termasuk juga simpan cepat video yang telah kamu edit.
  • Preview Window. Bagian di samping kiri kamu di bawah Ribbona dalah Preview Window. Pada bagian inilah kamu bisa lihat video yang kamu buat dan kamu simpan. Termasuk juga memutar video sementara.
  • Storyboard atau Timeline. Bagian ini terletad di bawah Ribbon di samping kanan. Bagian ini menampilkan urutan video dan juga klip video yang di import. Storyboard adalah temapt dimana kamu bisa mengatur klip, memotong dan mengurutkanya kembali.

3. Upload Video atau Foto

Cara mengedit video menggunakan Movie maker berikutnya tentu harus ada video atau foto yang tersedia. Nah, untuk menyediakan video atau foto, kamu bisa menguploadnya melalui beberapa cara:
  • Upload video dari Kamera Digital Vidio (DV). Untuk kamu yang memiliki video di dalam kamera digital, kamu dapat menghubungkan kamera tersebut dengan komputer melalui koneksi IEEE 1394 atau koneksi USB 2.0 dan mengatur kamera untuk memutar rekaman video.
3
  • Upload video atau foto dari file Manager. Selain melalui kamera digital, cara paling mudah adalah mengambil video atau foto yang telah tersimpan di file manager. Kamu bisa menambahkanya ke Movie maker dengan mudah. kamu cukup klik Add videos and photosdan pilih video atau foto yang ingin kamu edit di Movie maker.
4

4. Memotong Klip

5
Cara mengedit video menggunakan Movie Maker berikutnya adalah memotong video menjadi beberapa bagian. Silakan kamu pilih menu Video tolls lalu klik pada bagian edit. Disitu ada bagian Split. Tariklah video yang sudah terbagi dalam tata urutan yang kamu kehndaki. Kamu bisa membuang bagian yang tidak ingin kamu tampilkan, menyisipkan transisi lain dan sebagainya.

5. Pemangkasan klip (Trimming clips)

6
Pemangkasan klip (trimming clips) adalah alat berharga jika kamu ingin menyingkirkan bagian klip, tetapi tidak menghapusnya. Trims Tool Movie Maker memungkinkan kamu untuk memilih klip dalam urutan yang kamu inginkan dan akan mengabungkanya dari awal hingga akhir untuk membentuk urutan baru.

6. Menyesuaikan level audio

7
Kamu juga bisa membuat tingkat audio untuk setiap klip memiliki konsistensi yang sama. Untuk mengubah tingkat audio dari klip, tekan Edit pada bagian menu Video dan pilih Volume video. Kamu juga bisa menyesuaikan dimana audio bakal ditampilkan.

7. Menambahkan Transisi

8
Untuk menambahkan transisi, kamu hanya perlu memilih klip dan klik pada tab Animasi pada toolbar untuk membuka pilihan transisi.

8. Menambahkan Efek

9
Movie Maker juga dilengkapi dengan berbagai pilihan visual efek. Terletak di bawah tab Visual Effects pada toolbar, ada sejumlah efek yang bisa kamu pilih.

9. Menghilangkan Transisi dan Efek

10
Cara mengedit video menggunakan Movie Maker juga memungkinkan kamu untuk menghilangkan transisi dan efek yang sudah kamu buat. Untuk menghilangkan transisi yang salah, kamu tinggal klik bagian Animation, lalu pilih No transition. Sama juga untuk menghilangkan efek.

10. Menambahkan Judul Vidio

11
Untuk menambah dan mengedit video dengan judul, kamu bisa mengeklik pada bagian home. Lalu cari Title. Ini akan menambahkan halaman hitam dan slide caption untuk diedit di halaman depan klip yang telah kamu pilih. Cukup tambahkan judul yang sesuai di dalam kotak teks kemudian klik keluar dari slide dan kamu baru saja membuat sebuah halaman judul.

11. Menambahkan Captions

12
Jika kamu ingin menambahkan judul pada page tertentu, atau menambahkan teks pada video yang kamu buat. Kamu bisa melakukanya. Klik saja baian Caption yang terletak di bagian bawah Home. Dengan begitu akan disediakan tempat untuk kamu beri captions.

12. Finishing: Pilih membagikanya di media sosial atau menyimpanaya di komputer

13
Ada dua pilihan yang bisa kamu pilih jika kamu telah selesai mengedit dan membuat video. Kamu bisa membagikanya di akun sosial kamu, atau hanya sekadar menyimpanya saja di komputer.
Jika kamu memilih membagikanya, Movie Maker langsung terhubung dengan FaceBook, YouTube, Vimeo, or Flickr Movie Maker’s. Pada bagian Home terlihat beberapa pilihan media sosial untuk membagikan video buatan kamu. Silakan klik mana yang ingin kamu gunakan.
14
Sementara jika kamu ingin hanya sekadar menyimpan video. Kamu juga bisa melakukannya. Kamu hanya perlu klik pada bagian Save Movie disebelah kanan Share. Dengan begitu kamu akan di arahkan ke tempat dimana kamu bakal menyimpan video atau klip buatan kamu

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *