Blender 3D Interface Guide

Hi! Teman-teman, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan menu interface Blender 3D. Nah, langsung saja kita lihat di bawah ini.


1. Viewport
Tempat dimana semua hal yang kita lakukan diblender akan ditampilkan. Baca lebih lanjut disini.

2. Infobar
Tempat dimana kita melihat Info seperti versi Blender, jumlah Object, Faces, File, Window dan lain-lain.

3. Viewport Properties
Disini, kita dapat melihat dan mengatur hal-hal yang berhubungan dengan Object dan Viewport seperti mengatur lokasi Object(location). Shortcut untuk Viewport properties adalah N.

4. Properties Panel
Di Properties panel, terdapat banyak menu dan sebaginya yang akan sering kita pakai. Disini, kita dapat mengatur hal yang berhubungan dengan banyak hal seperti Background, Lighting, Modifiers, Effect, Camera dan lain-lain. Intinya panel ini akan sering kita pakai, perlahan kita akan paham kegunaannya, karena ini salah satu hal crucial dalam menguasai Blender.

5. Outliner
Disini kita bisa melihat Scene dan Object kita. Didalam Outliner, kita bisa membuat Object tidak terlihat(Hide), tidak bisa digerakkan(Lock) dan menyembunyikan barang dari hasil render.

6. Timeline
Terletak dibawah Viewport. Digunakan untuk animasi, cara kerjanya sama seperti di Adobe Flash dan aplikasi animasi lain baik 2D maupun 3D, jadi bagi yang berpengalaman, meski sedikit akan tahu kegunaannya. Seperti mengatur jumlah Frame, Keyframe, memutar animasi, Marker dan lain-lain.

Nah, sekian dulu dan nantikan update-an selanjutnya…

Uploaded By Haris HR.
Material By Ngotinggo J.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *