20 Jenis Film & Penjelasannya

Hi! teman-teman pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tentang 20 jenis film dan juga penjelasannya. Genre film adalah kategori, jenis, klasifikasi film berdasarkan alur cerita, kejadian, adegan, dan tokoh tertentu yang mendominasi film tersebut. Dalam perkembangannya, hingga kini sangatlah banyak jenis – jenis film yang dapat kita kelompokkan. Untuk itu, berikut adalah 21 jenis genre film beserta penjelasannya.

1. Genre Action (Aksi) / Film Laga
Film action adalah jenis film dimana sebagian besar keseluruhan tokoh terlibat dalam sebuah scene atau adegan yang bersifat kontak fisik berupa perkelahian, saling mengejar, ledakan, baku tembak, dan lain sebagainya.

2. Genre Adventure (Pertualangan)
Film adventure adalah jenis film dimana tokoh utama berfokus pada alur cerita berupa pertualangan, tantangan, dan teka – teki dalam setiap adegan yang ada.

3. Genre Animation (Animasi)
Secara umum film animasi sama persis dengan genre film lainnya, yang membedakan adalah film animasi tidak berupa “manusia nyata” melainkan tokoh dan karakter manusia yang digambarkan dalam sebuah kartun baik itu 2D maupun 3D, tetapi tetap biasanya di-dubbing oleh tokoh manusia nyata.

4. Genre Biography (Biografi)
Film biografi adalah jenis film yang menceritakan sejarah, pejalanan hidup, karir, atau apapun yang berfokus pada seorang tokoh, ras, kelompok, kebudayaan tertentu. Dapat dipastikan bahwa film biografi merupakan kisah nyata yang diceritakan kembali dalam sebuah film.

5. Genre Comedy (Komedi) / Film Lucu
Film comedy adalah jenis film dimana alur & tempat cerita, scene,  properti, dan tokoh yang bermain menitikberatkan dan bersifat kelucuan (lucu), sehingga mengundang ekspresi berupa tertawa.

6. Genre Crime / Film Kriminal
Film kriminal adalah jenis film dimana alur cerita, permasalahan, konflik, dan tokoh merupakan bagian dari suatu tindakan yang melawan hukum (kriminal), biasanya dipastikan film ini selalu berdampingan dengan genre action.

7. Genre Documentary / Film Dokumenter
Film dokumenter adalah jenis film yang berisi peristiwa penting dari sebuah kejadian nyata pada waktu tertentu. Film dokumenter hampir mirip dengan film biografi, salah satu bedanya film dokumenter biasanya tidak diperankan oleh tokoh pemeran tertentu melainkan berupa penggambaran.

8. Genre Drama
Film drama adalah jenis film yang mengandung sebuah alur, tokoh, dll. yang memiliki tema tertentu berupa percintaan, kehidupan, sosial,  dan lain sebagainya bahkan film perang sekalipun.

9. Genre Family / Film Keluarga
Film keluarga adalah jenis film yang memfokuskan pada kehidupan yang terjadi dalam sebuah keluarga. Genre film keluarga memastikan bahwa setiap “anggota keluarga” dapat menonton dan menikmati film yang bersifat “mempersatukan” dalam lingkup keluarga.

10. Genre Fantasy (Fantasi)
Film fantasi adalah jenis film dimana setiap unsur dalam film tersebut merupakan hasil dari khayalan, imajinasi dari pembuatnya yang bersifat menghibur.

11. Genre History (Histori / Sejarah)
Film histori adalah jenis film yang sebagian besar alur ceritanya mengisahkan masa lalu sesuai peristiwa yang telah terjadi dan menjadikannya sebuah “sejarah”.

12. Genre Horror (Horor) / Film Horor
Film horor adalah jenis film yang menitikberatkan pada alur dan adegan yang bersifat menyeramkan, menakutkan, dan memicu adrenalin para penonton.

13. Genre Musical (Musikal)
Film musical adalah jenis film yang dipastikan setiap kejadian utama, ekspresi, atau apapun diungkapkan melalui sebuah musik (bernyanyi) disertai drama adegan tertentu.

14. Genre Mystery (Misteri)
Film misteri adalah jenis film yang menitikberatkan pada alur cerita penuh teka – teki untuk mengungkap suatu permasalahan tertentu.

15. Genre Romance (Romantis)
Film romastin adalah jenis film yang berfokus pada adegan dan tokoh yang bersifat romantis (percintaan), biasanya dipastikan selalu berdampingan dengan genre drama.

16. Genre Sci-Fi (Science Fiction) / Film Fiksi Ilmiah
Film Sci-Fi adalah jenis film fantasi imajinasi yang bersifat ilmu pengetahuan yang sedang berkembang dan biasanya masih belum terbukti (nyata). Kisah utamanya merupakan pengembangan secara imajinasi sesuatu yang bisa terjadi secara nyata dari suatu teknologi pengetahuan tertentu.

17. Genre Thriller
Film thriller adalah jenis film yang dipenuhi dengan aksi menegangkan dan menebarkan. Tokoh utama berpacu dalam sebuah kejadian terhadap waktu dan tantangan tertentu.

18. Genre War (Perang)
Film perang adalah jenis film dimana alur cerita, latar belakang, adegan, dan tokoh terlibat dalam sebuah peperangan tertentu. Peperangan dapat berupa antar negara atau bahkan hanya misi terhadap kelompok tertentu.

19. Genre Western (Barat)
Film western adalah jenis film yang berkaitan dengan suku dan kehidupan di Amerika pada zaman dahulu. Biasanya berupa tokoh koboi topi berkuda dan sherif dalam aksi tembak menembak yang klasik.

20. Genre Sport / Film Olahraga
Film olahraga adalah jenis film dimana alur cerita, adegan, dan tokoh selalu bergelut dengan kehidupan sebuah olahraga tertentu.

Nah, sekian dulu untuk saat ini dan nantikan artikel selanjutnya…
Uploaded By Haris HR.
Material By Ngotinggo J.

Sumber: https://www.octamovie.com/jenis-film-dan-penjelasannya-lengkap/

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *