Media Sosial: Baik atau Buruk?

Berkomunikasi melalui media sosial dengan menggunakan gawai yang dimiliki kini sudah menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari semua orang. Entah itu hanya untuk berbincang degan kasual ataupun untuk saling bertukar informasi mengenai pekerjaan. Di era globalisasi seperti ini rasanya mustahil untuk meninggalkan smartphone di rumah dan menghabiskan hari tanpa membuka media sosial.

Berdasarkan riset, sekitar 40% dari populasi manusia di bumi menghabiskan rata-rata dua jam untuk membuka media sosial. Hal ini tentu pada akhirnya menimbulkan pertanyaan di benak semua orang, apakah media sosial merupakan hal yang baik atau buruk? Tentu saja semua hal di dunia memiliki sisi baik dan buruk, bergantung pada perspektif atau sudut pandang yang digunakan untuk melihatnya.

Di artikel ini, Yesternight.id sudah merangkum sisi baik dan buruk dari penggunaan media sosial.

 

Sisi Baik

Media sosial mampu meningkatkan komunikasi antar individu maupun kelompok. Sama seperti internet, media sosial membantu orang untuk bertukar informasi tanpa harus bertemu secara langsung. Jika digunakan dengan benar, media sosial dapat digunakan sebagai tempat untuk menyebarkan berita yang ada di seluruh penjuru dunia. Media sosial juga mampu meningkatkan kesadaran penggunanya terhadap isu-isu sosial maupun lingkungan yang sedang terjadi. Orang juga bebas untuk mengemukakan opininya melalui media  sosial terkait isu atau permasalahan yang sedang terjadi.

Bagi beberapa orang juga, media sosial dapat menyadarkan mereka untuk lebih peduli terhadap diri sendiri. Isu kesehatan mental yang dewasa ini semakin marak diperbincangkan salah satunya. Gerakan mental health awareness semakin banyak disebarkan dan ini membuat orang-orang semakin peduli terhadap satu sama lain. Gerakan yang banyak disebarkan melalui media sosial ini juga mampu mengurangi judgment masyarakat terhadap mereka yang pergi ke psikolog dan psikiater.

Media sosial juga mempermudah mereka yang sedang menjalankan bisnis. Promosi yang dapat dilakukan tanpa memerlukan biaya tinggi ini tentu membantu mereka yang menjalankan bisnis kecil-kecilan. Pebisnis itu juga dapat mendapatkan feedback dari penggunanya secara cuma-cuma melalui kolom komentar yang biasanya tersedia di berbagai platform media sosial.

 

Sisi Buruk

Berita palsu dan informasi yang salah atau biasa disebut dengan hoaks mudah sekali menyebar di media sosial. Bahkan tak jarang, orang terutama mereka yang sudah berusia lanjut atau biasa disebut boomer langsung memercayai berita dan informasi tersebut. Tentu saja hal ini dapat menyebabkan kesalahpahaman yang cukup besar. Terlebih lagi apabila mereka langsung meyebarkan berita dan informasi tersebut lebih luas lagi.

Penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan. Terkadang tanpa disadari, orang mampu menghabiskan lebih dari lima jam dalam satu hari untuk menggunakan media sosial. Entah itu untuk mengunggah sesuatu, memberikan komentar, menyebarkan dan menyukai unggahan orang lain, atau hanya sekadar scroll. Kecanduan ini bisa mengurangi produktivitas seseorang dan meningkatkan rasa malas. Hal ini tentu sangat buruk terutama jika menyebabkan pekerjaan menjadi tertunda.

Sisi terburuk dari media sosial adalah adanya cyberbullying atau perundungan dunia maya. Memang tidak ada batasan untuk orang mengunggah segala macam hal yang diinginkan, akan tetapi orang jahat masih tetap ada di media sosial sekalipun. Komentar-komentar jahat tak jarang ditinggalkan orang tak bertanggung jawab entah itu ditujukan kepada public figure bahkan orang biasa. Melalui media sosial juga, orang dapat menyebarkan informasi yang salah mengenai seseorang dan melakukan cyberbullying.

Baik atau buruknya media sosial bergantung pada bagaimana cara setiap individu menggunakannya. Terlepas dari sifat individu yang berbeda, sebagai manusia tentu sudah menjadi kewajiban untuk saling mengingatkan dengan cara yang baik. Gunakan media sosial sebaik mungkin agar mendapatkan manfaat yang baik juga.

 

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. Berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar