Instagram Marketing 101: Hashtag

Pernahkah kamu scrolling instagram dan menemukan tulisan seperti ini diakhir postingan?
‘#Vintage’ atau ‘#hiking’, atau ‘#OOTD’.

Sering kan? Ini disebut hashtag atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan tagar. Tagar ini pertama kali digunakan oleh seseorang bernama Chris Messina di platform Twitter sebagai penanda bagi suatu cuitan yang berhubungan pada suatu topik tertentu. Maka tak jarang, kita trending page di twitter berisi tanda tagar mulai dari idol Korea, hingga masalah politik Indonesia.

Nah dalam artikel ini, penulis ingin mengajarkan bagaimana hashtag dalam instagram dapat digunakan sebagai alat marketing yang murah dan efisien. Juga bagaimana strategi penggunaan hashtag atau tagar yang tepat untuk memperluas demografik produk sekaligus tidak tenggelam dalam postingan-postingan lain. Yukk… cekidot.

Sumber: Pexel

Bagaimana hashtag bekerja di instagram

Penulis, bagaimana sih hashtag itu bekerja kok aku jarang lihat yah di postingan teman-teman ku? Iya karena hashtag ini tersembunyi dibawah postingan. Dan biasanya postingan yang menggunakan hashtag merupakan akun bisnis ataupun akun yang sedang melakukan endorse. Hashtag di instagram itu bekerja sama dengan twitter (minus dari tingkatan trendingnya), jadi ketika kita harus mencari hashtag tertentu melalui kolom search atau mencari. Setelah mengetik hashtag di kolom pencarian,Instagram akan memunculkan beberapa postingan dengan menggunakan hashtag tersebut di postingannya. Postingan-postingan ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu:

  • Top Post, menampilkan postingan yang menggunakan hashtag tersebut yang memiliki engagement terbanyak. Biasanya merupakan postingan endorse atau dari brand yang memiliki pengaruh yang besar.
  • Most-recent atau terbaru, menampilkan postingan dari semua pengguna instagram yang menggunakan hashtag tersebut dan diurut berdasarkan waktu postingannya.

Sumber: Pexel

Baca juga: Cara untuk mengurangi guncangan ketika mengambil gambar

Manfaat hashtag di instagram sebagai alat marketing

Mencantumkan hashtag tidak hanya membuat postingan kita lebih mudah ditemukan, tetapi juga meningkatkan jumlah muncul postingan di beranda. Nah berikut beberapa manfaat dari menggunakan hashtag di postingan kamu

  • Meningkatkan engangement postingan kamu dan juga akunmu. Kok bisa? Karena dengan mencantumkan hashtag, postingan secara otomatis terlibat dalam percakapan mengenai sebuah topik hashtag, dengan adanya postingan anda di hashtag tersebut maka postingan kamu dapat terlihat oleh orang yang bukan followers akun kamu. Juga meningkatkan jumla like, share, komentar, dan lebih baik lagi followers baru. Ningkatin jumlah engangement juga dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas konten kamu, lihat caranya
  • Kesempatan untuk membangun brand kamu; lah apa bedanya dengan yang tadi penulis? Beda dong, disini itu ada strategi mini mengenai bagaiman admin akun dapat menggunakan hashtag agar dapat membangun brandnya dan menciptakan citra brand yang terpercaya. Tapi strategi ini akan penulis bahas di artikel selanjutnya. Mengapa penting untuk membangun brand kamu? Baca disini.
  • Membantu target konsumer untuk menemukan brand; Nah untuk para pemula dalam berjualan di instagram, karena belum memilik modal besar untuk memasang iklan apalagi sewa jasa endorser maka para pemula dapat menggunakan dulu marketing melalui hashtag yang tentunya gratis. Tips dan trik dalam marketing instagram akan penulis jabarkan di artikel lanjutan.

Sumber: Pexel

Nah sekarang kamu udah tahu kan, apa itu hashtag dan juga manfaatnya dalam instagram marketing. Selain hashtag ada juga beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan performa konten kamu di media sosial. Semuanya bisa kamu temukan di Yesternight.id. Jangan lupa untuk subscribe di newsletter Yesternight.id karena selain tips marketing, Yesternight.Id juga menyajikan banyak artikel menarik mengenai videografi, fotografi dan juga lainnya yang gak kalah penting dari marketingnya disini.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar