Behind the Scene: Kenapa Video Musik K-Pop Selalu Kece?

Siapa sih yang nggak pernah dengar K-Pop hari gini? Biar kamu bukan fans sekalipun, pasti pernah dong ya dengar lagu bahkan nonton video musiknya. Paling nggak pada awam lah ya dengan nama-nama seperti BTS, BLACKPINK, Super Junior, SNSD, Stray Kids, atau NCT.

Kalau pernah nontonin video musik (MV) mereka nih, sadar nggak kalau MV-nya pada all out, high class, dan pastinya kece abis? Ada aja gitu yang bikin eye-catching dan juga visually pleasing atau enak dan indah banget buat dilihat.

 

Visual Complexity

Pertama-tama, visual nan kompleks inilah yang bikin MV K-Pop selalu menakjubkan dan nggak pernah boring buat mata serta pikiran kita karena banyak yang bisa kita proses dari nontonin MV tersebut.

Video K-Pop selalu shoot di banyak lokasi untuk menghasilkan tampilan performance yang beda-beda. Selain itu, teknik lighting dalam satu video juga bervariasi.

Di sini kita akan simak bedah MV K-Pop oleh youtuber-sinematografer Josh Olufemii yang membahas aspek-aspek apa saja yang bikin produksi video klip K-Pop sedemekian kerennya. Contoh yang dijadikan dalam pembahasan ini adalah MV BLACKPINK โ€“ Whistle (klik judulnya untuk mengarahkan kamu ke videonya ya ;)).

 

  1. Set-up performance yang banyak dan bervariasi

Di MV Whistle yang berdurasi 3 menitan tsb, terhitung ada total 23 shoot performance yang berbeda-beda ๐Ÿ˜ฎ

Ini tentu sangat banyak dibandingkan MV biasanya milik Hollywood, atau juga milik artis-artis di Indonesia. Kebanyakan paling nggak ada 4-5 shoot performance. Dan katanya juga, biasanya editornya butuh sebanyak 20-30 kali nge-cut antara set-up satu dengan lainnya. Hmm, lumayan kan ya untuk MV berdurasi standar 3 menitan.

Bayangin deh berapa kali nge-cut buat MV K-Pop.. ๐Ÿ˜ฎ Nggak heran, hasilnya ya top markotop.

 

  1. Shot build yang kompleks

Setiap shot build yang merupakan set latar dan tempat dalam video klip K-Pop selalu dibikin unik dan stylish, serta realistik. Gini contohnya:

Padahal, itu semua lokasinya ya di studio. Tim produksi yang bikin itu sedemikian rupa hingga terlihat menyerupai lokasi dan tempat aslinya. Bayangin aja props, lighting, hingga pacing shot yang harus mereka adakan dan lakukan. Gila nggak tuh?

 

  1. Komposisi scene yang kompleks

Dari cuplikan โ€˜Whistleโ€™ di atas, mereka jadi kelihatan benaran duduk di atas planet bumi. Kek lagi nyantai di ruang angkasa, lol. Ditambah sinar-sinar dan awan-awan yang bergerak di bumi tersebut.

 

  1. Physical depth

Kalau kamu perhatikan cuplikan di bawah, ada kedalaman dimensi ruangan pada scene tersebut yang bisa kita gali, yaitu foreground (depan), midground (tengah), dan background (belakang).

Ground-ground tersebut bikin kedalaman dimensi ruang jadi terlihat jelas.

 

  1. Lighting depth

Artinya adalah dalam suatu scene ada banyak kontras antara bright light dan dark shadow, seperti yang dijelaskan pada gambar cuplikan berikut ini.

Kontras tersebut akan menciptakan ilusi visual yang memperjelas depth atau kedalaman dimensi pada scene tersebut. Trik ini juga awam digunakan untuk bikin scene yang di-shoot di ruangan yang nggak terlalu luas atau biasa saja menjadi terlihat deep.

 

  1. Color depth

Cara kerja dan efek yang dihasilkannya mirip dengan lighting depth, yaitu bermain di kontras warna.

 

  1. Tema warna

Color theming dinilai paling working dalam video music karena memberikan nilai artistik dan menghasilkan kesatuan warna.

 

  1. Beauty

Ini sih sudah hakiki dalam MV K-Pop, ya: beauty. Semua K-idol dalam MV mereka pasti terlihat mulus, laki-laki maupun perempuan.

Biasanya, mereka menggunakan real make-up, yaitu make-up biasa yang sering digunakan; digital make-up yang menggunakan bantuan editing dan computer; dan soft lighting, di mana artis yang akan di-shoot diposisikan di depan sumber lighting yang besar, misalnya dengan bantuan softbox.

Soft lighting biasanya menghasilkan shadow yang sangat soft hingga bisa menutup ketidaksempurnaan dari kulit dan memberikan hasil yang terlihat smooth.

 

  1. Movement kamera

Komplesitas visual yang disebutkan di awal tadi sangat terbantu dengan movement kamera yang dinamis.

Movement bisa melibatkan pergerakan sumber cahaya atau lighting-nya, gerakan sang artis (mis. dance, berlari, dll), atau sekalian melibatkan movement kamera. Movement tsb bisa menambah layer, emosi atau meaning, hingga fokus terhadap area atau aspek tertentu dalam shot.

 

  1. Transisi

Last but not least, pelengkap MV K-Pop yang bikin makin kece adalah transisi. Contohnya, mereka ambil cut yang sama dari beberapa shot yang biasanya dipakai saat menampilkan bagian koreografi dance-nya.

Contoh lain adalah transisi masked wiped, misalnya mentransisikan shot dari atas dengan dari depan. Seperti ini:

Ada juga transisi datamosh yang menggunakan efek untuk menggabungkan dua scene.

 

 

Ternyata MV K-Pop nggak sekadar bagus gara-gara idolnya good looking, ya. Ada banyak kerja keras di baliknya, mulai dari si idol sendiri sampai seluruh tim produksinya. Tentunya, bedah video K-Pop barusan dapat kamu manfaatkan sebagai tips dan trik sinematografimu.

Kamu bisa cek versi video full dari artikel ini dengan nge-klik di sini, ya. Kulik juga skuy, artikel lainnya dari kami tentang sinematografi, videografi, dan tips-triknya ๐Ÿ˜‰

 

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar