Optimalkan Penggunaan Media Sosial untuk Personal Branding

Media sosial merupakan sesuatu yang tak lagi bisa ditinggalkan terutama pada masa modern dan di tengah pandemi seperti sekarang ini. Komunikasi dan informasi lebih mudah dilakukan dan didapatkan melalui media sosial. Bahkan, dengan terbiasanya kita dalam menggunakan media sosial, satu hari tanpa media sosial dapat terasa seperti bertahun-tahun.

Daripada hanya membuang waktu dengan scroll dan melihat postingan orang, kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk personal branding. Apa sih personal branding itu? Personal branding merupakan praktik untuk mempromosikan diri, karir, dan pencapain melalui citra yang sudah dibentuk atau bisa juga disebut sebagai “merek dari diri”. Dengan memberikan personal branding yang baik di media sosial, kamu dapat:

  1. Membentuk persepsi orang lain terhadap diri sendiri
  2. Memperluas relasi
  3. Membangun kepercayaan
  4. Mempermudah karir

Berikut saran dari Yesternight.id yang dapat dilakukan untuk membangun personal branding yang baik di media sosial.

Gunakan nama yang sama untuk semua media sosial

Pilihlah nama yang paling disukai untuk ditampilkan di media sosial. Kamu bisa menggunakan nama lengkap atau nama panggilan. Dengan menggunakan satu nama yang sama, akan memberikan citra bahwa kamu adalah orang yang konsisten. Jangan lupa untuk menggunakan foto sendiri sebagai profil atau masukkan satu foto diri agar kamu mudah dikenali. Jika tidak, orang akan kebingungan dan berpikir bahwa kamu bukanlah orang yang mudah bersosialisasi.

Tunjukkan minat dan bakat

Untuk menunjukkan minat dan bakat, kamu dapat menuliskan hal tersebut di profil akun media sosial yang kamu miliki. Misalkan di Instagram, kamu bisa menuliskannya di bio. Kamu juga bisa membuat konten dan postingan yang menunjukkan kemampuan dan minat kamu terhadap sesuatu. Untuk mendapatkan lebih banyak audiens, kamu bisa menggunakan tagar yang relevan. Hal ini akan mempermudah kamu untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat dan bakat yang sama. Bisa juga konten-konten yang kamu unggah akan membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan nantinya.

Posting kegiatan positif yang diikuti

Jangan lupa untuk mengunggah kegiatan-kegiatan yang telah kamu ikuti. Media sosial dapat digunakan sebagai tempat untuk memamerkan segala pencapaian yang telah kamu raih. Jangan ragu untuk mengunggah foto atau bercerita tentang pekerjaan dan kegiatan yang kamu senangi. Ini akan membantu kamu untuk membangun personal branding dan meyakinkan orang-orang terhadap kemampuan yang kamu miliki. Komentar-komentar yang kamu dapatkan dari orang juga bisa membuat personal branding kamu menjadi lebih baik lagi.

Hati-hati saat mengutarakan opini

Meskipun kamu dibebaskan untuk mengunggah segala sesuatu di media sosial, kamu tetap harus berhati-hati dalam mengutarakan opini terhadap sesuatu. Berpikirlah sebelum memberikan komentar dan mengunggah tentang sesatu yang kamu dukung ataupun tidak di media sosial. Kamu boleh mengutarakan hal tersebut tapi ingatlah terhadap konsekuensi yang mungkin akan kamu dapatkan nantinya. Hal ini akan sangat memengaruhi personal branding. Bisa saja hal tersebut memengaruhi karir atau pendapat orang-orang terhadap kamu di kemudian hari.

Saat ini, personal branding di media sosial juga merupakan hal penting karena media sosial menjadi salah satu pertimbangan HR untuk menyeleksi kandidat calon pekerja. Maka dari itu, anggaplah media sosial yang kamu miliki sebagai portofolio yang dapat menentukan karir kamu ke depannya. Unggahlah segala sesuatu yang berhubungan dengan minat, bakat, dan pencapaian yang dimiliki serta hindari mengunggah atau berkomentar buruk di media sosial.

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. Berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar