Copywriting dalam Social Media Management: A Basic Guide

 

Di era digital ini, jasa social media management semakin marak digunakan untuk mempromosikan jasa maupun produk yang dijual dengan optimal.

So, buat kamu yang sedang berkecimpung maupun tertarik untuk terjun ke bisnis ini, terkadang posting konten di medsosnya aja nggak cukup, lho. Selain visual kontennya, headline hingga caption-nya juga penting untuk diberikan ‘sentuhan seni’. Strategi ini kita sebut dengan istilah copywriting.

Copywriting adalah teknik penulisan yang tujuannya adalah untuk pemasaran atau promosi. Intinya, bagaimana tulisan kamu bisa memberikan image atau kesan tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga, orang yang melihatnya akan mengenali produk/jasa yang kamu jual, bahkan akhirnya tertarik untuk beli deh!

Nggak perlu muluk-muluk dulu. Untuk memulai perjalanan copywriting kamu, pelajari hal-hal dasar berikut ini, yuk!

  1. Kenali produk atau layanan yang akan dipromosikan

Sumber: Pinterest

Tak kenal maka tak sayang; itulah hukum yang utama. Tentu berkenalan dengan klien itu wajib, nah setelahnya kamu juga harus ‘berkenalan’ dengan apa yang kamu mau promosikan.

Ini company apa? Yang dijual apa saja? Apa yang bikin produk ini beda dari yang lain? Manfaat layanan ini untuk konsumennya apa?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa menjadi guide-mu untuk mempelajari lebih dalam tentang apa yang kamu akan jual. Jika sudah kenal baik, kamu tentu bisa lebih pede memperkenalkannya lebih luas ke publik, bukan?

 

  1. Siapa audiensnya?

 

Sumber: directiveconsulting.com

Next, kamu juga harus mempelajari jasa atau produknya akan ditargetkan untuk siapa: anak-anak, semua umur, ibu rumah tangga, calon orang tua, anak kuliahan, ataukah pegawai kantoran?

Dengan mengetahui siapa target audiensnya, kamu bisa menelusuri dan memahami kebutuhan mereka dan menghubungkannya dengan jualan yang akan kamu promosikan. Dan yang terpenting, jadinya kamu juga bisa menyesuaikan bahasa, cara penulisan, hingga pemilihan diksi yang sesuai dengan profil audiens.

Lagi-lagi, perihal kenal-mengenal itu penting, saudara-saudara!

 

  1. Tentukan headline

 

Sumber: wordstream.com

Setelah memahami deskripsi dan profil produk/jasa dan juga audiensnya, kamu akan menentukan headline atau judul yang akan tercantum di konten nantinya.

Biasanya, headline berupa kalimat atau frasa yang singkat namun tetap menggambarkan layanan atau produk yang ditawarkan. Headline yang tepat akan membuat audiens tertarik dan penasaran untuk membaca caption-mu lebih lanjut tentang deskripsi produk tersebut.

Di sinilah kamu bermain dengan kreatifitas dan kata-kata. Carilah diksi yang unik, persuasif, namun usahakan tetap simple, tepat sasaran dan tidak membingungkan maupun berlebihan. Karena tidak semua yang lebay itu unik, dan yang unik tidak selalu lebay 😉

Selain itu, headline biasanya bisa ditempatkan di awal caption, ataupun di foto/gambar kontennya. Nah, jika kamu pilih penempatan headline di foto/gambar, pastikan desain dan font-nya juga menarik namun juga catchy  secara visual, ya.

 

 

 

  1. Body text: isi, deskripsi, dan detail lainnya

 

Sumber: buffer.com

Audiens akan terarah ke body text untuk mengetahui kelanjutan penawaran produk/layanan setelah membaca headline-nya.

Maka, kamu perlu mencantumkan detail tentang apa yang kamu promosikan, seperti deskripsi produk/jasa, manfaat, cara penggunaan, perbedaan dari layanan atau produk yang lain, alasan audiens harus membelinya, dan lainnya.

Penulisan body text selain informatif juga perlu untuk tetap persuasif, agar selain mendapat informasi audiens juga menjadi semakin tertarik dengan layanan atau produk yang kamu tawarkan. Karena, sekali lagi, setelah kenal baru deh bisa sayang. Iya atau iya?

 

Selamat! Kamu sudah belajar dasar-dasar dalam copywriting untuk manajemen media sosial. Untuk artikel lainnya tentang pentingnya manajemen media sosial dalam marketing dan juga bari para pebisnis, kunjungi website kami di Yesternight.id

Tapi kalau terasa berat dan kamu nggak kuat, biar kami aja!

Di Yesternight.id, kami menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

 

Referensi:

www.niagahoster.co.id/blog/copywriting-adalah/

https://blog.thetukangmarketing.com/tips-membuat-copywriting-di-facebook-dan-instagram-yang-efektif/

 

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar