Motions into the Graphics: Tentang Motion Graphic dan Keuntungan Penggunaannya

Motion graphic, atau grafis gerak, adalah bagian dari seni grafis yang menggabungkan media audio visual dengan elemen-elemen seperti ilustrasi, tipografi, fotografi, videografi, hingga musik menggunakan teknik animasi 2D maupun 3D. Dalam dunia broadcast, motion graphic ini memiliki peran penting untuk pembuatan iklan komersial, program berita, program hiburan, promosi, dan juga untuk motion opening-closing dari sebuah program televisi.

Penggunaannya pun menjadi semakin meluas di era digital ini. Kita pasti sering menemui video dengan template animasi di internet. Nah, di antaranya ada motion graphic, lho – jadi tidak semua video yang kita lihat tersebut semata-mata video kartun.

 

Desain grafis yang dianimasikan

Berikut lebih lengkapnya kegunaan dari motion graphic:

  • Membagikan informasi atau pesan kepada audiens Dengan mengubah informasi dalam bentuk gambar bergerak dan menambahkan audio serta teks yang sesuai, informasi yang ditampilkan pun akan lebih mudah dimengerti dan tentunya enak dilihat.
  • Film & video – Biasanya motion graphic digunakan untuk menampilkan judul di awal atau akhir pertunjukan film. Dengan audio dan style dari teks yang dipilih dan dibuat indah dan menarik, audiens akan lebih dibuat takjub dan engaged.
  • Logo – Logo pun akan mejadi lebih atraktif dan hidup dalam bentukan animasi 3D. Biasanya dapat dipasang dalam kebutuhan video untuk sebuah konten.
  • Konten medsos – Khususnya untuk brand yang buka lapak di media sosial, maupun channel berita dan akun-akun lainnya, sangat penting untuk menarik perhatian followers dengan variasi konten. Mulai dari foto, video, hingga animasi. Informasi yang rumit dalam bentuk teks panjang dapat diakali dengan mengubah formatnya ke dalam motion graphic, lho. Hasilnya, akan jadi lebih ringkas, menarik, dan pastinya mudah dipahami.
  • Digital marketing – Apapun metode hingga media yang digunakan, memanfaatkan motion graphic untuk kebutuhan promosi dalam digital marketing tentunya akan sangat membantu dan menjadikannya menjadi lebih efektif.

Motion Graphics (Animated 2D) - CV Example - YouTube

Gimana tuh, multiguna kan motion graphic ini? Patut, dong, untuk dicoba.

Eh tapi, usut punya usut, butuh skill dan kualifikasi tertentu sih untuk bisa membuat motion graphic ini. Misalnya, harus punya skill desain grafis, memahami animasi, memiliki kreatifitas tinggi, hingga menguasai software-software yang bermanfaat untuk desain nantinya  (seperti Adobe Photoshop, Adobe After Effects, Cinema 4D, Maya 3D, Adobe Illustrator, dll).

7 Examples of Beautiful Cel Animated Motion Graphics

So, setidaknya kamu harus menguasai dasar-dasar di atas. Kalau ada niat, pasti ada usaha dong, untuk menguasai dan mempelajari semuanya demi menghasilkan motion graphic yang bravo.

Atau biar gercep, pake jasa motion graphic Yesternight.id aja 😉

Kami adalah agensi multimedia kreatif yang sudah bekerja sama dengan ratusan industri, EO, brand, dan perusahaan. Kami juga menerapkan sistem terbaik dalam pelayanan dan produksi kami demi mempertahankan efisiensi dan meningkatkan kualitas. Pastinya, seluruh pengerjaan ditangani oleh tim yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Selain itu, harga jasa kami yang ekonomis pastinya akan meringankan beban Anda.

 

Kami tunggu kabar baik dari Anda ya, mari berbisnis! 😁

 

Yesternight.id juga menyediakan berbagai jasa lainnya yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. Berlokasi di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar