Tips Simple Persiapan Shooting Iklan Komersial

Iklan komersial adalah jenis iklan yang tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan nilai jual dan mendapatkan keuntungan. Biasanya, iklan ini banyak dan tepat digunakan untuk pemasaran produk atau juga layanan jasa.

Demi meraih goal tersebut, persiapannya tentu harus diperhatikan dengan baik dan cermat, baik dari produser iklannya maupun dari talent yang berperan di dalam iklan.

Gimana caranya? Yuks, simak tips simple di bawah ini.

 

  1. Memahami produk

Mencari tahu dan memahami poin-poin penting tentang produk yang akan diiklankan adalah langkah penting bagi aktor. Hal itu akan mempermudah aktor untuk mengekspresikan dan menggambarkan produknya melalui acting yang meyakinkan karena sudah memahami betul produknya.

Dari cara penggunaan hingga latar belakang produknya, pengetahuan tentang hal-hal tersebut akan mempermudah proses shooting sekaligus memberikan informasi yang jelas kepada konsumen.

Untuk mencari tahu info-info tentang produknya, kamu bisa lakukan research kecil-kecilan tentang produknya dengan browsing sendiri, ataupun bertanya kepada produsen atau pihak produksi iklannya.

 

  1. Akting dan tone suara yang meyakinkan

Sebagai aktor, kamu harus bisa menggunakan tone suara yang menarik dan bersemangat agar menimbulkan kesan yang serupa bagi penonton yang menyaksikan iklan produknya.

Jika dari diri sendiri sudah bersemangat dan senang dengan produk yang dijual, hasilnya pun akan engaging dan berkesan bagi penonton. Sehingga, peluang penjualan pun meningkat.

Akting dan juga kata-katamu di dalam iklan juga harus meyakinkan dan membujuk, agar kamu bisa menjual produk karena aktingmu yang terlihat nyata bagi konsumen – karena kamu paham betul dan benar-benar menggunakan produknya.

 

  1. Personalisasi skrip

Biasanya, skrip yang disediakan disertai dengan informasi produk selengkapnya untuk konsumen, dan tetap dengan kata-kata memberikan kesan yang menyenangkan serta sesuai dengan karakter produk tersebut.

Nah, mempersonalisasi skrip akan memberikan kesan lebih bagi sutradara. Kamu tidak perlu mengubah total skripnya, hanya improvisasi beberapa kata saja sesuai gaya dan action-mu namun tetap menyampaikan makna yang sama persis.

Dengan kata lain, manfaatkan kepribadian unikmu dalam aktingmu untuk menciptakan hasil yang spesial.

 

  1. Memahami target audiens

Konsumen adalah bagian terpenting dalam periklanan. Agar iklan dapat menjangkau tujuannya, target audiens harus jelas.

Di sini, tugas aktor adalah mencari tahu tentang konsumen dari produknya juga agar nantinya konsumen bisa merasa relate dengan iklan yang kamu perankan serta produknya. Misalnya, aktor tentu tidak akan berakting atau berpose tangguh atau pun seksi saat menggarap iklan untuk orang lansia.

Jika aktor memahami produk serta tipe orang-orang sebagai target audiens yang akan tertarik untuk membeli produk tersebut, maka dia bisa tahu dengan baik harus melakukan apa.

 

  1. Memilih background setting yang tepat

Poin penting ini juga berlaku untuk yang terlibat dalam produksi iklan. Background setting juga harus menggambarkan produk yang diiklankan. Misalnya, produk untuk siswa sekolah tidak sebaiknya menggunakan background dengan tema perkebunan.

Dengan background yang tepat dan sesuai, target audiens bisa dengan mudah menangkap dan memahami gambaran dari produknya.

 

Jadi, agar akting ataupun modeling dalam shooting iklan berjalan lancar dan sukses, memang harus dipersiapkan dengan baik. Dengan melakukan riset tentang produk, kamu jadi bisa percaya diri menjual produk tersebut karena kamu memahami produk serta target audiensnya dengan baik. Lalu, selain sekadar dibaca dan dihapalkan, penting juga untuk menjiwai skrip serta menunjukkan kepribadian dan style-mu yang terbaik dan menarik di dalamnya. Jangan lupa juga untuk have fun dalam setiap prosesnya.

Semoga tips dari kami bermanfaat, ya! 😀 cek juga artikel kami yang lainnya tentang ciri iklan yang bagus untuk bisnis dan jenis video iklan yang efektif di sini.

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

 

Referensi:

https://nine9.com/preparing-for-your-commercial-shoot

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar