Shoot Video Menggunakan Smartphone? Ini Tips dan Triknya!

Kecanggihan kamera smartphone yang terus meningkat tentu membuat kita memiliki keinginan untuk merekam video. Baik video tersebut untuk konsumsi pribadi atau untuk disebarkan di media sosial, keduanya bisa dibuat dengan mudah. Dengan smartphone atau HP, sobat Yesternight.id tidak perlu repot-repot membawa kamera yang berat.

Sebelum merekam video menggunakan hp, jangan lupa untuk membersihkan kameranya terlebih dahulu. Jika diperlukan, kamu bisa membersihkan kamera dengan kain basah lalu mengelapnya dengan lap kering. Meskipun merekam video dengan HP sangat mudah dilakukan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah teknik-teknik yang dapat diikuti untuk mendapatkan hasil video dengan kualitas tinggi dan seperti profesional.

  • Periksa pengaturan kamera HP

Sebelum mulai merekam video, periksa pengaturan kamera terlebih dahulu. Pastikan kamu memilih kualitas yang paling tinggi. Ini akan memakan banyak ruang di memori, akan tetapi hasilnya akan menjadi baik. Kamu juga bisa menyesuaikan hasil akhirnya sesuai dengan preferensi kamu sendiri.

  • Hindari video vertikal atau portrait

Selain karena video vertikal sangat jarang digunakan oleh profesional, jika kamu merekam video dengan posisi vertikal melalui HP, belum tentu perangkat lain bisa mengidentifikasinya dengan baik. Hal ini dikarenakan kebanyakan layar perangkat digital memiliki tampilan landscape. Namun hal ini kembali kepada preferensi pribadi, kamu bisa saja mengambil video portrait jika kamu lebih menyukainya.

  • Gunakan tripod

Penggunaan tripod akan sangat membantu saat kamera diam di tempat. Jika kamu hanya mengandalkan tangan, video yang dihasilkan akan menjadi kurang stabil. Gerakan-gerakan kecil tersebut akan membuat video terlihat kurang profesional. Kamu bisa menggunakan tripod standar atau memanfaatkan barang di sekitarmu seperti meja dan kursi sebagai pengganti tripod.

  • Jangan melakukan zoom secara digital

Ketika kamu menginginkan objek untuk terlihat lebih dekat, hindari melakukan zoom secara digital dari HP. Jika kamu melakukan ini, kualitas video akan berkurang dan menghasilkan piksel yang terlihat lebih jelas. Alternatif yang dapat dilakukan yaitu berjalan mendekati objek.

  • Perhatikan pencahayaan

Penggunaan flash pada HP juga akan mengurangi kualitas video yang dihasilkan. Flash pada HP dan lighting profesional merupakan dua hal yang berbeda dan tidak dapat dibandingkan. Gunakan pencahayaan natural seperti matahari agar video menjadi terlihat berkualitas tinggi.

  • Atur eksposur dan fokus

Kebanyakan kamera HP memiliki mode otomatis untuk eksposur dan fokus. Untuk mengambil gambar, mode ini sangat bagus dan praktis. Akan tetapi, ketika merekam video gunakanlah mode manual jika kamera HP yang kamu miliki menyediakannya. Kamu bisa mengunci objek agar eksposur dan fokusnya tidak berubah-ubah.

Di atas adalah 6 langkah yang dapat kamu ikuti untuk mendapatkan video seperti profesional hanya dengan menggunakan smartphone yang kamu miliki. Meskipun terlihat sulit, langkah-langkah tersebut cukup mudah untuk dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Apabila kamu menginginkan hasil yang lebih bagus lagi, video kamu bisa melalui proses editing lebih lanjut.

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. Berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id