Yuk Kenali Fitur-Fitur Kamera DSLR

Bagi kalian yang hendak dan sedang menekuni dunia photography, artikel ini sangat pas untuk kalian simak.

Pascanya, artikel ini akan menyuguhkan kamu informasi seputar kamera DSLR.

Kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) merupakan jenis kamera yang paling banyak digunakan di era sekarang. Kamera yang terkenal memiliki kualitas gambar yang baik ini menjadi salah satu kamera terlaris di pasaran.

Ingin membeli kamera? Eits, jangan tergesa-gesa. Simak dulu artikel ini Jangan Sampai Salah Beli Kamera! Pelajari Jenisnya Disini

 

Akan sangat disayangkan jika kamu sudah memiliki kamera DSLR yang sangat canggih itu, namun kamu sendiri belum canggih. Kenali dulu yuk fitur-fitur dari kamera ini sehingga kedepannya kamu dapat memaksimalkan penggunaan  kamera DSLR. Berikut fitur-fitur yang terdapat dalam kamera DSLR:

Lensa

Lensa dari kamera umumnya bisa dilepas dan diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan. Itulah kenapa Anda harus tahu bagaimana cara melepas dan memasang lensa dengan baik.

Bersihkan lensa secara berkala untuk membuat kualitas foto dan video yang diambil bisa sempurna. Lakukan dengan bahan yang lembut sebelum dipakai atau saat akan disimpan kembali.

Tombol shutter

Tombol yang satu ini berfungsi untuk mengambil gambar. Peletakan tombol shutter sepertinya sama saja di kamera mana pun. Peletakannya ini sudah dibuat senyaman mungkin untuk pengguna.

Tombol stabilizer

Tombol ini berfungsi untuk menstabilkan getaran yang dihasilkan oleh tangan. Tombol ini ada untuk menghasilkan gambar yang lebih stabil dan jernih. 

Tombol ON/OFF

Memang sih tombol ini tidak memerlukan skill fotografi khusus, namun kamu juga harus tau tentang keberadaan dari tombol ini. Kalau kamu tidak tau di mana lokasi tombol on dan off, kamera tidak akan bisa dinyalakan dan difungsikan dengan baik.

Tombol ISO

ISO memiliki fungsi untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk ke kamera, semakin besar, semakin banyak pula cahaya yang masuk.

Untuk menggunakan Tombol ISO ini, kamu perlu menekannya dan kemudian putar command dial hingga kamu rasa ISO sudah tepat dengan situasi cahaya di tempat pemotretan.

Tombol Aperture

Lagi-lagi fungsi aperture sendiri adalah untuk mengatur intensitas cahaya. Caranya adalah dengan menekan tombol ini, sembari kamu memutar command dial hingga kamu menemukan bukaan yang pas.

Jika kamera dalam keadaan auto, maka tombol ini berfungsi untuk mengatur exposure compensation.

Viewfinder

Pada viewfinder ini, kamu bisa melihat objek saat memotret. Bisa juga melihat titik fokus, dan informasi lainnya seperti light meter, nilai shutter speed, apperture, dan ISO. 

Menu Dial

Menu ini hadir untuk mengubah mode eksposure. Kita bisa menentukan metode apa yang akan digunakan ketika pemotretan, seperti Full-Auto, Semi Manual/Full Manual.

Tombol Lens Release

Tombol ini berguna untuk melepaskan lensa dari body DSLR. namun, ketika memasang lensa, kamu tidak perlu menekan tombol ini lagi.

Itu lah beberapa tombol dan fitur-fitur yang harus kalian pahami sebelum memiliki kamera DSLR. Bagi kamu yang sudah memiliki kamera ini, lumayan lah nembah insight baru ya kan?

Kamu sedang tertarik dengan kamera analog? Yesternight.ID juga punya artikel yang relevan dengan ketertarikanmu loh! Kamera Analog di Bawah 500 Ribu? Ini yang Recommended!

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. Berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id