6 Cara Mudah untuk Membuat Foto Produk di Rumah

Di tengah sulitnya mendapat pekerjaan di masa pandemi seperti ini, banyak yang memilih alternatif dengan cara berjualan online. Berbagai macam barang, makanan, dan jasa ditawarkan melalui postingan sosial media. Akan tetapi, tidak semua tawaran tersebut menarik. Foto yang menarik merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi keinginan konsumen untuk memiliki produk yang ditawarkan. Meskipun hanya menggunakan HP dan peralatan seadanya di rumah, kamu dapat menghasilkan foto produk yang bagus. Berikut adalah tips yang dapat diikuti supaya foto produk kamu bisa lebih menarik minat konsumen!

Atur kamera HP

Person Holding Silver Iphone 6 Taking Photo
Sumber: pexels.com

Yang pertama harus dilakukan tentu saja optimalkan fitur kamera yang ada di HP. Beberapa kamera bawaan HP sekarang sudah menyediakan mode manual. Manfaatkan mode manual tersebut dan atur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apabila di kamera bawaan HP belum memiliki mode manual, install aplikasi kamera lain atau gunakan kamera tersebut saja dan edit foto nantinya agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Pastikan cahaya memadai

2 Black and Brown Studio Lighting in White Room
Sumber: pexels.com

Cahaya merupakan salah satu factor utama dari bagus atau tidaknya suatu foto. Gunakan lampu tambahan apabila diperlukan agar mendapatkan foto produk yang baik. Jangan gunakan flash karena itu akan membuat kualitas foto menjadi kurang baik. Kamu bisa memanfaatkan cahaya alami dari sinar matahari apabila tidak memiliki peralatan yang memadai. Cahaya matahari yang paling bagus untuk foto produk adalah sekitar pukul 11.00-16.00 karena pada waktu tersebut matahari sedang bersinar dengan terik.

Latar belakang harus cocok dengan produk

White Perfume Bottle
Sumber: pexels.com

Jangan memilih latar belakang foto produk yang terlalu banyak motif apabila produk yang akan difoto juga memiliki corak. Usahakan latar belakang dan produk memiliki warna yang kontras agar produk dapat menonjol saat difoto. Jika bingung, pilihlah latar belakang polos dengan warna-warna netral seperti putih, hitam, dan krem untuk memastikan produkmu terlihat dengan jelas. Kamu bisa menggunakan kertas atau menggunakan kain polos untuk dijadikan latar belakang.

Pilih angle yang tepat

Cute purebred cat sitting near books and photo camera and looking away
Sumber: pexels.com

Untuk memilih angle yang tepat, tentukan mood atau style dari foto yang ingin dihasilkan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa menentukan angle yang terbaik agar produk kamu dapat terlihat menarik dan menonjol. Angle yang paling umum digunakan untuk foto produk adalah dari atas dan dari samping. Pastikan produk terlihat jelas dan apabila dieperlukan, tunjukkan detil dari produk tersebut.

Gunakan properti apabila memungkinkan

Set of shiny black spoons on gray table
Sumber: pexels.com

 

Kamu juga bisa menggunakan properti yang relevan untuk membuat foto produk terlihat lebih menarik. Misalkan produk yang ditawarkan adalah makanan dan minuman, kamu bisa menggunakan peralatan makan seperti sendok, piring, dan gelas sebagai properti. Kamu juga bisa memanfaatkan barang-barang yang kamu miliki di rumah seperti majalah, alat tulis, atau bahkan tumbuhan untuk digunakan sebagai properti. Ingatlah bahwa properti bersifat opsional dan berfungsi untuk mempercantik foto produk, jadi tidak masalah apabila tidak tertangkap kamera seutuhnya. Jangan juga menggunakan terlalu banyak property karena itu akan membuat produk menjadi tidak menonjol.

Edit foto agar lebih cantik

Turned on Screen Silver Macbook Air on Wooden Desk
Sumber: pexels.com

Untuk hasil akhir yang lebih baik dan menarik lagi, jangan lupa untuk mengedit foto sesuai dengan konsep yang diinginkan. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Lightroom, PicsArt, VSCO, dan Snapseed yang dapat diakses dengan mudah dari HP. Kamu juga boleh menambahkan aksen dan stiker pada foto produk selama produk yang ditampilkan tetap menjadi fokus utama dari foto tersebut. Jika diperlukan, gunakan watermark berupa nama dari toko online kamu agar foto tersebut tidak dicuri.

Dengan mengikuti tips-tips yang sudah dijelaskan di atas, dapat dipastikan kamu akan mendapatkan foto produk yang baik dan menarik sesuai dengan keinginan. Kamu juga bisa menggunakan jasa professional untuk foto produk untuk hasil yang lebih maksimal.

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. Berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id