Yummy! Tips Food Photography Estetik Modal Smartphone

 

“Makanannya cangtip bangettt! Eh tapi kok pas difoto hasilnya b aja ya..”

Gimana mau bikin feed aesthetic?”

Atau,

Gimana jualanku mau laku?”

Well, worry no more! Karena sekarang bukan hanya food photographer yang bisa foto-foto makanan ceunah. Kamu pun bisa, bahkan dengan smartphone aja.

Dengan tips dan trik di bawah ini, kamu bisa memaksimalkan food smartphonegraphy kamu.

 

  1. Konsep sederhana

Agar perhatian tertuju pada makananmu, gunakan properti yang sederhana dan motifnya tidak berlebihan ya. Apalagi untuk makanan yang warnanya terkesan banyak dan vibrant, misalnya fruit smoothie atau salad.

Bermacam properti pelengkap seperti sendok, garpu, dan lainnya juga boleh digunakan kok. Selama relevan dan tidak bikin heboh ya.

 

  1. Cahaya

Kamu bisa menjepret makananmu dengan cahaya tambahan atau reflector.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan cahaya alami dari sinar matahari di pagi atau sore hari.

Namun, jika suasana ruangan agak gelap, tidak perlu menggunakan flash ya. Lebih baik perbaiki di editing nantinya untuk menambah terangnya. Sinar flash akan membuatnya silau dan sulit diedit.

 

  1. Bidik dari atas

Jika kamu ingin menonjolkan warna dan bentuk dari makananmu, potretlah langsung dari atas. Sebelumnya ubah rasio aspek ke 1:1, lalu sesuaikan, dan cekrek!

Namun, makanan yang berlapis baiknya difoto dari samping saja ya, supaya isi dan tiap lapisannya kelihatan jelas dalam frame.

 

  1. Mini food hacks

Jika makananmu kecil, tidak perlu menyertakan piringnya secara penuh di dalam frame karena itu akan membuatnya semakin mungil. Bidik makanan sedekat mungkin, dan biarkan piringnya masuk sebagian saja.

Dekorasi dengan ukuran yang sama bisa ditambahkan untuk memberikan dimensi pada gambar. Selain itu, juga untuk menunjukan ukuran makanan yang sesungguhnya

 

  1. Berikan space

Trik ini berguna jika kamu ingin memasukan tulisan nantinya di saat proses editing. Misalnya nama menu, quotes, atau resep.

 

  1. Aksesoris bahan dasar

Untuk menambah estetika, kamu bisa menambah dekorasi berupa bahan dasar dari makanan yang akan difoto.

Misalnya untuk thai tea, tambahkan daun teh, gula pasir, susu, dan alat untuk membuatnya sebagai dekorasinya. Atau untuk kopi, kamu bisa menaruh biji kopi serta alat pembuatnya.

 

  1. Food selfie hack

Khusus untuk makanan atau minuman yang dipegang dan siap disantap seperti gelato, burger, atau bubble tea, kamu bisa menggunakan teknik ini.

Caranya adalah dengan satu tangan memegang produk, dan tangan lainnya memegang kamera serta menjepret fotonya. Karena tanganmu akan masuk frame, pastikan warna kulitmu bagus ya, dengan mengatur pencahayaan dan white balance.

Biasanya, background berupa logo, tanda toko, ataupun wallpaper dari toko bisa mempercantik hasil foto kamu.

 

  1. Action snaps

Kamu juga bisa membidik foto saat makanannya sedang diolah atau disajikan. Misalnya saat sedang brewing kopi, menuangkan sirup, atau menghias kuenya dengan krim. Momen-momen tersebut bisa bikin hasil fotomu kece dan lebih hidup.

Tidak perlu menunjukan full body ataupun wajah, cukup sebagiannya saja atau bahkan tangannya saja yang masuk frame, dan bidik dari samping. Dengan begitu, viewers fotonya akan berimajinasi dan merasa seperti sedang mengalami momen tersebut.

 

Alright foodies, itulah tadi tips mudah dan menarik food photography yang bisa kamu coba dengan smartphone kamu. Good luck!

Cek juga tips fotografi lainnya dari kami di sini.

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

 

Referensi:

https://www.99.co/blog/indonesia/tips-foto-makanan-instagrammable/

https://snapshot.canon-asia.com/indonesia/article/id/3-composition-styling-techniques-for-food-photography?gclid=CjwKCAiAjeSABhAPEiwAqfxURYP72a60nZ0G0fKOTGhRfW6ZiGO4HaLpxEGbE6-S6vW9avIjpGUnwRoC_W8QAvD_BwE 

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id