Jangan Sampai Salah Beli Kamera! Pelajari Jenisnya Disini

Kamera merupakan alat yang dapat membantumu mengabadikan sebuah momen agar tetap dapat dikenang.

Secara definisi kamera merupakan seperangkat alat atau perlengkapan yang berfungsi untuk mengabadikan suatu objek menjadi sebuah gambar (diam maupun bergerak) yang merupakan hasil proyeksi pada sistem lensa.

Jenis kamera tentu tidak hanya satu, tetapi sangat amat beragam. Pihak – pihak pengembang kamera kenamaan seperti Sony, Nikon, Canon, Panasonic, Lumix dan sejenisnya telah lama mengembangkan kamera yang sesuai dengan beragam kebutuhan kita.

Emangnya ada berapa jenis kamera sih? Tentu banyak. Tergantung dari kebutuhan, tujuan dan budget untuk membuat kamera tersebut.

Ketika kamu ingin memiliki sebuah kamera, jangan sampai salah ya. Karena masing-masing jenis kamera memiliki fungsi, kelebihan, dan kekuranganya sendiri-sendiri.

Yuk kita simak bersama-sama 5 jenis kamera beserta fungsinya.

1. Digital Single-Lens Reflex (DSLR)

Kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) merupakan jenis kamera yang paling banyak digunakan di era sekarang. Kamera yang terkenal memiliki kualitas gambar yang baik ini menjadi salah satu kamera terlaris di pasaran.

Selain memiliki kualitas gambar yang mumpuni, jenis kamera ini juga memiliki fleksibilitas, sehingga beragam pilihan lensa bisa ditukar-tukar sesuai kebutuhan. Meskipun sudah bertahun-tahun digunakan, kamera ini dapat diubah dengan versi yang baru.

2. Kamera mirrorless

Kamera mirrorless adalah kamera yang tidak memiliki cermin dari jendela bidik optic (viewfinder) seperti kamera DSLR, namun kualitas gambar yang dihasilkan setara karena image sensor yang digunakan sama besar.

Karena itu, ukuran kamera mirrorless lebih kecil dan ringan dari kamera DSLR dengan bentuk yang kompak dan lensanya bisa diganti-ganti. Kamera mirrorless sejatinya adalah kamera DSLR yang dihilangkan bagian pemantul cahayanya (mirrorbox).

3. Kamera film / analog

Walaupun jenis kamera ini sudah diluncurkan lebih lama dibanding kamera lainnya, kamera film kembali naik daun dan populer di era sekarang. Kamera jenis ini kembali digemari karena hasil foto yang unik dan memberikan kesan vintage.

Kamera ini menggunakan rol film untuk memotret gambar. Kamera film 135 (35mm, full frame) merupakan yang paling umum digunakan dan memiliki ukuran body yang lebih kecil dibanding kamera film lainnya.

4.Polaroid

Kamera polaroid atau biasa disebut sebagai kamera instan atau kamera langsung jadi adalah model kamera yang dapat memproses foto sendiri di dalam badan kamera setelah dilakukan pemotretan.

Kamera polaroid ini menggunakan film khusus yang dinamakan sebagai film polaroid. Film polaroid yang dapat menghasilkan gambar berwarna dinamakan sebagai film polacolor.

Kamera polaroid dirancang untuk pertama kalinya oleh Edwin Land, dari perusahaan Polaroid dan dipasarkan sejak tahun 1947. Nama polaroid itu sebenarnya adalah merek dagang, seperti ketika orang menyebut nama Rinso untuk sabun cuci baju, atau Indomie untuk mie instant atau Aqua untuk air mineral.

Wah, jadi laper gak nih kalian? Pas banget kalau kalian laper, coba simak Tips Food Photography : Yummy! Tips Food Photography Estetik Modal Smartphone

5. Kamera Bridge

Kamera prosumer (Bridge Camera) merupakan salah satu jenis kamera yang mencoba menggabungkan fleksibilitas seperti kamera saku dengan kelebihan fitur yang dimiliki DSLR. Kamera ini memiliki beberapa kelebihan, salah satunya kemampuan baterainya yang tahan lama dan memiliki bentuk yang praktis.

Dengan harganya yang terjangkau dan bodinya yang ringkas, kamera jenis ini cocok sekali bagi kamu yang ingin beralih dari kamera pocket ke kamera yang semi-profesional.

Bagi kalian yang masih bermodalkan laptop, tidak perlu khawatir. Karena Yesternight.ID punya tips jitu untuk membuat kamu pede dengan kamera laptop kamu loh! Siapa bilang kamera laptop tidak bisa diandalkan? Cek disini ya 4 Tips Biar Kamu Gak Insecure Lagi Sama Kamera Laptop

Yesternight.id merupakan penyedia berbagai jasa yang akan membantu meringankan beban kamu dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar