4 Cara Agar Kamu Mahir Manggunakan DSLR

Merasa bingung ketika menggunakan DSLR karena fitur dan setting yang banyak dan asing saat pertama kali mempunyai kamera ini. Sering kali meminta orang lain untuk sekedar mengambil foto, padahal udah baca petunjuk pemakaian tapi masih saja bingung. Sebenernya apa sih kamera DSLR itu. Baca juga Apa itu Kamera DSLR (Digital SLR)? | Sumber Bahagia

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) merupakan kamera yang hadir dengan tampilan yang lebih tajam, detail, dan juga lebih kreatif. Kamera jenis DSLR ini memang terdiri dari sangat banyak fitur dan teknologi baru sehingga banyak pemula yang menggunakan DSLR ini merasa kebingungan. Namun kamu tidak perlu khawatir karena Yesternight.id akan merangkumkannya khusus untuk kamu. Berikut adalah penjelasannya:

Mengenali Tombol yang Ada dalam Kamera DSLR

Secara umum, bagian dan tombol yang terdapat dalam kamera DSLR terbagi menjadi dua, yaitu bagian dan tombol yang terdapat dibagian depan dan bagian dan tombol yang terdapat dibagian belakang. Sedikitnya terdapat 20 bagian dan tombol yang ada pada DSLR, diantaranya adalah lensa, Grip, tombol lensa 1, shutter, tombol flash, dial, tombol display, thumb wheel, built in flash light, antired eye, finder, monitor LCD, tombol navigasi, tombol AV, tombol Fn/Q, tombol zoom in zoom out, tombol life view, tombol menu dan info, tombol preview, serta tombol hapus.

Sumber: Artem Saranin

Bagian Depan Kamera

Grip merupakan pegangan kamera yang menonjol, terletak di bagian kanan body kamera DSLR, tombol lensa 1 berfungsi sebagai pengunci lensa, tombol lensa 2 biasanya terdapat pada lensa yang memiliki auto focus, shutter berfungsi untuk mengambil gambar, tombol flash berfungsi untuk mengaktifkan flash, dial berfungsi untuk mengatur kecepatan rana (shutter speed), tombol display berfungsi untuk menampilkan gambar yang sudah diambil, thumb wheel berfungsi untuk modus pemotretan, built in flash light berfungsi untuk memberikan penerangan satu arah, anti red eye berfungsi sebagai penangkal agar dapat menghindari mata merah akibat penggunaan flash light, baca juga: https://yesternight.id/editing/apa-itu-teknik-l-cut-dan-j-cut-dalam-video-editing/

 

Bagian Belakang Kamera

Finder merupakan jendela bidik, monitor LCD berfungsi untuk melihat gambar, settingan kamera, serta fitur-fitur yang terdapat dalam kamera DSLR, tombol navigasi berfungsi untuk membantu dan mengendalikan kamera serta untuk melihat gambar yang sudah diambil, tombol AV berfungsi untuk mengatur bukaan diafragma atau aperture, tombol Fn/Q berfungsi untuk mengatur white balance dan matering, tombol zoom in dan zoom out berfungsi untuk mengambil gambar objek melalui LCD jika tidak mau mengambil gambar dengan menggunakan finder, tombol menu dan info berfungsi sebagai pengaturan dan untuk mengetahui info gambar yang telah diambil, tombol preview berfungsi untuk melihat hasil pengambilan foto yang akan ditampilkan pada LCD, serta tombol hapus memiliki fungsi untuk menghapus gambar ataupun isi memori.

Setelah memahami bagian dan tombol yang ada pada kamera DSLR, sekerang kamu harus mengetahui teknis penggunaan dari kamera DSLR. Berikut adalah caranya:

Lihat juga: 5+ Cara Menggunakan Kamera untuk Pemula dan Profesional

Sumber: ATM Comm Pro

Memegang Kamera

Memegang kamera DSLR yang benar yaitu bagian tangan kiri memegang grip atau moncong kamera sehingga kamu dapat memutar lensa untuk menemukan titik focus yang tepat. Selain itu gunakan tangan untuk menjangkau tombol-tombol lain yang sewaktu-waktu akan kamu gunakan.

Melepas Shutter

Perhatikan cara menggunakan tombol shutter, jangan sampai kamu melapas tombol shutter dengan cara setengah menekan, namun harus dengan melepas tombol shutter dengan penuh agar gambar yang dihasilkan lebih jernih dan tajam.

Mengunci Focus

Cara mengunci focus adalah dengan menentukan subjek dan latar belakang. Tentukan posisi subjek akan diletakan di tengah atau di pinggir. Kemudian kunci subjek tersebut menjadi focus foto dan tekan tombol shutter.

Nah gitu guys, bagian dan tombol yang ada di dalam kamera DSLR yang bisa Yesternight.id rangkumkan untuk kamu. Pastikan kamu menggunakannya dengan tepat ya!

Yesternight.id merupakan penyedia berbagai jasa yang akan membantu meringankan beban kamu dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar