3 Tips Directing Pose Model untuk Photoshoot

Kali ini, kita akan belajar dari fotografer Glenn Prasetya bagaimana caranya mengarahkan atau men-direct model dalam sebuah photoshoot.

Menurut Glenn, mengarahkan model untuk berpose in bisa jadi permasalahan seorang fotografer saat harus memotret fashion, model, maupun portrait. Bisa saja karena tidak terbiasa melakukannya, sehingga fotografer pun merasa canggung dan bingung.

“Waduh, selanjutnya pose apa ya? Gimana ya cara biar bikin modelnya nyaman di depan kamera?

Nah, agar terhindar dari kepanikan seperti itu, ada baiknya fotografer juga mengerti tentang directing pose.

 

Catatan penting dari Glenn

Yang paling penting untuk diingat pertama-tama adalah ‘objek’ yang di-direct bukan benda mati maupun mannequin, melainkan manusia.

“Entah kalian sedang memotret model, teman, atau couple yang lagi pre-wedding; ingat, kalau mereka itu manusia. Kalian bisa nge-direct mereka, kalian bisa ngajak ngomong. Jadi, komunikasi itu sangat penting,” ujar Glenn.

 

And folks, berikut tips directing model photoshoot menurut Glenn Prasetya:

  1. Cara berpose

Seorang fotografer memang harus melihat dan mengetahui banyak referensi agar mendapat bayangan atau gambaran saat sudah di site, bagaimana pose yang kita inginkan dari modelnya.

Untuk mencegah mati gaya, kita juga bisa menyiapkan referensi tersebut (mis. dalam bentuk foto) untuk ditunjukan kepada modelnya agar mereka lebih mendapat gambarannya.

Glenn juga menjelaskan tentang dua bentuk pose:

Yang pertama adalah garis lurus.

Sumber: Glenn Prasetya [YouTube]

Dengan membayangkan garis lurus pada tubuh model, pose tersebut akan memberikan efek kaku, lebih powerful, dan lebih maskulin pada hasil foto.

Image result for model pose ideas    Image result for model curves poses

Sumber: Pinterest.com

Yang kedua yaitu garis meliuk (huruf S).

Sumber: Glenn Prasetya [YouTube]

Garis yang ini akan memberikan kesan lebih feminin, dan akan menonjolkan bentuk tubuh wanita. Foto yang dihasilkan pun akan menjadi luwes, bersahabat, dan bahkan terlihat lebih menarik.

Image result for model curves poses  Image result for model curves poses

Sumber: Pinterest.com

 

  1. Men-direct bukan menyuruh pose

Sumber: Glenn Prasetya [YouTube]

 

Memiliki referensi pose sangatlah bagus, tapi bukan berarti model harus menirunya persis. Fotografer bisa memberikan dan menjelaskannya sebagai contoh saja.

So, saat directing di depan kamera kita harus bisa membuat model merasa nyaman dan berada di mood atau konsep yang kita mau untuk pemotretan tersebut. Jadi, komunikasi sangat penting sehingga model bisa berpose dengan sesuai.

Trik dari Glenn adalah memotret dengan candid style. Daripada berpose, model ia ajak untuk ngobrol sementara ia memotret; dengan catatan, selama konsepnya sesuai.

Contohnya, ia meminta model untuk membayangkan sedang ngobrol dengan dia sebagai temannya dengan mood yang happy. Model pun terlihat seperti merespon omongan dan arahan Glenn melalui ekspresi dan gesturnya.

Sumber: Glenn Prasetya [YouTube]

 

  1. Berikan gerakan pada foto

 

Movement akan membuat foto terlihat lebih menarik dan hidup, tidak hanya diam, kosong, dan sekadar berpose. Mulai dari gerakan kecil hingga ekstrim, semua patut dicoba.

Sumber: Glenn Prasetya [YouTube]

Sambil diarahkan, biarkan model bergerak seraya kita terus memotretnya. Tak dipungkiri, cara ini memerlukan banyak latihan.

 

Tips terakhir dari Glenn adalah banyak berlatih dan selalu ingat komunikasi. Karena baik fotografer maupun model, adalah manusia yang mampu bekerja sama.

“Suatu image atau gambar terlihat bagus bukan karena kerja satu orang saja, tapi semua pihak. It’s a teamwork”.

-Glenn Prasetya, 2020

 Video selengkapnya oleh Glenn Prasetya bisa kamu klik di sini. Kami juga menyediakan artikel tips dan trik fotografi lainnya.

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar