Tips Videografi Untuk Pemula

Ingin menghasilkan video yang berkualitas bagus?

Video yang berkualitas bagus tersusun dari berbagai teknik videografi yang dirangkai dengan indah oleh sang videografer. Salah satu teknik yang harus dikuasai adalah teknik framing videografi. Teknik ini mengharuskan videografer mengambil gambar dengan menentukan ukuran gambar sesuai kebutuhan video atau film yang digarap.

Yesternight.ID punya beberapa tips videografi khususnya bagi kalian yang sama sekali tidak punya pengalaman dalam dunia photography ataupun videography. Artikel ini akan membantu kalian untuk semakin memahami apa saja yang perlu diperhatikan pada saat pengambilan video.

Yang pertama, hindari penggunaan fitur ‘zoom’

Saat kamu terlalu banyak menggunakan teknik zoom, kemungkinan besar akan ada masalah yang seringkali terjadi bagi pemula. Penggunaan teknik zoom yang berlebihan berdampak pada video akan terlihat amatir dan bahkan bisa membuat penonton pusing. Jika sangat terpaksa kamu ingin menggunakan teknik / fitur zoom, lakukan dengan perlahan dan tetap stabil. Teknik zoom juga sangat tidak disarankan karena baik digital ataupun optical zoom akan merusak kualitas video yang sudah kamu rekam.

Simak artikel ini 5 Cara Agar Video Kamu Berkualitas Baik

Yang kedua, gunakan angle yang berbeda

Kamu bisa menggunakan footage dengan mengambil gambar dari beberapa kamera dan memasukkan gambar yang tidak biasa ke dalam hasil final. Dengan begitu, hasil rekaman kamu akan menjadi menarik dan tidak didapat di rekaman video manapun. Agar lebih maksimal, kamu bisa mengambil video dari jarak dekat dengan jarak pandang ke atas ke bawah jika dimungkinkan.

Yang ketiga, hindari backlight

Hanya karena kita bisa melihat wajah orang yang areal kepalanya ditutupi matahari, bukan berarti kamera juga memiliki kemampuan demikian. Backlight atau cahaya matahari yang membelakangi subyek ketika mengambil gambar seringkali membuat subyek tidak terlihat dengan jelas. Kamu bisa memperbaiki situasi tersebut dengan berpindah ke sudut yang lain.

Baca juga : 3 Teknik Pencahayaan Dalam Perfilman

Yang terakhir, ambil gambar per adegan

Ketika menjalani syuting usahakan untuk memiliki lebih dari satu kamera. Hal ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin mengambil dari arah yang berbedaKetika mengambil gambar di ruangan terbuka dan ramai pun, kamu harus perhatikan untuk menjaga kestabilan gambar kamu. Ingatlah kalau kamu berkewajiban menyampaikan pesan kepada penonton jadi cobalah mengambil gambar dari sudut yang yang fokus dan tidak membuat jenuh penonton.

Nah itulah 4 tips yang bisa Yesternight.id  berikan untuk kamu. Jika kamu penasaran, pastikan kamu mencobanya dan buktikan sendiri apakah keempat tips tersebut bekerja sesuai ekspektasi kamu! Pastikan kamu juga membaca artikel lain yang disediakan Yesternight.id ya agar kamu mendapatkan informasi menarik lainnya!

Yesternight.id merupakan penyedia berbagai jasa yang akan membantu meringankan beban kamu dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain dArtikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id