Biaya Minim Ingin Buat Film? Bisa!

Selain membutuhkan waktu yang lama dan keterlibatan banyak orang, memproduksi sebuah film juga tentu membutuhkan dana yang cukup besar. Akan tetapi, jika kamu bisa berpikir dengan kreatif, kamu bisa membuat film pendek dengan biaya seminimal mungkin. Berkembangnya teknologi akan membantu kamu untuk meminimalisir biaya yang keluar selama proses produksi film.

Jika kamu ingin mulai memproduksi film, sebelumnya kamu harus sudah tahu siapa saja orang-orang yang akan kamu jadikan tim. Kamu juga harus memastikan bahwa mereka bersedia dan sukarela untuk memproduksi film bersama kamu, ya! Yesternight.id akan memberi saran yang dapat membantu kamu membuat film dengan biaya kecil.

  • Budgeting

Tentukan biaya yang sekiranya akan dibutuhkan selama proses produksi film. Jangan lupa untuk memasukkan biaya yang dibutuh dari pre-production hingga post-production termasuk biaya yang akan digunakan untuk mempromosikan film. Ketika menentukan biaya, pastikan bahwa dana tersebut bukanlah satu-satunya uang yang kamu miliki. Andai kata kamu kehilangan uang tersebut di esok hari, kamu harus memastikan bahwa kamu masih memiliki dana untuk melanjutkan hidup.

  • Cash on hand

Maksud dari cash on hand adalah gunakan uang yang kamu miliki. Jangan sampai kamu mengambil pinjaman untuk memproduksi film. Untuk menambah dana, kamu bisa membuat program sponsorship dengan orang-orang yang biasanya membiayai produksi film.

  • Gear rental

Minimalisir peminjaman perangkat. Dalam membuat film pendek sebenarnya tidak diperlukan perangkat yang terlalu banyak. Jika kamu ingin melengkapi perangkat dengan menyewa, cukup pilih perangkat yang essential seperti boom untuk merekam suara dan lighting yang memadai.

  • Location and schedule

Usahakan untuk menggunakan hanya satu lokasi atau memilih lokasi yang tidak berbayar untuk menekan biaya produksi. Buat jadwal serapi mungkin agar biaya yang dibutuhkan tidak membengkak. Kamu bisa menyusun storyboard agar dapat membuat schedule yang padat dan tepat. Pengambilan gambar harus dilakukan berdasarkan lokasi agar tidak membuang-buang waktu.

  • Wardrobe

Jika dibutuhkan pakaian baru untuk aktor, kamu bisa meminjam pada kru terlebih dahulu agar tidak mengeluarkan biaya tambahan. Namun jika tidak ada, kamu bisa menyewa atau membeli di thrift shop agar mendapatkan kostum dengan harga murah.

  • Crew and actors’ needs

Jangan lupakan kebutuhan dasar para kru dan aktor seperti makan dan minum. Sediakan juga P3K untuk berjaga-jaga  jika terjadinya kecelakaan ringan di lokasi pengambilan gambar.

Photo Of Camera Crew Standing Near Each Other
Sumber: pexels.com

Masih tidak percaya kalau kamu bisa membuat film dengan biaya yang sangat minim atau bahkan zero budget? Ini dia daftar film terbaik yang diproduksi tanpa biaya:

  • El Mariachi (1992)
  • Clerks (1994)
  • Night of the Living Dead (1968)
  • Little Miss Sunshine (2006)
  • Lost in Translation (2003)

Nah, setelah mengetahui semua ini, tidak ada alasan lagi untuk kamu tidak memproduksi film pendek. Jangan ragu untuk memulai dan mengajak teman-teman serta penggian film di sekitarmu untuk mulai memproduksi film. Tidak pernah ada batasan bagi orang kreatif untuk terus berkarya dan meningkatkan produktivitas!

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. Berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar