Suka Fotografi? 10 Film ini Wajib Ditonton?

Fotografi merupakan hobi maupun pekerjaan yang sangat menarik. Selama proses pengerjaannya pun, karya seni fotografi akan memberikan pengalaman yang tidak kalah serunya dari olahraga maupun karya seni lainnya. Tidak jarang juga selama proses foto itu fotografer mendapatkan hal baru yang dapat dijadikan pelajaran dalam hidup. Kisah-kisah itu lah yang pada akhirnya menginspirasi filmmaker untuk membuat film dengan tema fotografi. Ini dia film-film tentang fotografi rekomendasi Yesternight.id.

 

  1. The Bang Bang Club (2010)

Dibintangi oleh aktor terkenal Robert Downey Jr, film ini menceritakan tentang seorang fotografer terkenal yang mengambil foto anak busung lapar yang pada akhirnya sempat menjadi foto paling terkenal di dunia. Film ini merupakan dokumenter yang diambil dari kejadian nyata dan menunjukkan kisah fotografer perang di daerah konflik di Afrika Selatan. Melalui film ini juga, penonton dapat belajar tentang beberapa teknik pengambilan gambar dan etika fotografi jurnalistik.

 

  1. Everybody Street (2013)

Seperti judulnya, tema fotografi yang diangkat di film ini adalah street photography. Merupakan film dokumenter yang membahas tentang semangat fotografer dalam mengabadikan jalanan kota New York. Lima fotografer di dalam film ini membagikan pengalaman mereka selama proses pengambilan gambar.

 

  1. Finding Vivian Maier (2013)

Ketika masih hidup, nama Vivian Maier tidak dikenal sama sekali. Bagaimanapun, pengalaman hidupnya tersimpan abadi dalam karya-karya fotografinya yang terkumpul di dalam sebuah peti.

 

  1. War Photographer (2001)

Menceritakan tentang James Nacthwey yang merupakan seorang fotografer jurnalis yang selalu mengunjungi kota-kota di mana terjadinya perang seperti Kosovo dan Rwanda. James Nactwey juga cukup legendaris di Indonesia karena sempat mendokumentasikan kerusuhan etnis di Sampit dan kerusuhan Mei 1998.

 

  1. One Hour Photo (2002)

Film karya Mark Romanek ini berkisah tentang seorang teknisi di klinik foto yang mendedikasikan hidupnya untuk pelanggan. Film ini akan mengajarkan penonton mengenai pentingnya totalitas dalam dunia fotografi.

 

  1. The Salt of the Earth (2014)

Dokumenter yang satu ini mengisahkan perjalanan 40 tahun karir fotografi Sebastiao Salgado. Film ini berhasil membawa emosi penontonnya sehingga dapat merasa keserakahan dan harapan yang dirasakan oleh pemeran utama. Tidak hanya mempelajari fotografi, film ini juga menyadarkan penonton akan masalah sosial yang ada di dunia.

 

  1. Everlasting Moments (2008)

Belakangan ini penggunaan kamera analog kembali menjadi tren di kalangan anak muda. Film ini menceritakan sejarah sebuah kamera analog yang sudah melewati banyak moment berharga. Kamera analog yang digunakan di dalam film ini membantu seorang perempuan menemukan jati dirinya di usia dewasa.

 

  1. Kodachrome (2017)

Berbeda dari film-film sebelumnya yang merupakan dokumenter, film ini merupakan fiksi yang mengisahkan seorang fotografer legendaris yang ingin dekat dengan anaknya di hari tua. Dalam film ini, fotografi berperan penting dalam menghubungkan orang tua dan anaknya.

 

  1. Fur: An Imaginary Portrait of Diane Arbus (2006)

Dibuka dengan pengambilan gambar yang dilakukan oleh Diane Arbus dan suaminya Allan, film ini merupakan fiksi romansa yang diangkat berdasarkan biografi Diane Arbus sendiri.

 

  1. The Secret Life of Walter Mitty (2013)

Film ini menceritakan tentang petualangan Walter Mitty, seorang negative assets manager di majalah LIFE, yang mendapatkan masalah ketika akan mengalami transisi ke media daring. Walter harus mencari fotografer Sean O’Connel sehubungan dengan negatif film yang hilang.

 

Film-film bertema fotografi di atas tentu akan memberikan inspirasi dan meningkatkan semangat untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan di bidang fotografi. Untuk menjadi seorang fotografer, tidak hanya perangkat yang memadai yang dibutuhkan tetapi juga keinginan yang kuat untuk mendapatkan hal baru dari proses pengambilan gambar itu sendiri.

 

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. Berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar