Orang-orang Penting dalam Produksi Film

Dalam proses produksi suatu film, banyak sekali orang-orang yang terlibat. Mekipun demikian, ada posisi-posisi yang merupakan pemeran utama agar pembuatan film dapat berjalan dengan lancar. Mereka merupakan penggerak awal dari dibuatnya suatu film. Siapa saja kah mereka?

  1. Produser Eksekutif

Produser eksekutif merupan mereka yang terdiri dari beberapa oranng dan membiayai pembuatan film.

  1. Produser

Produser bertugas untuk memberikan laporan mengenai proses pembuatan film kepada produser eksekutif. Kewajibannya adalah untuk melakukan kordinasi, kontrol, dan evaluasi terkait dengan biaya dari pembuatan film.

  1. Manajer Produksi

Bertugas untuk mengawasi segala kegiatan pembuatan film dan mengatur jadwal dari pengambilan gambar.

  1. Sutradara

Sutradara merupakan pengarah utama dan produksi suatu film. Tanggung jawab yang diemban oleh sutradara adalah segala kegiatan produksi dari awal pencetusan ide kreatif, alur dan konten cerita, memberitahu actor tentang adegan yang akan dilakukan, pemilihan lokasi film, penentuan soundtrack daan durasi film, juga menentukan waktu pengambilan atau shooting.

  1. Asisten Sutradara

Asisten sutradara biasanya berjumlah lebih dari satu. Tugas mereka adalah untuk membantu, memastikan, dan mengawasi seluruh tugas dan tanggung jawab yang diperintahkan sutradara agar berjalan baik. Biasanya juga, asisten sutradara mengerjakan perintah yang diberikan oleh sutradara.

  1. Asisten Produksi

Tugasnya adalah untuk menyiapkan seluruh perlengkapan yang akan digunakan dalam embuatan film dan membantu asisten sutradara.

  1. Penulis Naskah

Seperti namanya, penulis naskah bertugas untuk menulis naskah yang akan digunakan sebagai jalan dan konten cerita untuk film yang akan diproduksi. Dalam proses pembuatan film, seorang penulis naskah akan melakukan pengawasan dan memastikan adegan sesuai dengan naskah.

  1. Script Continuity

Tugas utama dari seoranng script continuity adalah untuk memotret setiap hal visual yang muncul di dalam frame agar kesinambungannya tetap terjadi di setiap adegan. Ketelitiannya harus tinggi agar film yang dihasilkan tidak memiliki gap yang janggal.

  1. Aktor

Aktor bertugas untuk memerankan karakter sesuai dengan yang telah tertulis pada naskah. Aktor harus mampu menyampaikan emosi dan cerita kepada penonton.

  1. Tim Artistik

Bertanggungjawab untuk menyusun tampilan latar maupun pemeran dalam sebuah film dengan mempertimbangkan sisi sinematiknya. Umumnya, tim artistik terdiri dari penata rias, penata busana, dan penata latar.

  1. Penata Kamera

Biasanya disebut sebagai sinematografer atau Director of Photography (DOP). Tugasnya adalah untuk menentukan teknis dari pengambilan gambar agar mendapatkan hasil yang terbaik. Dengan beerdiskusi bersama sutradara, DOP akan menentukan jenis kamera, lensa, pendekatan dan pengambilan gambar, juga tone yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan cerita.

  1. Kameramen

Selain bertugas untuk mengambil gambar adegan dalam sebuah film, kameramen juga harus memastikan kualitas pengambilan gambar agar selalu sama. Kameramen juga  dituntut untuk mampu mengambil gambar dalam berabagai cara dan keadaan baik menggunakan alat bantu maupun secara manual.

  1. Clapper

Tugasnya adalah untuk memberikan identitas berupa scene, shot, dan take pada gambar yang sedang diambil.

  1. Lighting

Bertugas  untuk mengatur pencahayaan sesuai dengan arahan dari DOP.

  1. Sound

Terdiri dari kepala departemen yang bertugas untuk mengatur dan memilih microphone dan boom operator yang bertugas  untuk merekam suara melalui alat bernama boom.

  1. Editor

Tugas dari seorang editor adalah untuk menyatukan pengambilan gambar adegan demi adegan sehingga tersusun menjadi sebuahh film yang utuh sesuai dengan alur pada naskah. Maka dari itu, editor bertugas paling akhir setelah pengambilan gambar selesai. Editor juga bertugas untuk memberi efek visual sesuai dengan arahan dari tim artistik dan sutradara.

Di atas merupakan orang-orang penting di balik suatu film. Untuk menjadi sineas atau filmmaker profesional, dibutuhkan pengalaman dan ilmu yang banyak. Jika kamu ingin menjadi filmmaker profesional, saat ini sudah banyak sekolah dan universitas yang menawarkan program perfilman yang berfokus pada produksi. Kamu juga bisa memulai pengalaman kamu dengan memproduksi film pendek sendiri bersama teman-teman.

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. Berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id