Mengenal Green Screen

Bagi orang-orang yang sudah mendalami dunia perfilman, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Green Screen. Yah, meskipun kamu yang tidak segitunya mengikuti dunia perfilman, juga normalnya pernah mendengar tentang Green Screen. Meskipun kenyataannya ada yang tidak tau tentang hal ini, tidak usah khawatir.

Yesternight.ID akan memberikan informasi lengkap mengenai Green Screen khusus untuk kamu. Simak terus yah!

Salah satu warna latar yang sering dijumpai untuk pembuatan sebuah film atau video klip musik ataupun sebuah iklan adalah latar berwarna hijau atau istilahnya Green Screen.

Dengan seringnya kita melihat latar berwarna hijau tersebut, tentu menimbulkan pertanyaan, mengapa harus warna hijau?

Pahami dulu arti dari Green Screen, ya. Green screen memiliki pengertian yang merujuk pada warna latar yang digunakan pada pengambilan gambar atau video yang berwarna hijau.

Green screen (atau blue screen) adalah tirai atau layar berwarna hijau (atau biru) yang digunakan sebagai latar belakang dalam proses pembuatan film atau praktek komunikasi visual lainnya. Tujuan digunakannya green screen sendiri adalah untuk memudahkan proses penyuntingan yakni dengan menambahkan latar belakang, karakter, atau gambar lain.

Digunakannya layar warna biru atau hijau sebagai latar belakang dalam proses pengambilan gambar di studio karena kedua warna tersebut dipandang tidak menyerupai warna kulit. Namun, di antara keduanya, layar warna hijaulah yang paling banyak digunakan dalam pembuatan video atau film. Hal ini dikarenakan semakin luasnya penggunaan kamera dengan high-definition oleh pengguna. Selain itu, dibandingkan dengan warna biru, warna hijau lebih mudah disinari dengan pencahayaan buatan sehingga cahaya yang dibutuhkan untuk menyinari warna hijau tidaklah banyak. Penghematan biaya produksi film pun dapat ditekan utamanya terkait dengan pencahayaan dan pemasangan.

Contoh yang sering kita lihat adalah latar sebuah tempat asing yang tidak pernah terlihat, latar di tengah lautan yang terombang-ambing, latar luar angkasa, dan sebagainya.

Bagian film yang hanya diambil dalam sebuah ruangan yang berlatar hijau bisa menjadi sebuah tayangan film yang mampu membius dan memukau mata penonton.


Fungsi Green Screen dalam Pembuatan Film

Selain memiliki efektivitas dalam penggunaannya, green screen juga memiliki peran penting yang sangat mendukung keberhasilan editing sebuah film atau video lainnya.

Fungsi green screen dalam pembuatan sebuah film atau video, di antaranya:

1. Pengganti Background

Menciptakan latar belakang yang bagus tentu memerlukan biaya yang mahal dan belum tentu terdapat properti atau tempat yang memiliki latar belakang sesuai dengan konsep cerita dan pikiran pengarang.

Untuk itu, di sinilah fungsi green screen bisa dirasakan, yakni sebagai pengganti latar belakang yang tidak mungkin didapatkan.

Nantinya latar berwarna hijau dari green screen tersebut akan disunting dengan diganti atau digabungkan menggunakan latar lain berupa gambar atau warna yang lainnya sesuai dengan alur naskah cerita.

2. Menciptakan Tampilan Visual yang Menakjubkan

Setelah latar green screen disunting dengan gambar atau latar belakang tertentu akan menghasilkan tampilan yang menakjubkan.

Visual yang diharapkan dan disesuaikan dengan naskah cerita bisa didapatkan tanpa harus mengambil latar secara langsung bersamaan dengan akting para aktor dan lebih hidup.

3. Memudahkan Proses Pengeditan

Menggunakan warna hijau sebagai latar akan memudahkan proses penyuntingan oleh editor. Warna hijau akan lebih mudah diedit dibandingkan warna lain.

Editor akan lebih mudah dalam memisahkan objek utama dengan latar dan hasil suntingan juga lebih bersih. Hal ini akan lebih memudahkan editor dalam melakukan blocking background dan menonjolkan peran utama dalam film.

4. Meminimalisir Biaya Produksi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, penggunaan properti yang minim akan menghemat pengeluaran biaya produksi dalam sebuah film.

Penghematan properti ini bisa dilakukan dengan menggunakan green screen sebagai penggantinya. Pengambilan gambar yang berada di dalam studio juga akan menghemat biaya transportasi dan sewa lokasi.

Dengan mengetahui pengertian green screen dan memahaminya dengan benar, akan memudahkan dalam menggunakan green screen, terutama peranannya pada dunia perfilman.

Nah, sekarang pengetahuan kamu seputar Green Screen bertambah ya? Jangan lupa juga kepoin artikel Yesternight.ID lainnya seperti tren fotografi 2021 dan cara mengubah resolusi fotomu dengan cepat.

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.
Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar