Hal yang Dipelajari Jurusan Perfilman, 8 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui

Tak jarang tiba-tiba muncul dipikiran “kalo udah gede nanti mau jadi apa ya” atau “aku suka hal ini tapi bisa enggak ya dijadikan pekerjaan yang menghasilkan uang. Pasti bukan cuman kamu yang punya pikiran kayak gitu. Mungkin semua orang pernah memikirkannya.

Sering juga mikir, kalo mau jadi dokter berarti harus sekolah atau Pendidikan kedokteran. Kalau mau jadi guru harus sekolah atau Pendidikan guru. Terus kalau mau jadi pemain film harus jurusan perfilman gitu? Emangnya di jurusan perfilman bakal belajar apa aja sih?

Pasti banyak yang masih bingung sebenarnya di jurusan perfilman apa yang dipelajari, lebih ke teknis pembuatan film atau lebih ke actor-aktor yang bermain film nya ya. Tenang aja karena sebentar lagi kamu akan mengetahuinya. Yesternight.id sengaja membuat rangkuman mengenai apa aja yang dipelajari di jurusan perfilman special hanya untuk kamu. Jadi pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis ya.

Sekolah perfilman merupakan salah satu jurusan diantara banyak jurusan lain yang terdapat pada jenjang Pendidikan yang dengan khusus mempelajari Teknik-teknik pengetahuan dalam pembuatan film. Banyak hal yang akan kamu  pelajari di jurusan ini. Berikut adalah pemarannya:

Baca juga: Jurusan Televisi dan Film – Informasi Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu

Producing

Hal pertama yang akan dikenalkan pada jurusan perfilman adalah mengenao dasar-dasar dari sebuah produksi audio visual. Kamu akan mempelajari wokflow mulai dari pra-produksi, produksi, dan dasar pasca-produksi. Hal lain yang dipelajari adalah dasar manejemen produksi, system dari peran asisten sutradara dan produser pelaksana yang mencakup hal untuk mengatur call sheets, breakdown script, jadwal produksi, serta finalisasi buku administrasi produksi.

Screenwriting

Screenwriting merupakan pelajaran wajib yang ada di sekolah film. Dalam hal ini kamu akan belajar mengenai penulisan scenario, membangun ide dasar, karakterisasi, dasar pemetaan cerita, logline, premis, struktur 3 babak, dan treatment. Sehingga nantinya kamu akan mempunyai dasar yang kuat dalam menulis scenario film untuk diproduksi.

sumber: Photography Maghradze PH

Sejarah Film

Sejarah film merupakan hal yang dipelajari di sekolah film. Sejarah yang dipelajari disini adalah era-era yang membentuk film dan industry film, seperti inovasi teknologi, era perfilman Indonesia di era Soekrano, sinema Indonesia Orde baru, serta sinema Indonesia setelah reformasi. Tujuan dari mempelari sejarah film ini adalah agar sejarah-sejarah tersebut dapat diteliti dari berbagai aspeknya seperti aspek teknologi, social, budaya, dan ekonomi industry.

The Tools of Director

Pada jurusan ini terdapat satu jurusan atau mata kuliah yang khusus memperkenalkan peranan seorang sutradara film serta metode yang harus dipersiapkan oleh seorang sutradara. Hal itu mencakup pembuatan script breakdown, pembedahan storyboard, serta mempersiapkan breakdown karakter. Disini kamu kan mempelajari cara melakukan eksekusi membedah script, membuat visualisasi konsep, bloking pemain, dan dasar-dasar acting untuk dapat mengarahkan pemain.

Sinematografi

Hal yang dipelajari dalam sinematografi ini adalah sejarah kamera film, kamera digital, peran sinematografer, teori konsep visual, membaca storyboard, dasar-dasar pemakaian kamera video, serta membuat konsep visual dari script, hingga pada akhirnya adalah melakukan eksekusi saat produksi berlangsung.

Post Production

Hal lain yang dipelajari dari jurusan perfilman adalah sejarah film editing yang akan mempelajari software editing non linear seperti adobe premiere pro. Selain itu dipelajari juga mengenai teori dan eksekusi dimensi editing, editing continuity, metode montage, juxtaposisi, serta merangkai narasi fiksi.

sumber: Dmitry Demidov

Metode Merekam Suara

Hal yang dipelajari selanjutnya adalah berbagai macam metode merekam suara, teori suara, tipe microphone, tipe mixer lapangan, praktet baik di dalam maupun di luar kelas dalam perekaman suara, serta manajemen data audio digital.

Itulah beberapa hal yang dipelajari di jurusan perfilman. Namun jangan heran jika sebetulnya masih banyak pelajaran atau mata kuliah yang dipelajari di dalam jurusan ini. Biasanya menyesuaikan dengan Lembaga penaung sekolah perfilman tersebut. Adala yang berada di bawah naungan ilmu komunikasi sehingga banyak mempelajari dasar-dasar dan teori komunikasi.

Baca juga https://www.idntimes.com/life/education/reksita-galuh-wardani/10-kampus-indonesia-ini-tawarkan-jurusan-film-lho-berminat-c1c2

 

Yesternight.id merupakan penyedia berbagai jasa yang akan membantu meringankan beban kamu dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar