Filmmaking Hack: DIY Filming Gear Super Gampang!

Di zaman serba DIY ini, filmmaking dengan budget pas-pasan bukan angan belaka lagi!

Siapa sih yang nggak tahu DIY hari gini? Manusia tambah kreatif, dan kegiatan pun dipermudah aksesnya dengan DIY hacks. Termasuk kegiatan filmmaking.

Kali ini, giliran camera gear nih yang bisa dibikin versi DIY-nya, dan hanya dengan peralatan rumah tangga lho! Yuk, simak filmmaking hack dari Wondershare Filmora berikut ini untuk DIY gear impian kamu.

 

  1. Smooth camera movement

Gerakan smooth pada saat movement bisa diakali dengan merekatkan handphone kamu di daun pintu bawah banget dengan lakban.

Lalu, tinggal buka pintu dan jalan ke dalam ruangan seperti contoh di bawah ini.

Wkwkwkkk sabi deh sabi.

 

  1. Filming underwater

Yang satu ini untuk memberikan perspektif underwater buat filming kamu. Cari wadah transparan, lalu isi dengan air.

 

Kemudian, taruh handphone atau kameramu di atas permukaan rata (mis. meja, lantai) dan taruh wadah berisi air tadi ke atas handphone tepat posisi kameranya; atau ke atas kmera tepat di lensanya.

Tadaa, jadi deh underwater shot ala-ala! Tinggal rekam yang kamu mau.

 

  1. DIY LED warna-warni

Warna adalah elemen penting untuk mengekspresikan suasana dan emosi dari sebuah cerita. Tapi, gimana dong kalau hanya punya LED basic biasa?

Penyelamatnya adalah cover plastik mika atau map L plastik transparan yang warna-warni itu, lho. Contohnya yang ini:

Image result for map plastik selip warna-warni transparan   Image result for plastik mika warna

Nah, caranya adalah tempelkan di LED-nya seperti ini.

Dompet aman, tetep dapat LED berwarna, hidup pun ikut berwarna~ Eh tapi tetap hati-hati ya, karena LED-nya pasti panas dan plastik bisa terbakar 😮 stay alert!

 

  1. Light shape dengan kardus

Jika kamu ingin menambah efek light shape ke film, hack yang satu ini bisa dicoba. Potong-potong beberapa bagian kardus hingga jadi seperti ini:

Lalu eksekusi deh, gini misalnya:

Shape light ini cocok kalau kamu ingin menambahkan satu sentuhan backstory, konteks, maupun menunjukan lokasi scene yang kamu ceritakan dengan lebih detail. Bentuk dan ukurannya bisa kamu buat sesuai kebutuhanmu.

Yang ini jadi kelihatan seperti shot dari luar jendela, ya?

 

  1. POV shot

Kalau bosan shot dan framing gitu-gitu aja, boleh dicoba variasi POV lain.

Misalnya seperti ini nih, POV nge-meal snack. Buka kedua sisi dari kemasan snack, lalu taruh ujung bawahnya di atas lensa kamera atau handphone kamu dan rekatkan dengan solatip di sekitarnya.

Terus, masukin aja snack-nya ke dalam kemasan tadi. Sambil kameranya ngerekam, kamu ambil dan makan snack-nya. Enak plus gampang pol!

 

  1. Barel roll shot

Last but not least, DIY hack ini bisa kamu lakukan untuk gerakan merotasi tanpa menggunakan gimbal. Kamu bisa menggunakan drill sebagai penggantinya.

Rekatkan dulu smartphone atau kamera kamu di drill dengan lakban atau perekat lain yang kamu prefer. Yang pasti yang daya rekatnya kuat, ya.

Lalu nyalakan drill-nya dan rekam deh. Voila!

 

And cut! 🎬

Gimana, gimana? Smart hack banget, kan? Alat-alatnya juga gampang dan terjangkau, pastinya. Cek juga versi full videonya dari Wondershare Filmora di sini. Happy DIY, folks!

Biar makin afdol, klik artikel lainnya dari Yesternight.id di sini tentang teknik dasar lighting serta sound effect dalam pembuatan film.

Yesternight.id juga menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Referensi:

https://photographypro.com/white-balance-/

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id