Beberapa Istilah dalam Sinematografi yang Wajib Kamu Ketahui

Sinematografi mungkin tidak asing di dengar bagi Sebagian orang. Kita sering mendengar kategori sinematografi terbaik. Penghargaan sinematografi ini diberikan kepada film yang dapat menyampaikan pesan melalui visual yang sangat bagus dalam hal mendalami peran, emosi, dan lain sebagainya. Lalu sebenarnya apa sih sinematografi itu?

Sinematografi sendiri berasal dari Bahasa Yunani kuno yang artinya merekam gambar bergerak. Sinematografi merupakan seni yang dimiliki oleh sesorang agar dapat mengisahkan cerita secara visual dalam pembuatan sebuah film. Singkatnya sinematografi ini adalah Teknik menangkap gambar sekaligus menggabungkan gambar tersebut menjadi rangkaian gambar atau visual yang disebut dengan film. Lihat juga: Pengertian Sinematografi: Teknik dan Komposisi | Selamatpagi.ID

Terdapat beberapa istilah yang biasa dipakai di dalam dunia sinematografi. Berikut adalah informasinya yang telah Yesternight.id rangkumkan hanya untuk kamu:

Sinematografer

Sinematografer merupakan orang yang bertanggung jawab di dalam departemen sinematografi. Tugas dari sinematografer ini adalah melukis cahaya menjadi sebuah gambar dengan menggunakan media kamera. Singkatnya sinematografer ini adalah orang yang bertanggung jawab atas nilai indah dari hasil pengambilan sebuah gambar

Sumber: Cottonbro

 

Exposure

Exposure atau pencahayaan merupakan cahaya yang ditangkap oleh sensor. Semakin sedikit cahay yang tertangkap, maka gambar yang dihasilkan akan semakin gelap. Sebaliknya, semakin banyak cahaya yang dihasilkan oleh sumber, maka gambar yang dihasilkan akan semakin terang. Cahaya dibagi menjadi dua jenis cahaya yaitu cahay alami dan cahaya buatan.

Cahaya alami di dapat dari cahaya matahari sementara cahaya buatan adalah cahaya yang sengaja dibuat untuk menambah penerangan. Contoh dari cahaya buatan ini adalah cahaya yang berasal dari lilin dan lampu. Exposure dalam kamera dipengaruhi oleh sedikitnya tiga hal yaitu Shutter, Aperture, dan ISO/ASA. Baca juga: https://yesternight.id/tips-trick/pengertian-aplikasi-after-effects-dan-fungsi-fungsi-penting-dalam-after-effect/

 

Sensor Kamera

Sensor kamera merupakan perangkat sensor yang ada di dalam setiap kamera. Fungsi dari sensor kamera ini adalah untuk menangkap cahaya. Ukuran sensor kamera pada tiap kamera biasanya berbeda-beda. Semakin besar ukuran sensor, maka semakin banyak cahaya yang ditangkap. Sementara semakin kecil ukuran sensor, cahaya yang ditangkap semakin sedikit.

Sumber: Dominika Reseclay

ISO

ISO atau sensitivitas pada sensor kamera dalam menangkap cahaya. Nilai ISO contohnya adalah 50, 100, 200, 400, 800 dan seterusnya. Biasanya nilai ISO ini dikalikan dua dari nilai sebelumnya. Semakin besar nilai ISO, semakin sensitive sensor dalam menangkap cahaya sehingga gambar yang ditangkap semakin terang. Namun hati-hati dengan ISO tinggi, karena dapat menimbulkan noise pada gambar. Baca juga Memahami pengertian ISO dalam fotografi (belfot.com)

Shutter

Shutter atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan rana, istilah gampangnya adalah tirai yang terdapat dalam sensor. Tirai tersebut terkadang membuka atau menutup dalam waktu tertentu atau disebut dengan shutter speed. Apabila Shutter atau tirai ini dibuka dan ditutup lebih lama, maka cahaya akan semakin banyak masuk ke dalam sensor. Sebaliknya apabila Shutter atau tirai ini dibuka dan ditutup lebih cepat, maka cahaya akan semakin sedikit masuk ke dalam sensor. Lihat selengkapnya di https://tirto.id/apa-itu-aperture-shutter-speed-iso-pada-kamera-dan-cara-kerjanya-f1te

 

Aperture

Di dalam lensa kamera biasanya terdapat pisau atau blade. Aperture atau bukaan lensa merupakan proses membuka atau menutup pisau atau blade tadi. Proses membuka dan menutup bukaan lensa ini akan mempengaruhi jumlah intensitas cahaya yang masuk ke dalam sensor. Semakin lebar bukaan lensa, maka cahaya yang akan diteruskan ke sensor akan semakin banyak dan sebaliknya semakin sempit bukaan lensa, maka cahaya yang akan diteruskan ke sensor akan semakin sedikit.

Demikian beberapa istilah penting yang terdapat dalam sinematorgafi yang bisa Yesternight.id rangkumkan untuk kamu. Masih banyak isitilah yang digunakan dalam sinematografi dan akan di bahas pada artikel selanjutnya. So stay tuned!!!!!

Yesternight.id merupakan penyedia berbagai jasa yang akan membantu meringankan beban kamu dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar