Apa Saja Jenis Drone?

Kamu disini berencana untuk mempunyai drone? Artikel ini pas deh buat kamu simak.

Yuk kenali arti dari drone terlebih dahulu!

Drone adalah sebuah pesawat terbang tanpa awak atau yang disebut juga dengan Unmanned Aerial Vehicles (UAV).

Drone biasa mempunyai berbagai macam jenis ukuran, bentuk, dan fungsi. Beberapa drone dilengkapi dengan kamera, infra merah, GPS, sensor, dan bisa juga senjata serta alat pendukung lainnya. Drone terbuat dari bahan yang ringan, sehingga bisa terbang dengan cepat dan dapat juga terbang pada ketinggian yang rendah maupun ketinggian tertentu untuk menghindari hal yang diinginkan.

Awalnya drone hanya dipergunakan oleh anggota militer untuk menyelesaikan berbagai macam misi yang mempunyai risiko tinggi jika dikendarai pilot di dalamnya. Seiring perkembangan teknologi, saat ini drone digunakan secara luas untuk berbagai kegiatan.

Bedanya, drone untuk militer atau badan pemerintah biasanya berukuran lebih besar dan bahkan dilengkapi dengan persenjataan guna mempertahankan drone tersebut dari serangan. Semetara untuk keperluan komersial, drone dibuat lebih kecil dan ringan yang jika dibayangkan hanya seluas telapak tangan orang dewasa saja.

Yang paling populer saat ini adalah drone yang dilengkapi dengan kamera, yang dimanfaatkan untuk memotret gambar dan membuat film. Setidaknya ada lima jenis drone kamera paling umum sebagai berikut:

  1. Syma RC Quadcopter X8G

Sekilas mirip dengan jenis drone terkenal yang ada di industri pembuatan drone. Jenis drone ini mempunyai banyak fitur yang cukup mumpuni, namun dibanderol dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Drone ini dilengkapi dengan kamera berukuran 5 megapixel dan dapat digunakan untuk mengambil video dengan ukuran kualitas 1080 pixel.

  1. Wltoys Drones V686G FPV

Mempunyai kamera berukuran 2 megapixel dan dilengkapi dengan fitur pendukung seperti built in. Drone jenis ini dapat terbang selama delapan menit dan jarak terbang yang dimiliki adalah 150 meter.

  1. Cheerson CX 20

Drone CHEERSON CX 20 GPS | Shopee Indonesia

Memiliki fitur GPS, sehingga dapat dikontrol dengan sangat mudah dan dapat diterbangkan dengan jarak sekitar 300 meter dengan waktu terbang sekitar 15 menit.

  1. Parrot AR Drone 2.0 Elite Edition

Parrot AR Drone 2.0 Elite Edition Quadricopter: Amazon.co.uk: Electronics

Dapat dikendalikan dalam jarak 40 meter dan untuk waktu terbangnya adalah 10 menit.

  1. Walkera Runner 250 Basic 3 RTF FPV

Walkera Runner 250 Basic 3 RTF FPV Racing Quadcopter Drone - Black - JakartaNotebook.com

Dapat terbang dengan jarak 40 km per jam atau 1.000 meter. Drone jenis ini telah dibekali dengan kamera built in dengan kualitas HD 800 TVL. Drone ini dapat terbang selama 12 menit dan memiliki baterai dengan kapasitas 11,1 volt atau 2200 Mah.

Drone saat ini sudah sangat umum digunakan di Indonesia, maka jumlah penggunaan drone pun meningkat. Sehingga pemerintah pun mengeluarkan regulasi mengenai peraturan penerbangan drone. Hal ini diatur agar tidak membahayakan ataupun merugikan banyak pihak.

Regulasi tersebut pun tertuang pada Peraturan Menteri Perhubungan No.90 Tahun 2015 mengenai peraturan Menteri Perhubungan tentang pengendalian pengoperasian pesawat udara tanpa awak di ruang udara yang dilayani Indonesia.

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. Berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.i menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar