Alasan Mendasar Mengapa Parasite Mendapatkan Banyak Penghargaan Piala Oscar

Dalam sebuah bidang, sudang tidak asing jika dalam waktu yang rutin seringa ada pemberian penghargaan sebagai bentuk apresiasi serta untuk semakin meningkatkan prestasi. Tak terkecuali dalam dunia perfilman, banyak sekali jenis penghargaan yang diberikan baik itu skala nasional maupun internasional.

Penghargaan tersebut seperti Festival Film Indonesia, Indonesian Movie Actors Awards, Piala Maya, Tokyo International Film, Piala Oscar, dan lain sebagainya. Namun terdapat satu diantara banyak film tersebut yang menarik perhatian kita semua yaitu film Parasite.

Tahun 2020 kemarin seperti pada tahun-tahun sebelumnya yang rutin mengadakan academy awards atau lebih dikenal dengan the Oscars atau piala Oscar banyak mendatangkan kejutan seperti pertama kalinya dalam sejarah film Parasite dengan film non bahas Inggris yang memenangkan kategori film terbaik.

Selain itu masih banyak penghargaan-penghargaan lainnya yang berhasil didapatkan oleh film ini. apa saja alasan yang mendasari film Parasite ini mendapatkan penghargaan-penghargaan tersebut? Yesternight.id akan membahasnya khusus untuk kamu. Pastikan kamu membacanya sampai tuntas ya!

Lihat juga: 5 Fakta Menarik Tentang Piala Oscar – MerahPutih

Apa Itu Piala Oscar

Sering terdengar, namun apa sebenarnya piala Oscar itu? Piala Oscar merupakan penghargaan yang diberikan berupa piala emas kemudian piala tersebut disebut dengan piala Oscar. Nama pemberian pengahargaannya sendiri adalah Academy award atau yang lebih familiar disebut dengan The Oscars.

Penghargaan ini diberikan untuk industry perfilman yang rutin dilakukan setahun sekali. The Oscars terakhir kali dilakukan pada tahun 2020 dengan nama Academy Awards-92. Pada piala Oscar -92 ini banyak memunculkan kejutan, seperti salah satunya adalah penghargaan yang diberikan pada film Korea Selatan yang berjudul Parasite.

Baca juga: Sinopsis Parasite, Film Terbaik Oscar 2020 (kompas.com)

sumber: Pixabay

Parasite

Parasite merupakan film asal Korea Selatan yang disutradarai oleh Bong Joon-Ho. Film ini berkisah menganai satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, satu anak perempuan, dan satu anak laki-laki yang mendiami tempat tinggal di ruang bawah tanah yang tak layak huni. Semua anggota keluarga tersebut tidak memiliki pekerjaan tetap sehingga pada akhirnya mereka semua bekerja di satu rumah yang memiliki rahasia.

Baca juga: Ini Dia 5 Ajang Penghargaan Film Indonesia Yang Ada Tiap Tahun. – Semua Halaman – Hai (grid.id)

Penghargaan yang Didapat dalam The Oscars

Film Parasite mencetak rekor baru dengan memenangkan beberapa penghargaan pada piala Oscars ke 92. Penghargaan tersebut diantaranya adalah kategori “Best Picture”, “Best Director”, “Best Original Screenplay”, serta “Best International Film”. Beberapa pihak mungkin tidak akan menyangka bahwa ketegori-kategori tersebut dimenangkan oleh Parasite yang dilatar belakangi sebagai film yang berasal dari Korea Selatan.

sumber: Tea Oebel

Mengapa Parasite Bisa Mendapatkan Penghargaan Tersebut?

Sebelum piala Oscar ke 92 diadakan, Parasite telah memboyong beberapa penghargaan dalam ajang penghargaan perfilman baik taraf Nasional maupun Internasional Korea Selatan. Hal ini karena memang film yang disajikan melampaui kriteria yang ditetapkan sebagai penerima penghargaan Oscar sehingga dapat mengalahkan film lain bahkan Hollywood.

Hal lain yang menjadi penyebab film ini begitu bagus dan menarik adalah gambaran kehidupan di Korea Selatan yang begitu jompang antara si kaya dan si miskin. Selain itu dalam film ini yang menjadi sorotan adalah kesetaraan gender dalam porsi dan karakter para pemainnya. Sehingga fokus utama yang menjadi sorotan dalam film ini adalah kritik social dan jalan cerita yang terkandung di dalamnya.

Film ini juga menjadi satu kesatuan yang kokoh karena salah satu tokoh tidak ada yang menonjol namun cenderung tiap pemainnya memiliki nilai yang sama pentingnya, sama kuatnya. Bahkan beberapa orang berpendapat jika Parasite tidak memenangkan piala Oscar pun, Parasite akan tetap menjadi terobosan terbaru dan menjadi kiblat karena kehebatan film ini.

Nah begitulah beberapa alasan mendasar mengapa Parasite mendapatkan banyak penghargaan terutama dalam penghargaan The Oscars ini. semoga film-film Indonesia bisa mengikuti jejaknya ya!Jangan lupa buat baca terus artikel-arikel Yesternight.id yang lainnya agar kamu terus mendapatkan informasi terbaru dan menarik terkait industry

Yesternight.id merupakan penyedia berbagai jasa yang akan membantu meringankan beban kamu dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar