4 Lighting Terbaik Bagi Sinematografer

Para sinematografer pasti menginginkan yang terbaik untuk menghasilkan sebuah film yang sukses menggaet minat banyak penonton. Apalagi jika film yang ia hasilkan dapat dijuluki sebagai Blockbuster Movie. 

Banyak hal yang pasti akan dipersiapkan oleh seorang sinematografer sebelum shooting film nya dimulai. Mulai dari pemilihan perangkat yang terbaik dan sesuai budget, aktris dan aktor yang pas untuk memerankan karakter, pemilihan kru, dan masih banyak hal lainnya. 

Salah satu perangkat krusial yang perlu perhatian khusus adalah pencahayaan (lighting).

Pembaca setia Yesternight.ID, ada banyak jenis lampu yang dapat digunakan, dan masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri loh!.

Tetapi memahami berbagai bentuk pencahayaan film dan videografi merupakan langkah awal yang solid. Mempelajari berbagai kekuatan dan kelemahan mereka di lingkungan yang berbeda akan membuat lebih nyaman dengan lampu tertentu yang akan dipilih untuk kit pencahayaan film itu sendiri.

Langkah pertama untuk menghasilkan gambar sinematik dengan cahaya adalah mengetahui jenis cahayanya. Kemudian pilihlah yang terbaik dan cocok untuk pilihan pencahayaan produksi mu sendiri.

Mari kita kenali jenis-jenis lighting beserta kekurangan dan kelebihannya!

 

TUNGSTEN LIGHTS

Sumber : studiobinder.com

Lampu tungsten sering digunakan untuk meniru cahaya matahari karena lampu ini menghasilkan cahaya yang hangat. Biasanya, lampu ini dilengkapi dengan lampu berwajah terbuka atau yang sering disebut dengan fresnel. Lampu ini dapat mencapai 200 kW dan memiliki saklar peredup untuk membantu para pemakainya mengontrol cahaya secara langsung. 

Lampu ini adalah pilihan yang sangat tepat untuk pengaturan pencahayaan interior.

Kelebihan :

  1. Termasuk murah untuk disewa
  2. Color Rendering Index (CRI) dari lampu ini sangat seimbang. Berarti cahaya yang dihasilkan sangat akurat untuk menghubungkan informasi warna sebenarnya dari satu objek dengan mata manusia

Kekurangan :

  1. Jika dibandingkan dengan sumber cahaya lain, lampu tungsten memiliki umur yang relatif lebih pendek. Jadi bohlamnya perlu sering diganti (meskipun harganya murah).
  2. Selain itu, lampu tungsten mudah menjadi sangat, sangat panas. Jadi mereka menimbulkan risiko kebakaran, dan harus didinginkan setelah dioperasikan.

HMI LIGHTS

Sumber : camerahire.com

HMI adalah sumber pencahayaan lampu busur pembangkit tenaga listrik yang sangat penting untuk penerangan di luar ruangan (atau mereplikasi cahaya luar ruangan yang menyinari interior). Karena sangat kuat, mereka juga merupakan sumber yang baik untuk menerangi set besar.

Kelebihan :

  1. Kecerahan HMI jadi kebutuhan utama untuk sumber cahaya yang kuat. Lampu ini tidak sekuat tungsten dan tidak menghasilkan banyak panas di lokasi syuting.

Kekurangan :

  1. Harga lampu HMI sangat mahal, jadi harus memiliki anggaran yang memungkinkan.
  2. Lampu ini membutuhkan lebih banyak set-up dan take-down daripada bentuk pencahayaan lainnya, hanya karena setiap HMI memerlukan pemberat terpasang yang mengatur lampu busur.
  3. Ada juga pertimbangan daya dan keamanan tambahan yang harus dibuat saat menggunakan HMI. Mereka sering membutuhkan generator dan personel untuk mengoperasikannya.

 

FLUORESCENT LIGHTS

Sumber : id.aliexpress.com

Sebuah lampu fluorescent mengandung uap merkuri bertekanan rendah yang memantul untuk menghasilkan sinar ultraviolet. Lampu ini mampu menghasilkan hingga 100 lumens per watt, mirip dengan output HMI. Hah? Apa maksudnya itu? Artinya spektrum cahaya yang dipancarkan dapat mencapai CRI hingga 99. Suhu warna fluoresen juga dapat bervariasi dari 2700K hingga 6500K.

Kelebihan :

  1. Lampu fluoresen menawarkan cahaya lembut alami yang umum ditemukan di interior sehari-hari. Dan juga terjangkau, mudah diangkut, dan dapat beradaptasi dengan lingkungan pengambilan gambar yang berbeda.
  2. Kit pencahayaan film fluoresen memiliki kebutuhan daya yang sederhana dan tidak terlalu panas saat dijalankan.

Kekurangan :

  1. CRI tinggi
  2. Domestic tube nya memiliki CRI rendah & penampakan warna yang buruk.

LED LIGHTS

Sumber : indiamart.com

LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode. Lampu LED adalah perangkat semikonduktor solid-state. Lampu ini adalah lampu masa depan, sebagian besar karena kebanyakan pengguna terus menemukan cara baru untuk menggunakannya. Saat ini LED lights terbatas dalam keluaran cahaya keseluruhan jika dibandingkan dengan sumber cahaya lainnya. 

Tapi banyak hal bisa berubah dengan cepat. Lampu LED dapat memantulkan cahaya siang hari dan banyak yang memiliki suhu warna yang bervariasi. Jadi kamu dapat dengan mudah mengganti suhu warna sesuai kebutuhan. Peringkat CRI untuk pencahayaan LED bisa lebih dari 90.

Kelebihan :

  1. Panel LED sangat ringan, dan dapat dengan mudah disaring untuk mencocokkan sumber cahaya lain.
  2. Cahaya dari panel LED berkualitas baik – dan warnanya tetap konsisten saat meredup.
  3. Panel LED bertenaga baterai, ringkas, dan ringan. Jadi secara alami, mereka tidak memerlukan pemberat seperti yang dimiliki HMI dan beberapa fluorescent. Plus, mereka tidak panas.

Kekurangan :

  1. Lebih mahal dalam hal “harga per lumen” daripada banyak alternatif dan pilihan yang lebih tradisional.
  2. Warna panel LED putih juga bisa menjadi tidak konsisten, dan perbedaannya terkadang terlihat oleh mata manusia.
  3. Ada juga kurangnya standarisasi umum di antara LED dan beberapa menganggap ini sebagai masalah yang sedang berlangsung.

Itu tadi beberapa jenis lighting yang sangat umum dan sering digunakan oleh para sinematografer atau Film Makers. Setelah membaca artikel ini, Yesternight.ID harap kamu bisa memutuskan lighting apa yang akan kamu pakai untuk produksi film kamu ya!

Bagi kalian yang mencari referensi lain tentang Aplikasi edit foto dan video yang praktis di Android, bisa cek disini yah! Yesternight.id punya banyak solusi buat kalian.

Yesternight.id merupakan penyedia berbagai jasa yang akan membantu meringankan beban kamu dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id