3 Teknik Pencahayaan Dalam Perfilman

Dunia perfilman pasti memiliki banyak faktor ataupun elemen yang wajib banget buat diperhatikan dan membutuhkan perhatian khusus dan detail. Karena proses pembuatan film memakan waktu yang sangat lama, bahkan bisa dalam jangka tahunan. 

Kalian pasti pada penasaran kan, apa saja hal-hal penting yang diperhatikan pada saat proses pembuatan film. Yesternight.ID ga suka menyimpan rahasia sendirian loh, gengs. Sini yuk merapat. Simak terus artikel ini supaya wawasan kalian dalam dunia perfilm an semakin luas.

Dalam pembuatan film, ini adalah hal penting yang diperhatikan. Konsep dan script, lokasi dan cuaca, persiapan peralatan, dan backup plan.

Yesternight.ID mau kasih tahu kalian peralatan apa saja yang diperlukan untuk pembuatan film, khususnya Lighting atau pencahayaan. Untuk jenis-jenis lighting, Yesternight.ID udah pernah bahas di artikel yang satu ini nih [insert link (4 lighting terbaik bagi sinematografer.

Pada kesempatan kali ini, fokus kita adalah teknik pencahayaan dalam perfilman. Kalian pasti sudah menyimak dan membaca artikel 4 Lighting Terbaik Bagi Sinematografer, kan? Sekarang, ayo kita belajar teknik nya. Buat apa tau jenis lighting terbaik kalau tidak mengerti cara pengoperasiannya.

Setiap sinematografer adalah seniman yang membuat keputusan kreatif tentang cara mengarahkan pandangan penonton dalam bingkai (frame) menggunakan peralatan pencahayaan (lighting).

Aplikasinya luas, tetapi interpretasi kreatif mereka adalah yang membuat pencahayaan mereka sinematik atau tidak. Hal-hal tersebut termasuk:

  1. Properti dan elemen pemandangan mana yang harus ditekankan
  2. Dari perspektif siapa kami melihat pemandangan, dan seberapa banyak cahaya yang seharusnya dapat mereka lihat
  3. Bagaimana karakter berbeda satu sama lain dalam sebuah bingkai
  4. Emosi mana yang diekspresikan melalui kekerasan cahaya, atau warnanya

Masing-masing keputusan ini kemudian direalisasikan secara teknis dengan merencanakan dan melaksanakan pengaturan pencahayaan untuk menciptakan efek yang diinginkan. Tapi, sinematografer harus membayangkan seperti apa efek ini sebelum menyiapkan peralatan pencahayaan apa pun.

Ini dia 3 teknik pencahayaan dalam perfilman :

1. Basic lighting: 3-point lighting setup

Pencahayaan paling dasar dalam film adalah pengaturan pencahayaan tiga titik. Pencahayaan dari tiga arah membentuk subjek dan membedakan subjek tersebut dari latar belakangnya.

Untuk mencapai ini, peralatan pencahayaan film harus menghadap si subjek dari tiga arah: depan, belakang, dan samping.

Dari pencahayaan yang bernama tiga titik ini, masih dibagi lagi menjadi tiga.

KEY LIGHT

Lampu utama adalah cahaya yang paling menonjol di frame mu. Jadi, jika kamu melihat gambar Amelie di atas, kamu akan melihat bahwa bagian kanan layar dari wajahnya adalah yang paling terang. Itu lampu kuncinya atau The Key Light.

FILL LIGHT

Sederhananya, lampu isi mengisi bayangan frame. Kamu akan melihat bahwa bagian kiri layar dari wajah Amelie berada dalam bayangan, tetapi dengan fitur-fiturnya masih terlihat jelas. Itu adalah lampu pengisi di tempat kerja.

BACKLIGHT

Lampu belakang memberikan cahaya tepi ke bagian belakang subjek. Seringkali, cahaya latar memotret dari sudut yang lebih tinggi. Dapat dilihat bahwa Amelie memiliki kontur ringan di sepanjang bahu dan tengkuknya.

2. Soft film lighting

Ketika berbicara tentang bagaimana sebuah adegan seharusnya terasa emosional, satu hal yang sering dirujuk oleh sinematografer adalah seberapa keras atau lembut pencahayaan yang seharusnya.

Kekerasan atau kelembutan cahaya menyangkut seberapa besar sumber cahaya itu, dan bagaimana hal itu memengaruhi bayangan pada subjek.

HIGHER KEY LIGHT

Ini adalah efek yang dibuat dengan mempertinggi lampu utama dan menggunakan lampu pengisi dengan murah hati. Ini membuat pencahayaan tetap cerah dan seimbang dalam bingkai, hampir tidak menciptakan bayangan. Ini menyeimbangkan pencahayaan dari objek ke objek dalam bingkai – yang dikenal sebagai rasio pencahayaan.

3. Hard film lighting

Sebaliknya, sumber cahaya yang lebih kecil, termasuk sinar matahari yang cerah, akan meningkatkan bayangan pada subjek. Secara konservatif, ini harus dihindari. Tetapi. itu juga dapat menciptakan efek dramatis.

LOW KEY LIGHT

Pencahayaan kunci rendah mengacu pada meminimalkan, atau menghilangkan, cahaya pengisi bidikanmu sehingga sengaja dibuat berbayang. Ini dapat menciptakan efek dramatis, mencurigakan, atau bahkan menakutkan.

Begitulah macam-macam teknik lighting yang banyak dan sangat dianjurkan dalam dunia perfilman. Kalian juga bisa membaca artikel mengenai film Parasite pemenang piala Oscar yang sudah Yesternight.ID siapkan spesial untukmu.

Yesternight.id menyediakan berbagai jasa yang pastinya akan membantu meringankan beban anda dalam bidang dokumentasi, manajemen sosial media dan desain. Berlokasi di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Indonesia, Yesternight.id menekuni berbagai bidang diantaranya, Produksi Video, Dokumentasi Event & Wedding, Desain Grafis, Optimisasi & Manajemen Social Media, serta Video & Photography produk.

Subscribe newsletter kami di sini untuk mendapatkan tips & perkembangan seputar Dunia Multimedia & Marketing gratis. Baca juga artikel-artikel lain di Artikel Yesternight.id dan jangan lupa follow sosial media Yesternight.id untuk informasi lainnya dan berita-berita terbaru.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id

0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar