Cara membuat background blur di photoshop

pexels min an 1066146

Membuat efek blur pada background atau pada latar belakang foto saat ini sedang banyak digemari, membuat efek blur pada latar belakang dimaksudkan agar objek utama terlihat lebih jelas dan lebih menonjol.

 

Kebanyakan smartphone sekarang sudah dilengkapi dengan fitur bokeh atau fitur yang membuat latar belakang menjadi otomotis blur atau buram, fitur bokeh tersebut terlihat lebih bagus saat ini, kebanyakan kamera smartphone saat ini lensanya berjumlah lebih dari 1, biasanya terdapat 2 lensa belakang, ada juga yang hingga 3 lensa kamera belakang yang berjejer rapi, entah berapa banyak lensa kamera pada smartphone tersebut, namun hasilnya tidak semaksimal kamera DSLR atau mirroless untuk saat ini.

Dengan perkembangan smartphone khususnya dilini kamera, saat ini belum bisa mengalahkan detail dan hasil yang dapat dijepret oleh kamera dengan jenis DSLR atau mirorless, nah untuk menyiasati hal ini, Kamu harus bisa membuat sendiri efek bokeh atau blur pada latar belakang objek menggunakan software canggih pengolah gambar bernama adobe photoshop.

Apalagi bagi Kamu yang memiliki kamera smartphone yang memiliki kualitas seadannya, teknik membuat efek blur di photoshop ini tentunya sangat bermanfaat bagi Kamu yang ingin tampil eksis dan menonjol layaknya difoto menggunakan kamera yang cenderung dibanderol harga mahal seperti DSLR dan mirorless.

Okey tanpa banyak penjelasan lagi, kita langsung coba saja bersama-sama bagaimana cara membuat efek blur di photshop ini dengan mudah dan cepat.

Untuk membuat efek foto blur dengan menggunakan software adobe photoshop, ada begitu banyak cara yang bisa Kamu coba, ada beberapa cara atau tool apa yang bisa Kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan, dibawah nanti akan saya bahas penggunaan tool-tool apa saja yang bisa digunakan untuk membuat efek foto blur.

Persiapkan gambar

Persiapkan bahan untuk diolah menjadi blur atau buram pada latar belakangnya terlebih dahulu, untuk lebih cepatnya Kamu bisa mencari stok gambar pada situs penyedia gambar dengan royalty gratis seperti pixabay.com. Kamu tinggal memilih foto dengan latar belakang dan objek berupa orang didepannya.

Buka gambar pada software photoshop

 

 

Pastinya Kamu sudah tahu caranya membuka atau meletakan gambar pada photoshop kan, Kamu tinggal klik Open > kemudian pilih gambar yang sudah Kamu persiapkan, Kamu juga bisa drag dan drop gambar tersebut agar lebih cepat.

Disini saya menggunakan software adobe photoshop CC versi 2018, jadi jika Kamu menggunakan software photoshop yang versinya lebih rendah, mungkin akan terjadi sedikit perbedaan, jika Kamu ingin mendownload software adobe photoshop terbaru, Kamu bisa langsung menuju situs adobe photoshop.

Penggunaan Tool

Untuk membuat efek blur pada latar belakang objek, disini saya akan menjelaskan 2 tool yang bisa Kamu pilih nantinya sesuai kebutuhan, mana yang menurut Kamu lebih mudah untuk dipraktekkan dan mana yang menurut Kamu lebih cepat dalam perngerjaannya serta hasil tool untuk membuat blur mana yang terlihat lebih menarik.

  1. Blur Tool
  2. Filter Blur
  3. Filter Blur Gallery

1. Blur Tool

Pertama kita akan menggunakan Blur Tool yang pengerjaanya sangat mudah untuk dilakukan, berikut langkah-langkahnya.

Pilih blur tool

 

Setelah Kamu membuka gambar pada photoshop, selanjutnya Kamu pilih “Blur Tool” yang terletak di menu tool bagian kiri, bisa Kamu lihat icon dari Blur Tool terlihat seperti tetesan air.

Duplicate layer

Sebelum membuat background menjadi blur, sebaiknya kita duplicate layernya terlebih dahulu untuk kita terapkan blur tersebut pada background dan juga sebagai perbandingan dari hasil menerapkan blur dengan photo aslinya.

Tekan tombol kombinasi (Ctrl + J) pada keyboard, kemudian layer background atau layer asli akan terduplikat menjadi “Layer 1”.

Atur Blur Tool

 

Langkah selanjutnya adalah mengatur blur tool sesuai kebutuhan yang Kamu inginkan, seperti mengatur size atau ukuran, hardness atau bentuk kekerasan dari blur Kamu, apakah setiap sisinya akan Kamu buat lebih halus atau lebih keras, untuk membuat blur Kamu lebih lembut, Kamu bisa slide kekiri agar presentase hardnessnya semakin kecil, atau sebaliknya, Kamu slide bar kekanan agar hardnessnya semakin keras.

Untuk mengatur besar atau kecilnya ukuran dari blur tool, Kamu bisa menekan tombol keyboard “[” untuk membuat bulatan blur menjadi lebih kecil dan tekan tombol “]” untuk membuat bulatan blur tool menjadi lebih besar.

Setelah itu pada bagian mode Kamu juga bisa pilih sesuai kebutuhan, Kamu juga bisa mencoba satu-persatu mode pada blur tool tersebut untuk melihat perbedaanya, di Blur Tool ada pilihan mode normal,darken, lighten, hue, saturation, color, dan luminosity.

Kemudian pengaturan yang terakhir adalah strength ( kekuatan atau dampak yang diberikan kepada photo Kamu sehingga bisa dengan cepat membuat blur ), geser slide bar kekanan atau tambah presentase strength untuk membuat blur tool lebih kuat.

Sedangkan geser slide bar kekiri atau turunkan angka presentase untuk membuat kekuatan blur tool menjadi lebih lemah.

Mulai menggosok

Setelah mengatur settingan blur tool, saatnya Kamu mulai menggosokan blur tool tersebut pada area yang ingin Kamu buat blur atau buram, seperti bagian latar belakang dan bagian-bagian yang Kamu rasa tidak perlu untuk ditonjolkan.

 

Hanya itu saja cara membuat blur pada photo menggunakan blur tool, sangat mudah sekali.

Kemudian Kamu lihat perbandingan dari hasil blur yang Kamu buat tadi dengan klik tombol mata pada Layer 1 untuk menghilangkan visibilitasnya.

 

 

2. Filter Blur

Setelah menggunakan blur tool yang cara penggunaanya sangat mudah sekali, selanjutnya kita akan mencoba membuat blur pada photo dengan menggunakan Filter > Blur.

 

 

Ada banyak sekali efek filter blur yang bisa Kamu pilih dimenu Blur, opsi yang ada pada Blur diantaranya ada average, blur, blur more, box blur, gaussian blur, lens blur, motion blur, radial blur, shape blur, smart blur, dan surface blur.

Untuk menerapkan filter blur ini, sebelumnya Kamu harus melakukan seleksi pada objek utama agar tidak terkena blur, Kamu bisa menggunakan quick selection tool, atau menggunakan pen tool agar terlihat lebih rapi dan profesional.

Setelah Kamu melakukan seleksi pada objek, selanjutnya Kamu tinggal menerapkan salah satu opsi pada Filter > Blur tersebut.

Karena disini kita akan membuat blur pada background, maka kita seleksi terlebih dahulu objek utamanya, kemudian kita balik atau inverse seleksi tersebut ke backgroundnya dengan tekan tombol ( Ctrl + Shift + I ), maka background pun otomatis akan terseleksi.

Box Blur

 

Disini saya memilih opsi “box blur”, nanti akan mucul pop up jendela kecil, kemudian Kamu bisa atur sendiri seberapa blur dari background terserbut sesuka hati dengan menggeser-geser bagian radius.

Gaussian Blur

Selanjutnya ada Filter > Blur > Gussian Blur, Kamu bisa hilangkan seleksi dengan menekan tombol ( Ctrl + D) pada keyboard.

 

Motion Blur

 

Penggunaan motion blur, efek motion blur lebih cocok untuk digunakan untuk gambar yang bergerak, namun bisa Kamu lihat hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Pada motion blur Kamu bisa angel dari blur serta berapa pixel distance atau jarak yang Kamu ingin terapkan.

 

Radial Blur

 

Dibawah ini contoh hasil menggunakan radial blur atau blur yang terlihat melingkar seperti sinar matahari, terlihat sangat menarik kan?

Kamu juga bisa memilih blur method pada radial blur menjadi zoom.

 

 

3. Filter Blur Gallery

Sekarang kita coba filter blur yang ada pada Blur Gallery, pada blur gallery diantaranya ada opsi field blur, irish blur, tilt blur, path blur, dan spin blur.

 

Irish Blur

 

Sekarang kamu coba gunakan filter pada blur gallery, dan coba pilih opsi irish blur, Kamu tinggal sesuaikan lingkaran dari latar belakang yang akan Kamu buat menjadi blur.

 

 

Pada opsi “irish blur” Kamu juga bisa menambahkan efek bokeh atau cahaya yang terlihat blur secara otomatis, Kamu hanya perlu geser bagian bokeh color dan light bokeh kekanan untuk menambah intesitas dari efek bokeh tersebut.

 

Path Blur

 

Path blur adalah blur yang kita terapkan ke objek menggunakan arah yang kita inginkan dengan menggunakan garis bertanda panah sebagai arah blur tersebut, Kamu bisa berkreasi membuat path blur yang menarik.

 

 

Spin Blur

 

Efek blur terakhir yang saya bahas adalah spin blur, efek dari spin blur ini hampir mirip dengan radial blur, namun lebih dinamis dalam penggunaanya.

 

 

Tahap terakhir adalah gunakan blur tool kembali pada bagian objek yang terlihat kurang rapi, tajam, dan terlihat kurang menyatu dengan latar belakang.

Di bagian ini Kamu sudah membaca mengenai Cara membuat background blur di photoshop. Di bawah, ada beberapa artikel yang mungkin Kamu juga tertarik untuk membacanya:

 


 

Yesternight.id telah bekerja dengan banyak jenis industri, EO dan brand dan perusahan. Kami menyediakan jasa terbaik untuk produk dan jasa kami, dengan konsistensi dan efisiensi menjadi kualitas utama kami. Dan untuk kabar lebih baiknya lagi, harga jasa kami itu dapat dinegosiasi dan sangat murah

Kamu dapat menghubungi kami melalui:

Facebook: Yesternight Indonesia

Yesternight Indonesia – Beranda | Facebook

Instagram: Yesternight.id

#yesternightindonesia (@yesternight.id) • Instagram photos and videos

WhatsApp: https://wa.me/6281349611223?text=Halo%20Yesternight,%20saya%20mau%20tanya%20soal%20

Yesternight.id juga menawarkan banyak jenis jasa multimedia yang akan menguntungkan bisnis dan personal branding kamu. Studio kami menerima jasa manajemen sosial media, penyorotan dokumentasi, dan desain logo atau grafis.

 

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id