Apa Itu Dxomark Rating? Seberapa Akurat Penilaiannya?

Apa Itu Dxomark Rating? Seberapa Akurat Penilaiannya?

Yesternight.id ~ Buat kalian para pecinta smartphone dan fotografi mungkin pernah mendengar istilah peringkat DxOmark (dxomark rating) ketika sedang membahas sektor kamera.

Lalu siapa itu DxOmark? Seberapa akurat penilaian mereka dan apakah hasil penilaiannya benar-benar bisa dijadikan tolak ukur?

Mengenal DxOmark

Menurut Wikipedia, DxOmark adalah situs web yang menyebut dirinya “patokan independen yang secara ilmiah menilai smartphone, lensa, dan kamera“. Didirikan pada 2008, dimiliki oleh DXOMARK Image Labs dan berkantor pusat di Boulogne-Billancourt, Paris, Prancis.

Secara sederhana, DxOmark hampir sama seperti antutu, yakni situs benchmark (tolak ukur) yang menguji perangkat smartphone dari segi kamera dan audio.

Hasil penilaian dari gambar dan audio tersebut digabungkan menjadi skor dxomark (dxomark score/dxomark rating) yang sering kita dengar selama ini.

Awalnya mereka hanya fokus pada perangkat DSLR saja, namun semakin berkembangnya teknologi, akhirnya mereka terjun ke dunia smartphone.

Sistem Penilaian

Ada 2 kategori utama yang mereka nilai, dimana terdapat pula sub kategori lain yang lebih mendetail.

Masing-masing sub kategori tersebut punya bobot nilai yang berbeda, kemudian dari seluruh sub kategori itu diambil sepersekian persen dan dijumlah menjadi nilai per ketegori.

Mereka melakukan pengujian pada banyak aspek kamera, baik secara komposisi warna, autofokus, exposure, stabilizer, banyaknya noise, tekstur, zoom, artifak dan masih banyak lainnya.

Proses pengujian tersebut dilakukan pada sebuah studio dan dilaksanakan oleh seorang ahli dalam menilai kualitas gambar, video dan audio seobjektif mungkin.

Mereka juga menerapkan banyak skenario agar bisa mendapatkan hasil yang akurat, detail dan maksimal.

Proses pengujian lensa dan kamera pun dilakukan di luar ruangan (outdoor) untuk mengetahui kemampuan kamera pada smartphone tersebut ketika menghadapi berbagai suasana.

Di situs resminya, mereka memberikan keterangan lengkap per-smartphone beserta alasan mengapa mereka memberikan nilai tersebut.

Berapa Skor Tertinggi Dxomark?

Sebelum munculnya smartphone dengan skor dxomark lebih dari 100, banyak yang beranggapan bahwa skor dxomark mentok di angka 100.

Namun kenyataannya tidak, teknologi semakin berkembang dan pasti skor akan semakin naik jika ada smartphone yang lebih canggih.

Sebagai contoh pada saat itu Google Pixel 2 mendapatkan nilai 98, skor tersebut bisa dikatakan hampir sempurna.

Namun kemudian munculah flagship yang lebih baik dari Google Pixel 2, ini membuat skor smartphone flagship baru tersebut melebihi angka 100.

Apakah DxOmark Bisa Dijadikan Acuan?

Biasanya orang akan berdebat masalah ini, apakah penilaiannya benar-benar subjektif atau justru ada salah satu pihak yang diuntungkan?

Saya tidak akan mengeluarkan pendapat pribadi, karena itu sangat tidak profesional dan belum tentu bisa dipercaya.

Saya akan langsung menunjukkan pihak siapa saja yang menggunakan hasil penilaian dxomark untuk membuktikan yang terbaik.

Dxomark sering dipakai oleh perusahaan ternama untuk keperluan bahan presentasi ketika mereka mengeluarkan smartphone terbaru yang dibekali dengan kamera mumpuni.

Perusahaan tersebut diantaranya adalah Google, Huawei, Xiaomi dan Samsung. Bahkan mereka sering berkonsultasi pada dxomark agar bisa membuat sektor kamera jadi lebih baik.

Nah dari situ bisa kita simpulkan, apakah dxomark bisa dijadikan acuan?

Tentu saja, karena perusahaan sekelas Google juga menggunakannya.

Apalagi, DxOmark sudah menjadi perusahaan independen sejak September 2017. Artinya mereka tidak bekerja lagi pada DxO Labs (perusahaan pengolah gambar dan penjual software yang berbasis di Perancis).

Kesimpulan

Dxomark adalah perusahaan yang bekerja untuk menguji kualitas kamera dan audio pada smartphone dan kamera digital seperti halnya DSLR.

Mereka telah menjadi perusahaan independen sejak September 2017 dan hasil penilaiannya sering dipakai oleh perusahaan produsen smartphone ternama di dunia.

Hasil penilaian audio dan kamera bisa dilihat secara terpisah pada link ini (Jika kalian melihat di HP, ranking ada di bawah. Jika pada PC, maka ada di tabel sebelah kanan).

Dxomark sering dipakai oleh perusahaan ternama dalam presentasinya.

Rating tertinggi dxomark akan naik setiap ada teknologi kamera smartphone yang lebih canggih.

Walaupun ratingnya tinggi, kembali lagi ke orang yang menggunakannya, percuma saja pesawat bagus tapi pilotnya kurang jago.

Jadi, jangan lupa untuk terus berlatih & belajar ya sob.

 

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan tentang dxomark, semoga bisa menambah wawasan kita semua, keep learning 😊.

Yesternight.id telah bekerja dengan banyak jenis industri, EO dan brand dan perusahan. Kami menyediakan jasa terbaik untuk produk dan jasa kami, dengan konsistensi dan efisiensi menjadi kualitas utama kami. Dan untuk kabar lebih baiknya lagi, harga jasa kami itu dapat dinegosiasi dan sangat murah

 

Kamu dapat menghubungi kami melalui:

Facebook: Yesternight Indonesia

Instagram: @Yesternight.id

#yesternightindonesia

WhatsApp: +62813 4961 1223

Yesternight.id juga menawarkan banyak jenis jasa multimedia yang akan menguntungkan bisnis dan personal branding kamu. Studio kami menerima jasa manajemen sosial media, penyorotan dokumentasi, dan desain logo atau grafis.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id