20 Kursus Python Online Gratis dan Berbayar Terbaik

20 Kursus Python Online Gratis dan Berbayar Terbaik

10 Kursus Python Online Gratis dan Berbayar Terbaik – Python saat ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer.

Hampir semua bidang IT dan data memanfaatkan penggunaan Python dalam implementasinya.

Yang jelas, masa depan penggunaan Python akan terus berkembang dan cerah terutama karena semakin populernya data sebagai sumber daya di dunia teknologi seperti sekarang ini.

Python akan membantu banak sekali bidang mulai dari data science, machine learning, artificial intelligence, web development, aplikasi, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengambil kursus Python, dalam artikel ini, terdapat 10 kursus Python online gratis dan 10 lainnya yang sifatnya premium atau berbayar.

Apa saja kursus yang cocok untukmu? Simak selengkapnya!


10 Kursus Python Online Gratis Dari Instruktur Ternama di Seluruh Dunia

1. Programming for Everybody (Getting Started with Python) – University of Michigan

Kursus ini bertujuan untuk mengajarkan semua orang, termasuk kamu, mengenai dasar-dasar pemrograman komputer menggunakan Python.

Secara spesifik membahas tentang Python 3, kursus ini akan memadukan pengetahuan dasar kamu tentang matematika dengan pemrograman Python yang diharapkan nantinya kamu bisa memadukan atau pun mengambil kursus Python online gratis tingkat lanjut lainnya.

Daftar Lewat Coursera


2. Introduction to Computer Science and Programming Using Python – Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Kursus Python online gratis yang satu ini diajarkan secara langsung dari pengajar universitas ternama dunia bidang teknologi, yaitu Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Secara khusus, kursus yang satu ini akan mengajarkan kamu tentang pengantar ilmu komputer sebagai alat untuk memecahkan masalah analisis dalam dunia nyata menggunakan Python 3.5.

Sudah lebih dari 1 juta siswa yang mendaftar di kursus yang satu ini, sehingga kamu tidak boleh ketinggalan untuk segera mengikutinya, mumpung tersedia secara gratis.

Daftar Lewat edX


3. CS50’s Web Programming with Python and JavaScript – Harvard University

Siapa yang tidak kenal Harvard University? Salah satu universitas terbaik di dunia ini sedang menyelenggarakan kursus Python online yang bisa kamu ikuti secara gratis, lho.

Meski berfokus pada penerapan Python dan kombinasinya dengan Javascript, kamu juga nantinya akan mempelajari secara lebih mendalam terkait desain dan pengimplementasian Python, Javascript, SQL terhadap aplikasi web dan mengkombinasikannya dengan framework lain semacam Django, React, dan Bootstrap.

Baca Juga: 10 Kursus Javascript dan Web Development Terbaik

Mumpung masih gratis, apalagi diajarkan langsung oleh instruktur dari Harvard University, kamu tentu harus mengikutinya sekarang juga.

Ikuti Kursus Lewat edX


4. Python Data Structures – University of Michigan

Kursus ini akan memperkenalkan struktur data inti dari bahasa pemrograman Python. Kamu yang mengikuti kursus ini akan melewati dasar-dasar pemrograman prosedural dan mengeksplorasi bagaimana kamu dapat menggunakan struktur data bawaan Python seperti daftar, kamus, dan tupel untuk melakukan analisis data yang semakin kompleks.

Secara spesifik, kamu akan diajarkan menggunakan Python 3 untuk melewati teknik-teknik struktur data langsung dari pengajar University of Michigan.

Lebih dari 700.000 siswa sudah mengikuti kursus ini, dan yang pasti jangan sampai kamu ketinggalan untuk menjadi salah satunya.

Daftar Lewat Coursera


5. Introduction to Data Science in Python – University of Michigan

Kursus Python online lainnya yang juga gratis masih dari pengajar University of Michigan. Bila kamu seorang Data Scientist atau sedang menggeluti bidang yang serupa, maka kamu direkomendasikan untuk segera mendaftar dan mengikuti kursus yang satu ini.

Meski sifatnya sebagai pengantar, akan tetapi akan banyak hal-hal baru yang bisa kamu pelajari seputar penggunaan bahasa pemrograman Python dalam dunia Data Science.

Ikuti Kursus Lewat Coursera


6. Using Python to Access Web Data University of Michigan

Masih dari University of Michigan, kursus Python yang satu ini akan menunjukkan bagaimana kita dapat memperlakukan Internet sebagai sumber data.

Kamu akan diajarkan bagaimana cara mengurai dan membaca data web serta mengakses data menggunakan API web.

Bagi kamu yang familiar dengan HTML, XML, dan JSON, kamu tentu akan dengan mudah mempraktikkan materi di kursus ini dengan mengkombinasikannya dengan Python 3.

Tertarik untuk mengikuti kursus ini?

Daftar di Coursera


7. Programming for Everybody (Getting Started with Python) – University of Michigan

Khusus untuk kamu pemula dan baru ingin terjun mempelajari bahasa pemrograman Python, maka kursus yang satu ini akan sangat tepat untukmu.

Kamu tidak perlu punya pengetahuan dasar seputar Python karena kursus ini akan benar-benar mengajarimu dari awal.

Kamu akan diajarkan tentang variabel, conditional execution, repeated execution, dan cara menggunakan function yang benar untuk tujuan apapun.

Tertarik untuk belajar pemrograman Python dasar?

Daftar Lewat edX


8. Using Databases with Python – University of Michigan

Kursus ini akan memperkenalkan kamu sebagai siswa tentang dasar-dasar Structured Query Language (SQL) serta desain basis data dasar untuk menyimpan data sebagai bagian dari upaya pengumpulan, analisis, dan pemrosesan data multi-langkah.

Kursus ini akan menggunakan SQLite3 sebagai databasenya. Kamu juga akan diajarkan cara membangun perayap web (crawler) dan pengumpulan data multi-langkah serta proses visualisasi. Versi Python yang digunakan nantinya adalah Python 3, sehingga akan tetap relevan bagi kamu yang sebelumnya sudah paham tentang dasar-dasar Python.

Daftar di Coursera


9. CS50’s Introduction to Artificial Intelligence with Python Harvard University

Satu lagi kursus Python online gratis dari Harvard University, kali ini kamu akan diajak ‘mengulik’ Artificial Intelligence (AI) lewat Python.

Kamu akan diajarkan bagaimana perkembangan teknologi hingga kini bertransformasi semakin jauh dengan adanya kecerdasan buatan (AI) dan bagaimana machine learning terus berkembang terutama dengan adanya Python yang mampu memproses otomatisasi dalam perkembangannya.

Ikuti Kursus Lewat edX


10. Crash Course on Python – Google

Kursus online Python yang satu ini datang langsung dari Google. Sebagai salah satu raksasa teknologi dan internet di dunia, Python juga sangat berperan penting dalam proses perkembangan Google yang kian hari kian canggih.

Kursus ini dirancang untuk mengajari kita dasar-dasar untuk menulis program sederhana dengan Python menggunakan struktur yang paling umum.

Di akhir kursus ini, kita nantinya akan memahami manfaat pemrograman Python dalam dunia IT dna internet secara khusus, dapat menulis program sederhana menggunakan Python, mencari tahu bagaimana struktur pemrograman cocok satu sama lain, dan menggabungkan semua pengetahuan yang telah kita dapatkan untuk memecahkan masalah pemrograman yang kompleks.

Menarik, kan?

Daftar Sekarang di Coursera


10 Kursus Python Online Terbaik dan Premium

1. 2021 Complete Python Bootcamp From Zero to Hero in Python

Ingin menjadi programmer Python dan membuat aplikasi web dan mobile, game, atau program otomatisasi sendiri? Bila iya, maka kursus ini akan sangat tepat untukmu, meskipun kamu merupakan programmer pemula atau yang sudah tahu dasar-dasar Python.

Terdapat kumpulan video yang berdurasi total selama lebih dari 20 jam di video ini. Dilengkapi pula dengan 14 artikel pendukung, 19 materi coding untuk latihan, hingga sertifikat saat sudah menyelesaikan kursus ini.

Di Udemy, kursus Python online yang satu ini adalah kursus yang paling populer dengan lebih dari 1 juta siswa yang telah mengikutinya.

Materi pembelajarannya pun sangat lengkap di antara kursus serupa, dan cakupannya pun sangat luas karena kamu yang pemula sekalipun akan diajarkan hingga mahir dan paham betul tentang seluk-beluk pemrograman Python.

Ikuti Kursus


2. Machine Learning A-Z™: Hands-On Python & R In Data Science

Bagi kamu yang secara spesifik ingin mempelajari Python untuk membantumu dalam hal machine learning, maka kursus ini akan sangat tepat untukmu.

Kursus yang satu ini akan mengajarkanmu bagaimana caranya menggunakan Python untuk kepentingan machine learning dalam dunia Data Science, terutama dalam menggunakan R sebagai penggeraknya.

Anak Data Science yang ingin memperdalam pengetahuannya tentang penggunaan Python tentu wajib mengikuti kursus ini.

Daftar Sekarang


3. Python for Data Science and Machine Learning Bootcamp

Lewat kursus ini, kamu akan mempelajari cara menggunakan NumPy, Pandas, Seaborn, Matplotlib, Plotly, Scikit-Learn, Machine Learning, Tensorflow, dan masih banyak lagi untuk membantumu di bidang Data Science.

Terdiri dari 165 lebih materi kursus lewat total video berdurasi 25 jam lebih. Kamu juga akan mendapatkan sertifikat resmi setelah menyelesaikan kursus yang ini, yang pastinya akan mempercantik CV atau Resume kamu.

Ikuti Kursus


4. Automate the Boring Stuff with Python Programming

Benci dengan segala hal yang sifatnya repetitif dan membosankan? Lewat kursus ini, kamu akan mempelajari bagaimana caranya menggunakan Python untuk membuat sistem otomasimu sendiri dan membuat segala hal yang repetitif menjadi serba otomatis.

Ada banyak hal yang bisa kamu jadikan serba otomatis menggunakan Python, terlepas dari apapun bidang yang kamu jalani saat ini. Entah itu guru, karyawan, bahkan pelajar sekalipun, kamu pastinya sering dihadapkan pada aktivitas repetitif yang membosankan.

Dengan mengikuti kursus ini, kamu nantinya akan mampu menggunakan Python dan membuat sistem otomasimu sendiri dan membuat aktivitasmu serba otomatis.

Kerja cerdas, bukan kerja keras, kan?

Daftar Kursus Sekarang


5. Learn Python Programming Masterclass

Kursus Python online yang satu ini memang sangat cocok untuk pemula, tapi yang pasti kamu yang sudah mulai paham dasar-dasar Python sekalipun bisa mengikuti kursus yang satu ini.

Materinya sangat cocok dengan pemrograman Python yang umum digunakan di dunia nyata, dalam artian, sering dijalankan di bidang-bidang yang membutuhkan Python sebagai ‘bahan dasarnya’.

Ikuti Kursus Ini


6. The Python Mega Course: Build 10 Real World Applications

Bosan dengan materi pembelajaran Python yang itu-itu saja dan ingin langsung praktek dalam membuat ‘sesuatu’? Lewat kursus ini, kamu yang sudah punya dasar-dasar fundamental pemrograman Python bisa mengikuti langkah tingkat lanjut dengan langsung membuat aplikasi.

Mulai dari membuat aplikasi Thesaurus, visualisasi data, website pribadi, hingga toko ebook, kamu bisa membuat lebih dari 10 aplikasi menggunakan Python setelah mengikuti kursus ini.

Menarik sekali, kan?

Daftar Sekarang


7. Python and Django Full Stack Web Developer Bootcamp

Bila kamu seorang web developer dan ingin meningkatkan keahlianmu di bidang web development dengan mengkombinasikan Python dan Django, maka kursus ini sangat cocok untukmu.

Nantinya, kamu akan diajarkan bagaimana caranya membuat web dengan HTML, CSS, Bootstrap, Javascript, jQuery, Python 3, dan Django. Terhitung lengkap, kan?

Ikuti Kursus Sekarang


8. 100 Days of Code – The Complete Python Pro Bootcamp for 2021

Belajar bahasa pemrograman memang akan lebih cepat dan efektif bila langsung membuat aplikasi atau proyek tertentu. Kursus ini akan menantang untuk membuat 100 hal baru menggunakan Python dalam 100 hari. Luar biasa!

Proyek yang bisa kamu bangun sangat bervariasi, mulai dari web, game, aplikasi, proyek berbau data science hingga bahkan scraping atau scraper bot.

Kamu yang suka tantangan dan ingin membuat ‘sesuatu’ pastinya sangat wajib untuk mengikuti kursus ini sekarang juga. Dalam 100 hari ke depan, kamu akan kagum dengan apa saja yang sudah kamu buat dan pelajari.

Daftar Kursus


9. Complete Python Developer in 2021: Zero to Mastery

Satu lagi kursus Python online untuk pemula yang ingin mempelajari dan menguasai Python hingga mahir. Kursus yang satu ini akan membantumu dari awal hingga benar-benar mahir, luar biasa!

Secara spesifik, kamu akan diajarkan tentang pemrograman web, data science, machine learning dan sebagainya dengan Python. Selain itu, ada lebih dari 12 proyek yang bisa kamu kerjakan sembari mengikuti kursus yang satu ini.

Daftar Kursus Sekarang


10. Python A-Z™: Python For Data Science With Real Exercises!

Satu lagi kursus Python online buat kamu yang sedang menjalani bidang Data Science. Semua hal terkait pemrograman Python yang berkaitan dengan Data Science bisa kamu pelajari lewat kursus ini.

Setelah mengikuti kursus ini dengan baik, nantinya kamu akan mempelajari analisis statistik, data mining, dan visualisasi data.

Ikuti Kursus Sekarang


Penutup

Nah, itulah daftar 20 kursus Python online gratis dan berbayar atau premium yang bisa kamu ikuti sekarang juga untuk belajar fundamental Python hingga mahir dan berkarir sebagai programmer Python.

Python sangat cocok diimplementasikan pada bidang pekerjaan, entah itu Data Science, aplikasi, hingga pemrograman web.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Yesternight.id telah bekerja dengan banyak jenis industri, EO dan brand dan perusahan. Kami menyediakan jasa terbaik untuk produk dan jasa kami, dengan konsistensi dan efisiensi menjadi kualitas utama kami. Dan untuk kabar lebih baiknya lagi, harga jasa kami itu dapat dinegosiasi dan sangat murah

 

Kamu dapat menghubungi kami melalui:

Facebook: Yesternight Indonesia

Instagram: @Yesternight.id

#yesternightindonesia

WhatsApp: +62813 4961 1223

Yesternight.id juga menawarkan banyak jenis jasa multimedia yang akan menguntungkan bisnis dan personal branding kamu. Studio kami menerima jasa manajemen sosial media, penyorotan dokumentasi, dan desain logo atau grafis.

Langganan Artikel

Yuk berlangganan Newsletter Yesternight.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran industri kreatif & multimedia, serta promo & informasi menarik ekslusif dari Yesternight.id